Sabtu, 03 Oktober 2015

Memperbaiki TV Vortex Yang Mengalami Kerusakan Layar Cuma Separo (Layar Bagian Bawah Gelap)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kali ini Cakra ingin berbagi Memperbaiki TV Vortex Yang Mengalami Kerusakan Layar Cuma Separo (Layar Bagian Bawah Gelap). Dilihat dari Gejala pada layar maka bisa saya ambil kesimpulan bahwah kerusakan ada pada bagian Vertikal. Berikut Langkah - langkah yang saya lakukan untuk memperbaiki TV tersebut:

  1. Buka Penutup TV bagian belakan
  2. Balikkan Mesin lalu nyalakan Mesin TV
  3. Lalu saya ukur tegangan Vertikal, ternyata tegangan Drop
  4. Saya telusuri sumbert tegangan Vertikal ternyata dari FBT
  5. Tegangan AC pada FBT ada tapi setelah dioda (tegangan DC) drop
  6. Saya  ukur Dioda, Resistor baik semua
  7. Saya  perhatikan Elco B+ Vertikal (1000/25) agak kembung dikit bagian atas nya
  8. Saya cabut Elco tersebut ternyata bagian bawahnya lebih parah gembun nya
  9. Langsung saya ganti Elco tersebut dengan 2200/30
  10. Kemudian saya nyalakan TV langsung byar (layar penuh dan normal)
  11. Tidak lupa ucapkan Alhamdulillah.....

Demikian, Semoga bermanfaat. By Supatmin MT
Wa'alaikum salam warahmatullahiwabarakatuh.