Kamis, 31 Oktober 2013

Membuat Carger Aki Tanpa Trafo

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kali ini Multi Teknik Info sudah ber experiment dan ternyata membuahkan hasil. Begini ceritanya,,, Ada aki motor (5A) nganggur mau saya manfaatkan untuk keperluan arus DC (arus searah). Tapi aki harus di isi (Cas) dulu baru ada arus nya,, liat sana liat sini gak ada trafo nganggur,, putar putar otak dikit akhirnya ter inpirasi dari carger sebuah senter dan lampu emergancy yang bisa di carger, saya perhatikan cuma kapasitor dan dioda doang buat ngecargernya, lalu saya ambil doda bekas switching DVD dan saya ambil capacitor bekas mesin cuci yang mati sebelah jadi sebelah msh bagus yang ukurannya 10uF 450Vac. kemudian saya rangkai seperti di gambar skema dibawah ini



Pertanyaan. berapa lama waktu yang di perlukan untuk mencarger aki hingga full??
Ikuti uraian saya ini tp blum tentu bener loh,,,

Jika
1F = 1.000.000uF
Maka
1uF = 0,000001F

Ket
uF = mikro Farad
F = Farad

Karna capacitor yang saya digunakan diatas adalah 10uF
maka
10uF = 0,00001F

1F di indentik dengan 1A, karna.

Satu ampere = besarnya arus listrik yang melewati larutan perak nitrat (dicampur air dengan komposisi tertentu) yang mampu memisahkan perak murni seberat 0.001118 gram dalam waktu 1 detik.
Satu volt = besarnya gaya gerak listrik (GGL) yang mampu menghasilkan arus listik sebesar 1 ampere dalam konduktor dengan resistansi sebesar 1 ohm.
Satu coulomb = jumlah muatan listrik atau elektron yang dipindahkan oleh arus listrik sebesar 1 ampere dalam waktu 1 detik.
Satu farad = kapasitas dari sebuah kondensor dengan beda potensial sebesar 1 volt yang mampu menyalurkan muatan listrik sebesar 1 coulomb.

Karna dalam rangkaian saya gunakan capacitor 10uF maka dalam tiap detiknya arus yang dapat disalurkan ke aki adalah 10uF/detik
Untuk mencapai 1F (1.000.000uF) dengan capacitor 10uF dibutuhkan brapa detik?
jawabnya:
1.000.000uF / 10uF = 100.000 detik
100.000 detik = 1666,6667 menit
1666,6667 menit = 27,777778 jam
27,777778 jam = -/+ 28 Jam

Jadi jika 1F disamakan dengan 1A maka untuk ngecarger 1A dengan capacitor 10uF diperlukan waktu -/+ 28 Jam
Karna aki motor yang saya pakai adalah 5 A
Maka 5 x 28 = 140
140 jam / 24 = 5,8

Jadi untuk ngecarger aki 5A dengan capaacitor 10uF dibutuhkan waktu kurang lebih 5 Hari 8 Jam
Jika ingin mempercepat waktu cas nya maka capacitor harus ditambah atau di parallel
Misal menggunakan capacitor 50uF berarti cuma butuh waktu sikitar 5.6 jam

Rangkain Carger Aki Tanpa Trafo

Demikian, Semoga bermanfaat. By Supatmin MT
Wa'alaikum salam warahmatullahiwabarakatuh.