Rabu, 07 Mei 2014

Memperbaiki TV Votre Bagian I

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kali ini Multi Teknik Info akan membagikan pengalaman dalam.....menaklukkan TV Votre 14 dengan kerusakan layar dominan warna merah seperti terlihat pada gambar berikut:

Layar dominan warna merah

Langkah awal,, saya shotkan satu persatu KB,KR,KG untuk mengetahui katoda short ke GND atau tidak,, misal shotkan KB ke GND maka akan tampak layar dominan warna Biru dan ada garis garis buku, begitu pula saat men-shortkan KR maka warna dominan merah, dan saat man-shorkan KG maka warna layar akan Hijau bergaris garis buku. dengan cara ini saya dapat menyimpulkan kerusakan bukan pada CRT

Langkah kedua, saya lepaskan solderan resistor pada jalur basis transistor RGB yang menuju ke IC Chroma,, lalu saya sentuh ujung transistor itu, pada saat manyentuh ujung resistor pada basis transistor KR maka muncul bayang bayang warna merah brarti transistor dan rangkaian sikitar itu baik baik saja,, saya tes juga dengan transistor KG dan KB, ternyata baik juga,, dengan cara ini saya dapat menyimpulkan bahwa kerusakan bukan pada blok atau transistor RGB,,,

Langkah ketiga. saya ukur out RGB pada IC Chrome,, normal aja,, IC yang baru habis,, liat liat pada mesin rongsokan eh masih ada IC nya LA76810A, langsung saya cabut dan pasang,, alhasil warna jadi kinclong,,,


Layar telah normal kembali


Demikian, Semoga bermanfaat. By Supatmin MT
Wa'alaikum salam warahmatullahiwabarakatuh.