Minggu, 23 Agustus 2015

Menghapus Virus Shorcut Di PC/Laptop

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Ada User datang bawa tengtop eh,,, Laptop,, bang bisa gak bersihkan virus shorcut di laptop saya,,, mudah - mudahan bisa, lalu saya nyalakan laptop nya dan saya ambil FD yang kosong, lalu saya tancapkan di port USB, maka FD lansung tertular VIrus Shorcut dan langsung Smadav mendeteksi tapi smadav tidak bisa membuangnya,,, walu beberapa kali di FIX pakai smadav maka jika di colokkan FD yang bersih maka FD akan langsung tertular, Alhamdulillah saya punya cara jitu untuk ngatasi maslah ini,, saya ambil FD saya yang berisi OS Linux (PCLinuxOS) LiveUSB, saya matikan laptop lalu tancapkan FD saya pada port USB laptop,, terus saya nyalakan laptop dan boot from FD saya,, setalah PCLinuOS jalan via FD maka saya buka driver C, saya hapus bapak shorcut nya,, saya buka juga folder D, saya hapus biang shorcutnya,, saya tancapkan FD saya yang tertular tadi saya hapus semua file yang ada di FD karna sebelumnya tidak ada file apapun,,, file yang menyebabkan shorcut sperti terlihat pada gambar di bawah ini,,,,Cara ini bisa juga menggunakan Hiren's Boot CD, Tapi booting ke LINUX jangan ke windows karna virus ini tidak ngaruh (tidak bisa berkembang biak/nular) di OS linux dan mudah dihapus,, tapi klu di pakai windows akan sulit menghapusnya,, menemukan biangnya saja susah,,,, setelah biang virus dirasa bersih baru saya install ulang biar seger buger,,,, setelah selesai install ulang saya install antivirus smadav lalu saya scan full ternyata smadav tidak mendeteksi adanya virus,, saya tancapkan FD juga aman,,, alhamdulillah clear,,,
By. Su Pat Min MT
Wa'alaikumsalam Wr. Wb