Minggu, 06 September 2015

Mereparasi TV LG 29FU1RL Gejala Kerusakan Mati Total

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Service TV yang satu ini dibilang apes ya tidak mungkin blum rezki hari ini aja,, karna masih ada part yang kurang maka tidak langsung jadi,, tapi ya alhamdulillah dikasih DP Rp. 100.000,-,
Ceritanya begini,, singkat cerita setalah saya sampai di rumah user langsung saya coba TV tersebut, dan ternyata tidak ada tanda tanda kehidupan selain bunyi ngengggg (bunyi degaushing) lalu saya buka TV dan saya cek tegangan B+ horizontal ternyata drop tinggal 22V dan ada bau angit, cepat saya matikan TV, saya perhatikan komponen bagian horizontal tidak ada yang mencurigakan, kemudian saya sentuh-sentuh komponen bagian horizontal dan ternyata lilitan bagian EW nya panas banget, kemudian saya perhatikan transistor EW (K2961) seperti tidak beres, terlihat soldean bawah nya sampai seperti bekas meleleh,, saya cabut transistor itu dan ternyata bener bagian bawahnya pecah dan dan TR inilah yang membuat tegangan drop karan short ke lilitan sampai lilitannya panas,,, setelah saya cabut TR nya saya coba nyalakan TV, lampu indikator nyala dan mau star,, tap tungu hingga beberapa saat layar tidak kluar malah ada bunyi kletak kletek dan akhirnya lampu indikator padam,, saya cek rupanya HOT short,, saya cek capacitor resonan bagus, maka saya berkesimpulan FBT nya Short, karna baru body FBT bagian bawah terasa panas,,, karna TR EW dan FBT tidak ada persediaan maka pekerjaan di pending sampai dapat part yang dibutuhkan
By. Su Pat Min MT
Wa'alaikumsalam Wr. Wb