Rabu, 04 Desember 2013

Memperbaiki TV Digitec Bagian II

Sebuah TV Digitec masuk keruang kerja, TV ini sudah 1 tahun tidak di pakai, setelah saya coba ternyata tidak ada tanda tanda kehidupan, lantas saya buka dan saya cek ternyata saya temukan sakelar on/off nya tidak konek Lihat gambar

Setelah saya ganti sakelar TV belum mau hidup juga rangkaian PSU sudah bekerja, teganan out jg ada semua, tapi setelah cek tengan B+ Horizontal langsung pada pin B+ di FBT nya tidak ada tengangan ternyata saya temukan jalur nya putus setelah saya kerok baru keliatan jalur yang putus, Lihat gambar

Setelah penyambungan jalur TV mau hidup tp layar gak keliatan cahayanya, tp saya perhatikah filamen CRT nya nyala, kemudian saya putar focus, baru layar muncul tp dg warna merah dan bergaris garis sperti buku perhatikan gambar

Setelah cek ternyata di temukan IC Program tidak mendapat tegangan 5V, cek lagi rupanya ada sebuah lilitan (L) yang patah kakinya karna berkarat,, Liat gambar

Lalu ganti Lilitan tersebut menggunakan seutas kabel Liat gambar

Setelah penggantian lilitan menggunakan seutas kabel jreeeeng TV hidup normal,, perthaikan Gambar

Demikian semoga bermanfaat
by, Patmin Puja Kesuma