Kamis, 04 Desember 2014

Memperbaiki TV LG Ultraslim 21 Inch dengan kerusakan protect

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kali ini saya dapat garapan TV LG Ultraslim 21 Inc dengan kerusakan protect. Gejala kerusakan saat di onkan nyala tampak teganan Horizontal nyembur sesaat lalu standby,

Langkah-Langkah Memperbaiki

  1. Saya putar scren kearah maximum dengan tujuan melihat tampilan layar meski sesaat sebelum protect
  2. Setelah saya putar screen kearah max lalu saya onkan tombol power sambil mengamati layar TV, dan pada layar terlihat garis putih mendatar lalu TV standby kembali
  3. Kemudian saya amati komponen bagian vertikal dan saya dapati sebuah elco 100/35 bodi bagian atasnya kembung, lansung saya ganti dengan elco yang baru, lalu saya solder ulang bagian Vertikal yang terlihat solderannya kendur, terutaman pada pin IC Vertikalnya,,
  4. Setelah melakukan penggantian elco dan resolder saya nyalakan TV, dan langsung byar,, layar nyal normal tanpa protect lagi


Demikian, Semoga bermanfaat. By Supatmin MT
Wa'alaikum salam warahmatullahiwabarakatuh.