Senin, 16 November 2015

Reparasi TV Panasonic 21; Layar Menyempit Dan ada Pelanginya

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kali ini Saya akan berbagi Pengalalaman Reparasi TV Panasonic 21; Layar Menyempit Dan ada Pelanginya

Gejala Kerusakan: Gejala kerusakan TV Panasonic 21 ini layarnya tidak bisa full, alias menyempit kanan kiri atas bawah,, dan terlihat ada pelanginya,, juga terlihat layar agak pelenyotan (Lihat Gambar. 1)

Tindakan Memperbaiki: Pertama - tama tentu saya coba nyalakan TV, Ternyata nyalanya seperti terlihat pada Gambar. 1, Kemudian sambil membuka bokong TV dalam hati dan fikiran saya berkata "biasanya klu Yoke Vertikal putus kok gak seperti ini tampilannya, apa ini Yoke Vertikal juga yang putus??".
Setelah bokong TV terbuka saya amat amati tidak ada yang mencurigakan,, langsung cabut socket kabel Yoke,, siapkan Multi tester digital saya,, lalu pertama saya ukur yoke vertikal nyambung tapi nilainya kok besar, kemudian ukur juga yoke horizontal,, nah ini yang biking kaget,, kok reistansinya besar juga. Kemudian saya lepas Yoke dari leher CRT,, saya lepas sambungan yoke vertikal dan yoke horizontal, setelah terlepas saya ukur ternyata yoke vertikal bawah putus dan yoke horizontal juga putus saya perthatikan lilitan vertikal ada semacam jamur warna putih,, saya kerik dikit,, eh,,, rupanya disini yang putus,, cepat cepat saya sambung, giliran yoke horizontal, wah agak ribet nih klu lilitan horizontal,, saya bolak balik mengamati lilitan horizontal, pada solderan di terminal horizontal nya ada jamur juga kebiru biruan, saya sentuh sentuh pakai ujug obeng,, lah kok lepas kabelnya,, rupanya ini biang nya,, terus saya sambung dengan kabel dan saya solder,, setelah semua saya sambung saya ukur lagi sudah nyambung semua,, kemudian saya pasang Yoke pada tempatnya, lalu pasang juga socket kabel yoke, setelah itu nyalakan TV,, tunggu beberapa saat langsung muncul warna biru memenuhi layar TV,, Alhamdulillah masaha terselesaikan, setelah dikasih input tampilan seperti gambar. 2







Demikian, Semoga bermanfaat. By Supatmin MT
Wa'alaikum salam warahmatullahiwabarakatuh.