Minggu, 31 Agustus 2014

Memperbaiki TV LG Bagian VIII

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kali ini Multi Teknik Info ingin berbagi Trik memperbaiki TV LG Super SLim 21FL1RG. TV ini mengalami kerusakan jika dihidupkan selalu protect lalu standby. Saya amati sebelum standby dilayar sempat terlihat garis melintang warna hijau. Setelah saya buka dan cek bagian vertikal rupanya ini biangnya,, IC Vertikalnya (STV9326) pecah dan elco 100/35 agak kembung bagian atasnya Lalu saya ganti elco dan IC nya,  Tanpa pikir lagi langsung saya onkan TV nya,, Saya tekan tombol canel, bunyi cessss, hingga beberapa detik tidak nongol layarnya malah dari arah belakang ngebul asap,,, wah wah,,, langsung cabut steker TV nya,, ternyata IC Vertikalnya gosonG dan hampir pecah lagi,,, cek teganan Vertikal rupanya over hingga 35V,, waduh pusing ni,,, saya fonis FBT nya rusak,, karna teganan B+ horizontal normal 110v,, gimana nih caranya,, nah ada ide,, lalu saya cut jalur dari FBT ke Dioda supply vertikal lalu saya buatkan teganan tiruan dengan membuat lilitan pada FBT sebanyak 4 lilit pakai kawat email ujung satunya ke GND dan ujung satunya ke dioda Supply, lalu saya nyalakan TV dan ukur tegangan tiruan tadi tedapat 23V, ya saya rasa cukup aman,, lalu saya perthatikan layar TV ada raster dan tidak protect lagi,, sukses buat anda,, semoga pengalaman saya ini bermanfaat buat kalian smua,,,, ini nih biang kerok nya,,, hehehe,,,



Dan ini Lilitan yang saya buat pada FBT sebanyak 4 Lilit,,,



Demikian, Semoga bermanfaat. By Supatmin MT
Wa'alaikum salam warahmatullahiwabarakatuh.