Minggu, 25 Oktober 2015

Memperbaiki Mesin Las Dengan Kerusakan Elco 450Volt Meletus

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kali ini Saya akan berbagi Pengalaman Memperbaiki Mesin Las Denan Kerusakan Elco 450Volt Meletus

Gejala Kerusakan: Gejala keruskan Mesin Las Dengan Kerusakan Elco 450Volt Meletus ini adalah mati, User bilang awalnya Mesin Las ini bisa elco nya meletus karna di gunakan dengan pembangkit listrik generator disel, dan pada saat itu desel tidak normal (gas nya naik turun/ tidak stabil) maka mendadak gas desel naik sehingga tegangan gerator pun ikut naik dan terdengarlah bunyi letusan dari mesin las dan kluar asap mengepul, kemudian user cepat mencabut stop kontak mesin las dan tidak berani mencoba menyalakan mesin las lagi karna sudah keburu trauma dengar letupan elco dan asap yang kluar mengepul

Tindakan Memperbaiki: Sebelum membukan cover Mesin Las Dengan Kerusakan Elco 450Volt Meletus ini saya beranikan mencoba mencolokkan stop kontak nya dan menekan tombol power yang ada di belakan mesin las, saya lihat user menjauh ketakutan,,, klu saya sih santai aja,, masak tuser takut kan gak lucu, padahal dag dig dug juga,, hehehe,,, terdengar bunyi cletek saya tekan switch on/off kemudian bungi seeeennngg,, pertanda kipas berputar,, lalu saya bilang ke user,, loh nyala kok bang, berarti gak rusak ni bang,, cuma ada elco yang meletus dan lebih baik di ganti,, user menjawab,, ganti ajalah mas dari pada nanti meletup lagi,, baiklah jawab saya,, Kemudian langsung saya ganti Elconya dan Alhamdulillah penggantian elco lancar dan mesin las nyala dengan normal,,

Demikian, Semoga bermanfaat. By Supatmin MT
Wa'alaikum salam warahmatullahiwabarakatuh.