Minggu, 18 Oktober 2015

Memperbaiki TV Polytron Dengan Kerusakan Flyback dan HOT

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kali ini Cakra ingin berbagi Pengalaman Memperbaiki TV Polytron Dengan Kerusakan Flyback dan HOT

Gejala Kerusakan: Seakan - akan mati total walu sebenernya tidak mati total, karna saat di ON-kan tidak ada tanda tanda kehidupan,, bagi orang awam mungkin ini dikatakan mati totol, tapi bagi TUSER saat TV di ON-kan masih ada hawa - hawa kehidupan

Tindakan Memperbaiki: Saya buka cober belakan TV, karna saya sudah sering ngangani kasuh kayak gini,, maka saya prediksi HOT nya mengalami short, klu tidak HOT ya FBT (Flay Back Transformers) nya yang short atau elco B+ yang short atau dioda yang short, maka langsung saja saya tempelkan probe hitam pada GND mesin dan probe merah ke colektor HOT (Horizontal Output Transistor), sedangkan sekala di gital multi meter saya pada sekala ukur dioda, dan saat jarum probe merah menyentuh pin kolektor HOT digital saya bunyi Tiiiiitttt, itu pertanda short, belum tau yang shor HOT atau FBT,, saya cabut HOT dan saya ukur ternyata HOT nya sudah short, kemudian saya ON-kan TV tanpa HOT, maka teganan B+ langsung muncul normal, berarti FBT aman, lansung saya ganti HOT, tapi saat saya ON-kan TV langsung terdengar bunyi pret pret, saya matikan TV,, lalu saya nyalakan sambil mengamati bagian yang bunyi pret pret,, ternyata dari FBT nya mengeluarkan loncatan api biru di pangkal kabel cop bagian bawah,, saya coba lagi nyalakan loh kok gak bunyi,, saya kira TV nyala, tunggu sekian detik kok layar tidak muncul,, perikisa lagi rupanya HOT nya  sudah rusak lagi, saya ukur capacitor aman dioda juga aman,,, maka saya simpulkan FBT nya short pada lilitan primer tapi bukan short ke GND, melainkan short lilitan jadi hambatan dan impedansi nya jadi kecil makanya HOT jebol walu diganti dengan yang baru,,, langsung saya lihat nomor FBT nya kemudian TLP toko, alhamdulillah FBT tersedia di toko,, langsung meluncur ketoko untuk ambil FBT, Setelah dapat FBT JF 0501-19577 dan  HOT MD1803DFH kemudian saya pasang, alhamdulillah TV kembali nyala dengan normal,
Demikian, Semoga bermanfaat. By Supatmin MT
Wa'alaikum salam warahmatullahiwabarakatuh.