Rabu, 26 Agustus 2015

Mereparasi LCD Samsung LA32S81B Kadang Bisa Start Kadang Tidak Bisa

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Tadi siang service kunjungan ketempat User, User minta perbaiki TV LCD Samsung LA32S81B dengan keluhan kadang mau start kadang tidak. Sesampai di lokasi langsung saya coba nyalakan TV, awalnya memang mau langsung start tapi setlah TV saya matikan dan cabut steker listriknya kemudian saya colokkan kembali steker listriknya dan saya nyalakan lagi TV nya dan ternyata tidak bisa start meskipun sudah saya pencet tombol panel maupun tombol power di remote. Terdengar user berkata "nah gitulah mas,, kadang saya sampai sebel dikerjain TV ini, tolonglah mas klu bisa ya jangan lama - lama, bisa kan hari ini jadi?" saya jawab: saya cek dulu ya bang mudah mudahan tidak parah. Lalu saya buka TV tersebut dan pertama - tama yang saya perhatikan bagian PSU, walah dalah, kok gak ada yang mencurigakan sih,, semua kliatan baik baik, terutama elco - elconya tidak ada yang kembung,, waduh bakalan lama nih oprasinya. Lalu dengan tetap menjaga kesabaran dan ketelatenan saya bongkar PSU saya ukur beberapa Elco yang ada dan ternyata masih bagus semua, FET nya juga kayaknya bagus, saya masih berkutat di PSU, saya bolak balik sambil memperhatikan komponen, dan akhirnya mata tertuju pada komponen serupa transistor, tapi ini kayaknya bukan transistor melainkan IC yang sering juga di pergunakan di switching DVD dan lain - lainnya, saya perhatikan ada sedikit karat di salah satu kakinya, dengan segera saya berniat nyabut IC tersebut, setelah saya sedot timahnya saya tarik IC tersebut,, walah dalah salah satu kakinya malah tertinggal di PCB, saya perhatikan rupanya IC TL431, saya curiga mungkin IC ini biangnya karna salah satu pinnya berkarat hingga mau putus dan kadang nyambung kadang tidak, karna tidak bawa stok IC ini, maka saya potong kaki IC ini hingga jadi pendek dan tidak bisa di pasang diatas PCB maka saya pasang dibawah PCB. Lalu saya pasang kembali PSU dan dengan hati berdebar saya nyalakan TV langsung start, saya coba beberapa kali matikan dan cabut steker listrik TV tetap bisa star, alhamdulillah clear..
By. Su Pat Min MT
Wa'alaikumsalam Wr. Wb