Rabu, 19 Maret 2014

Western Digital Black 4 TB (WD4003FZEX)


Western Digital Black 4 TB
(WD4003FZEX)
Walau saat ini pamor SSD mulai menanjak, tetap saja sebuah hard disk (HDD) di dalam PC masih diperlukan, khususnya untuk menyimpan berbagai file mengingat kapasitas SSD sendiri tidak sebesar HDD. Jikapun besar, harganya pastilah mahal. OIeh karena itu, Hingga saat ini SSD belum dapat menggeser peran HDD.

Tentu saja bagi Anda yang menyimpan berbagai file dengan ukuran beratus giga (ataupun terabyte) maka wajib hukumnya memiliki HDD dengan kapasitas minimal 1 Terabyte (TB). Western Digital (WD) yang terkenal sebagai manufaktur produk HDD memiliki solusi bagi Anda yang menginginkan sebuah media penyimpanan dengan kapasitas sangat besar, yakni 4 TB melalui sen Western Digital Black 4 TB

Masih menggunakan kecepatan 7200 RPM, WD Black ini memiliki posisi antara sen HDD WD Green yang low-power efisien dengan kecepatan 5.400 RPM dan sen high-end VelociRaptor dengan kecepatan 10.000 RPM.

Dari sisi spesifikasi hardware, WD Black 1 TB ini masih menggunakan platter 800 GB. Berarti untuk model 4 TB ini terdapat 5 platter di dalamnya. Untuk bentuk fisiknya tidak jauh berbeda dengan model lainnya, menggunakan standar ukuran 3,5 mci dengan interface SATA 6 Gbps. WD masih menempatkan komponen yang berpotensi menghasilkan panas berdempetan langsung dengan bodi drive. Hal ini membuat komponen seperti controller, RAM dan motor untuk membuang panas ke bodi, yang juga dapat berlaku sebagai sebuah heatsink berukuran besar. Sebagai tambahan, WD menempatkan sebuah foam pad antara drive dengan papan sirkuit ùntuk membantu menyerap getaran.
Perbandingan kecepatan dan Write antara WD Black 4 TB
(atas) dan WD 1 TB (bawah)
Pengujian Kecepalan Transfer Data
Untuk melakukan pengujian kecepatan, digunakan motherboard MSI 970A-G45 yang sudah mendukung fasilitas port SATA III 6 Gbps. Beberapa motherboard membutuhkan proses update BIOS agar dapat mengenali drive di atas kapasitas 2 TB, sehingga jika sistem Anda tidak mengenalinya, bisa melakukan update BIOS terlebih dahulu.

Kecepatan transfer data diuji menggunakan aplikasi ASSSD Benchmark, yang diukur adalah kecepatan sequential Read dan Write untuk mengukur performa menyalin file (Copy). Sebagai perbandingan pengujian, digunakan WD Blue 1 TB (WD1OEZEX). Setiap melakukan benchmark dilakukan reboot untuk mencegah proses data caching pada Windows atau pada drive.

Hasil pengujian untuk WD Black 4 TB adalah 161,25 MB/s (Read) dan 148,31 MB/s. Sedangkan untuk WD Blue 1 TB adalah 102,14 MB/s (Read) dan 101,29 MB/s. Selain itu di aplikasi AS SSD Benchmark terdapat juga tool untuk melakukan simulasi pengujian kecepatan menyalin file dalam 3 kategori, yakni ISO, Program dan Game. Yang dinilai adalah kecepatan transfer dan durasinya. Untuk hasilnya dapat Anda lihat langsung pada gambar. Untuk file ISO, WD Black 4 TB lèbih cepat 5 detik dibandingkan dengan WD Blue 1 TB. Lalu untuk file program lebih besar lagi perbedaannya, yakni 24 detik.

Spesifikasi:
Interface: SATA 6 Gb/s I Rotational Speed: 7,200 RPM (nominal) I Buffer Size: 64 MB I Load/unload Cycles: 300,000 minimum I Formatted Capacity: 4,000,787 MB I Capacity: 4 TB I Form Factor: 3.5 Inch I User Sectors Per nDrive: 7,814,037,168

Harga Rp 3.020.000

Demikian Semoga bermanfaat. By, Patmin Puja Kesuma
Sumber: Komputek Minggu ke - 2 Maret 2014 Edisi 869

SanDisk Extreme PRO USB 3.0

SanDisk Corporation minggu ini menghdirkan Extreme PRO USB 3.0 flash drive, menampilkan kinerja tingkat profesional dengan beberapa kecepatan-kecepatan tercepat dalam industri sampai dengan 60 kali cepat dibandingkan dengan standar drive USB 2.01, dan menyediakan penyimpanan yang sangat besar sebesar 128GB. Flash drive SanDisk Extreme PRO USB 3.0 yang berkinerja tinggi memanfaatkan spesifikasi generasi berikutnya dengan menyediakan kecepatan tulis hingga 240MB/d1 dan kecepatan baca hingga 260MB/dl. Kecepatan tu mengizinkan pengguna untuk mentransfer film full-length dalam hitungan detik, atau 1 .000 foto hi-rês dalam waktu kurang dan 35 detik2, mem buat drive ini ideal untuk menyimpan koleksi video dan foto. Ada beberapa alasan kenapa pengiriman perangkatdengan USB: akan rnelampaui jumlah 2 miliar ditahun 2016, naik dan sekitar 600 juta ditahun 2013, berdasarkan Multimedia Research Group, Inc3. Piash drr’e SanDisk Extreme PRO USB 3.0 menawarkan casing metal alumunium yang tahan lama dan canggih yang melindungi terhadap pemakaian sehari hari. Produk ini juga diIengkapi dengan SanDisk SecureAccess TM, software yang menyediakan enkripsi file 128-bit AES dan perlindungan password4 untuk mengamankan file-file pribadi sementara sisa dan drive bisa digunakan untuk berbagi. Flash drive USB 3.0 SanDisk Extreme PRO tersedia di seluruh dunia termasuk Indonesia dalam kapasitas 128GB dengan harga 2,7 juta rupiah.

Semoga bermanfaat. By, Patmin Puja Kesuma
Sumber: Komputek Minggu ke - 3 Maret 2014 Edisi 870