Minggu, 25 Oktober 2015

Memperbaiki TV ICHIKO Dengan Kerusakan Pada Elco 450Volt Di PSU

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kali ini Saya akan berbagi Pengalalaman Memperbaiki TV ICHIKO Dengan Kerusakan Pada Elco 450Volt Di PSU

Gejala Kerusakan: Gejala Keruskan TV ICHIKO Dengan Kerusakan Pada Elco 450Volt Di PSU ini User bilang katanya gambar bergululung/mengombak dan bergulung dan di pinggir kiri kanan terlihat benjolan hitam berjalan kebawah (Lihat gambar dibawah)

Tindakan Memperbaiki: Pertama - tama tentu saya nyalakan TV ingin membuktikan kata User yang katanya gambar bergululung/mengombak dan bergulung dan di pinggir kiri kanan terlihat benjolan hitam berjalan kebawah. Ternyata benar apa yang dikeluhkan User terhadap TV nya (Perhatikan Gambar), kemudian saya buka TV sambil berfikir apanya ya, tapi saya sudah punya prediksi ini biangnya pasti elco, kalau tidak elco PSU ya elco B+ Horizontal. Setelah TV terbuka saya perhatikan Elco - elco khususnya elco - elco besar tapi tidak ada yang mencurigakan, memang sih elco 400Volt pada PSU terlihat bagian atas agak gembung penutup plastiknya tapi biasanya itu tidak apa - apa,, maka saya coba dulu cabut elco B+ Horizontal (100uF/160V) lalu saya ukur pakai ESR ternyata nilainya masih baik, yang kedua saya cabut elco PSU (220uF/450V) lalu saya ukur pakai ESR ternyata nilainya tinggal 37uF, pantas layar tidak beres karna elco utma nilainya turun drastis, untung saja PSU Regulator tidak koid, hehehe, Langsung saja saya ganti elco tersebut, lalu nyalakan TV, Alhamdulillah gambar sudah normal kembali

Demikian, Semoga bermanfaat. By Supatmin MT
Wa'alaikum salam warahmatullahiwabarakatuh.