Minggu, 18 Oktober 2015

Memperbaiki TV LG Dengan Kerusakan Elco Bagian Vertikal

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kali ini Cakra ingin berbagi Pengalaman Memperbaiki TV LG Dengan Kerusakan Elco Bagian Vertikal

Gejala Kerusakan: Saat di ON-Kan belum sempat layar terlihat langsung protect

Tindakan Memperbaiki: Sebelum saya buka cover belakang saya nyalakan TV berulang ulang dengan harapan saya bisa melihat tampilan pada layar meski sekilas,, dan akhirnya apa yang saya harapkan kesampaian juaga, pada saat saya nyalakan terlihat sekilas layar cuma sekitar 2 jari melintang lalu protect, dengan melihat layar yang demikian maka saya seakan mendapat petunjuk, biasannya kalau kerusakan seperti  ya bagian sirkuit Vertikal. Selanjutnya saya buka cover belakan, sebelum pakai jurus ukur mengukur saya pakai jurus penglihatan dan perasaan dulu, saya perhatikan komponen bagian vertikal terutama ELCO,, lah,, kayak ada elco yang mencurigakan, bagian atasnya terlihat tidak wajar, ya langsung saja saya cabut elco itu ukuran 2200/35, kemudian saya ukur pakai ESR dan ternyata tidak ada capacitas nya lagi,, malah di ESR yang muncul lambang dioda dua buah,, hehehe,,, langsung saya ganti elco tersebut lalu nyalakan TIVI. Alhamdulillah langsung byar,
Demikian, Semoga bermanfaat. By Supatmin MT
Wa'alaikum salam warahmatullahiwabarakatuh.