Minggu, 18 Oktober 2015

Memperbaiki TV LG Dengan Kerusakan Elco Bagian Vertikal

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kali ini Cakra ingin berbagi Pengalaman Memperbaiki TV LG Dengan Kerusakan Elco Bagian Vertikal

Gejala Kerusakan: Saat di ON-Kan belum sempat layar terlihat langsung protect

Tindakan Memperbaiki: Sebelum saya buka cover belakang saya nyalakan TV berulang ulang dengan harapan saya bisa melihat tampilan pada layar meski sekilas,, dan akhirnya apa yang saya harapkan kesampaian juaga, pada saat saya nyalakan terlihat sekilas layar cuma sekitar 2 jari melintang lalu protect, dengan melihat layar yang demikian maka saya seakan mendapat petunjuk, biasannya kalau kerusakan seperti  ya bagian sirkuit Vertikal. Selanjutnya saya buka cover belakan, sebelum pakai jurus ukur mengukur saya pakai jurus penglihatan dan perasaan dulu, saya perhatikan komponen bagian vertikal terutama ELCO,, lah,, kayak ada elco yang mencurigakan, bagian atasnya terlihat tidak wajar, ya langsung saja saya cabut elco itu ukuran 2200/35, kemudian saya ukur pakai ESR dan ternyata tidak ada capacitas nya lagi,, malah di ESR yang muncul lambang dioda dua buah,, hehehe,,, langsung saya ganti elco tersebut lalu nyalakan TIVI. Alhamdulillah langsung byar,
Demikian, Semoga bermanfaat. By Supatmin MT
Wa'alaikum salam warahmatullahiwabarakatuh.

Skema Lampu Hannochs

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kali ini Cakra ingin berbagi sebuah Skema Lampu Hannochs. Beberapa hari yang lalu saya minta sebuah lampu LED Merek Hannochs dari User, Sesampai dirumah langsung saya bongkar dan ternyata ada elco nya yang hamil dan sebuah resistor 10 Ohm hangus, inilah yang membuat lampu tidak hidup, setelah saya ganti resistor dan elco 4,7uF/400Volt maka alhamdulillah lampu langsung nyala terang banget karenga lampu ini berdaya 8W terangnya sama dengan lampu energi saver 75W, Setealah lampu nyala sebelum saya tutup kembali saya perthatikan rangkaian powernya dan saya coret coret di kertas,, dan kali ini sudah saya tuangkan di komputer, dan kali ini saya bagiakan kepada teman - teman semua.
Demikian, Semoga bermanfaat. By Supatmin MT
Wa'alaikum salam warahmatullahiwabarakatuh.


Ini Dia Skemanya


Memperbaiki TV Polytron Dengan Kerusakan Flyback dan HOT

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kali ini Cakra ingin berbagi Pengalaman Memperbaiki TV Polytron Dengan Kerusakan Flyback dan HOT

Gejala Kerusakan: Seakan - akan mati total walu sebenernya tidak mati total, karna saat di ON-kan tidak ada tanda tanda kehidupan,, bagi orang awam mungkin ini dikatakan mati totol, tapi bagi TUSER saat TV di ON-kan masih ada hawa - hawa kehidupan

Tindakan Memperbaiki: Saya buka cober belakan TV, karna saya sudah sering ngangani kasuh kayak gini,, maka saya prediksi HOT nya mengalami short, klu tidak HOT ya FBT (Flay Back Transformers) nya yang short atau elco B+ yang short atau dioda yang short, maka langsung saja saya tempelkan probe hitam pada GND mesin dan probe merah ke colektor HOT (Horizontal Output Transistor), sedangkan sekala di gital multi meter saya pada sekala ukur dioda, dan saat jarum probe merah menyentuh pin kolektor HOT digital saya bunyi Tiiiiitttt, itu pertanda short, belum tau yang shor HOT atau FBT,, saya cabut HOT dan saya ukur ternyata HOT nya sudah short, kemudian saya ON-kan TV tanpa HOT, maka teganan B+ langsung muncul normal, berarti FBT aman, lansung saya ganti HOT, tapi saat saya ON-kan TV langsung terdengar bunyi pret pret, saya matikan TV,, lalu saya nyalakan sambil mengamati bagian yang bunyi pret pret,, ternyata dari FBT nya mengeluarkan loncatan api biru di pangkal kabel cop bagian bawah,, saya coba lagi nyalakan loh kok gak bunyi,, saya kira TV nyala, tunggu sekian detik kok layar tidak muncul,, perikisa lagi rupanya HOT nya  sudah rusak lagi, saya ukur capacitor aman dioda juga aman,,, maka saya simpulkan FBT nya short pada lilitan primer tapi bukan short ke GND, melainkan short lilitan jadi hambatan dan impedansi nya jadi kecil makanya HOT jebol walu diganti dengan yang baru,,, langsung saya lihat nomor FBT nya kemudian TLP toko, alhamdulillah FBT tersedia di toko,, langsung meluncur ketoko untuk ambil FBT, Setelah dapat FBT JF 0501-19577 dan  HOT MD1803DFH kemudian saya pasang, alhamdulillah TV kembali nyala dengan normal,
Demikian, Semoga bermanfaat. By Supatmin MT
Wa'alaikum salam warahmatullahiwabarakatuh.






Cara pasang Aktuator dan Pisitioner

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kali ini Cakra ingin berbagi Cara pasang Aktuator dan Pisitioner. Poin -  poin utamanya adalah:
  1. Setting Positioner
  2. Jangan lupa beri pelumas
  3. Pasang kabel sensor dan power motor
  4. Cek motor positioner
  5. Setting Freq terkuat untuk tiap satelite
Untuk lebih jelasnya langsung saja saksikan video tutorialnya 


Demikian, Semoga bermanfaat. By Supatmin MT
Wa'alaikum salam warahmatullahiwabarakatuh.