Kamis, 18 Juli 2013

Modif Power Supply Aktive Speaker Polytron Menggunakan Gacun

Hai Sahabat Multi Teknik Info yang berbahagia. Salam Sukses Selalu.. Baiklah pada posting saya kali ini saya akan bagikan catatan saya mengenai 

= Modif Power Supply Aktive Speaker Polytron Menggunakan Gacun =

Sebagaimana kita ketahui Modul Gacun bisa diterapkan di berbagai Power Supply Switching Regulator. Saya juga pernah menerapkanya pada Power Supply Aktive Speaker karna murut saya kerusakan sudah sulit diatasi dan butuh waktu lama untuk memperbaikinya maka saya coba memodifnya menggunakan Modul Gacun dan ternyata berhasil baik. Ini gambarnya
gacun-polytron-aktive-spk.jpg

Demikian semoga bermanfaat dan Sukses Selalu.

Cara Mengatasi DVD LG Yang Tidak Ada Gambar

Hai Sahabat Multi Teknik Info yang berbahagia. Salam Sukses Selalu.. Baiklah pada posting kali ini saya akan bagikan pengalaman saya tentan.
= Cara Mengatasi DVD LG Yang Tidak Ada Gambar =
DVD LG ini tanpa Display yang ada cuma indikator led power warna merah, jada kalau tidak pakai monitor kita sulit mengetahui sudah play apa belum. Mungkin LG ngirit kali ya? Apa teknologi LG yang belum sampe, masak kalah ama DVD Cina.
DVD LG ini mengalami kerusakan pada video out yang tidak mengeluarkan gambar sedangkan suara ada.
Cara saya mengatasi tanpa mengganti komponen adalah dengan menjamper pin pada IC video yakni pin 14 ke terminal video (soket warna kuning) menggunaka pengaman sebuah elko 10uf/50v, dengan cara tersebut gambar bisa tanpil di monitor.
Lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.
dvd-lg-video-err.jpg

Demikian semoga bermanfaat dan Sukses Selalu.

Rumus Lilitan SMPS

Hai Sahabat Multi Teknik Info yang berbahagia. Salam Sukses Selalu.. Baiklah pada posting kali ini saya akan bagikan catatan saya mengenai
= Rumus Lilitan SMPS =
Untk membuat lilitan pada SMPS (Switching Mode Power Supply) ini yang hrs sahabat ditentukan dahulu adalah lilitan skundernya, misalnya tentukan dahulu lilitan untuk 12V dg menggunakan rumus v/turn, dimana "v" adalalah tegangan dan "turn" adalah angka 1.867. Jadi untuk menentukan berapa lilitan sekunder pada tegangan 12V adalah: 12V / 1.867=6.4Lilit.
Setelah berhasil menentukan lilitau skunder maka selanjutnya menentukan lilitan primer. Rumus nya adalah sebagai berikut: Tegangan input yakni tegangan yang telah searahkan oleh jembtan dioda dibagi besar tegangan perlilit pada kumparan sekunder. Contoh: Sahabat harus hitung dahulu tegangan perlilit pada lilitan sekunder. Di atas telah di jelaskan bahwa pada kumparan skunder tegangan 12V telah didapatkan kumparan sebanyak 6.4Lilit, jadi untuk mengetahui perlilitnya berapa Vol adalah: 12V / 6.4Lilit = 1.875V. Misalkan tegangan AC 220V dari PLN yang telah di searahkan oleh jembatan dioda adalah 250V. Maka Rumus untuk menentukan lilitan primer adalah: 250V / 1.875 = 133.3Lilit, bulatkan saja jadi 133Lilit.

CATATAN:
Tegangan out nantinya masih mendapat pengaruh -pengaruh lain yang akan menyebabkan penurunan tegangan, misal dioda yang sobat gunakan untuk menyearahkau tegangan 12V akan menurunkan tegangan sebesar 0.6V - 0.9V, Jadi jika butuh tegangan out 12V, Rumus nya sebenernya adalah: 12V + 0.9V = 12.9V / 1.867 = 6,9Lilit. Genapkan aja jadi 7lilit.
Tegangan per Lilit pada skunder adalah 12V / 7Lilit = 1.7V
Lilitan Primer adalah: 250V / 1.7V = 147Lilit.
Demikian semoga bermanfaat dan Sukses Selalu.

Problem Yang Sering Terjadi Pada TV LG


Hai Sahabat Multi Teknik Info yang berbahagia. Salam Sukses Selalu.. Baiklah pada posting kali ini saya akan bagikan catatan saya mengenai
= Problem Yang Sering Terjadi Pada TV LG =
  1. Tombol on/off. Menyebabkan TV sulit di nyalakan, kadang sampai ada yg di ganjal pakai lidi korek api dll..
  2. Komponen Seputar Sirkuit Horizontal: HOT (Horizontal Output Transistor), Capacitor resonan dan Capacitor Bandwid, dan capacitor pd colektor ke gnd, FBT (Fly Back Transformers), kerusakan bagian ini menyebabkan protect sehingga TV bs mati total, kadang led nyala redup dan kadang di sertai bunyi "cit-cit atau tik-tik"
  3. Capacitor Fiter pada G2. Capacitor ini sering short, menyebabkan layar gelap, screen tidak berfungsi
  4. Pin G2 Short ke GND, menyebabkan layar gelap, screen tidak berfungsi
Semoga Bermanfaat dan Sukses Selalu,,,

Cara Mengatasi Cop FBT Yang Bocor

Hai Sahabat Multi Teknik Info yang berbahagia. Salam Sukses Selalu.. Baiklah pada posting kali ini saya akan bagikan catatan saya mengenai
= Cara Mengatasi Cop FBT Yang Bocor =

tube.jpg 
 
Maksud saya cop FBT bocor adalah pada saat TV On terutama pada saat awal di On-kan akan terdengar bunyi mendesis dan bau yang aneh, jika kaadaan gelap bisa di intip maka akn terlihat semburan api biru dari cop FBT, biasanya yang saya lakukn untuk mengatasi masalah ini adalah:
Saya copot cop nya dan saya bersihkan pakai bensin daerah skitar cop sampai catnya jg hilang, kemadian saya cat ulang pakai cat semprot hingga beberapa lapis 3-4 lapis
Kemudian cop FBT saya potong dan ganti dengan yang masih bagus bisa dari FBT bekas, setelah cat kering pasanglah cop. Dan nyalakan TV, biasanya tidak bocor lag.
Penyebab kenapa bisa bocor biasanya tempat terlalu lembab, setelah di perbaiki anjurkan pengguna TV untuk memindahkan ketmpat yang lebih baik dan jangan biasakan menutup TV pada saat di hidupkan maupun tidak di hidupkan, debu masuk tidak jadi masalah karna debu tidak bikin rusak kok asal kering.. Jangan salahkan kami kalau dalam waktu dekat TV kambuh lagi kalu tempat tidak di pindah ketempat yang baik dan kring dan tidak ikuti anjuran kami.
Demikian semoga bermanfaat dan Sukses Selalu.