Sabtu, 24 Oktober 2015

Memperbaiki TV Advante 21" Dengan Kerusakan Pada FBT (Fly Back Transformers)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman Memperbaiki TV Advante 21" Dengan Kerusakan Pada FBT (Fly Back Transformers). 

Gejala Kerusakan: Pada awal TV dinyalakan normal - normal saja, tapi nanti setelah beberapa menit (TV sudah panas) maka akan terdengar cetak - cetek diiringi dengan layar kadang jadi gelap kadang warna berubah - ubah


Tindakan Memperbaiki: Pertama - tama tentu saya tes nyalakan TV, ternyata bener gejala yang di cerikatan user, Kemudian saya buka tutup TV bagian belakan, lalu saya nyalakan lagi TV nya, saya amat - amati pada bagian leher tabung aman, lalu saya lihat ada loncatan api biru pada bodi FBT ke kawat pengikat FBT, Kemudian saya tambal pakai Lem Style, alhasil tidak mampu meredam loncatan bunga api dari FBT

Saya bilang sama User FBT minta diganti baru tapi User bilang klu di ganti FBT lain bisa gak mas,?? saya jawab ya gak bisa, user bilang lagi masak sama mereknya gak bisa mas,,, saya jawab,, oh,, klu sama merek mudah mudahan bisa,, coba saya cek dulu,,, ternyata Merek TV dan Modelnya sama,,, tapi setelah saya lihat FBT nya serinya lain, yang rusak angka akhirnya 20 yang TV satunya angka akhirnya 40, tapi saya perhatikan jalur sama langsung saya eksekusi dan hasilnya nyos,,, alhamdulillah cair,,

Demikian, Semoga bermanfaat. By Supatmin MT
Wa'alaikum salam warahmatullahiwabarakatuh.