Rabu, 28 November 2012

Memperbaiki Grub PCLinuxOS Yang Error akibat install Ubuntu (Distro lain)

Jika pada komputer Anda sudah ter-Install PCLinuxOS kemudian anda meng-Install Ubutu (Distro lain) maka Grub PCLinuxOS tetap akan tedeteksi pada MBR nya Ubuntu (Distro lain) namun saat Anda menjalankan PCLinuxOS maka akan Anda dapati kernel panic. Untuk memperbaiki hal ini berikut langkah - langkahnya:
  1. Masuk ke Ubuntu
  2. Buka Terminal dan ketik: sudo gedit/boot/grub/grub.cfg
  3. Masukkah Password root
  4. Tekan Enter
  5. Setelah terbuka jendela gedit. Cari item pclinuxos dan ingat Anda meng-Install PCLinuxOS di sda berapa? biasanya yang tertera disitu ada sda yang tidak sama dengan sda tempat Anda meng-Install PCLinuxOS, maka rubah lah sesuai sda/partisi Anda menginstall PCLinuxOS. Contoh:
Saya meng-Install PCLinuxOS pada sda4 tp di menu PCLinuxOS ternyata "linux (on /dev/sda3)". Maka rubahlah angka 3 jadi angka 4

Tapi jika Anda meng-Install Ubuntu (distro lain) baru kemudian PCLinuxOS maka Grup Ubuntu tidak akan muncul pada MBR PCLinuxOS. Untuk memunculkannya ternyata cukup mudah. Berikut langkah - langkahnya langkah - langkahnya dapat Anda pelajari DISINI

Semoga Bermanfaat

By, Patmin Puja Kesuma

Memunculkan Grub Ubuntu (Distro lain) pada MBR PCLinuxOS

Jika Anda meng-Install PCLinuxOS terlebih dulu baru kemudian Ubuntu (distro lain) maka Grub PCLinuxOS bisa muncul pada MBR (Master Boot Record) Ubuntu tapi saat di pilih dan di jalankan akan mengalami error ada juga kernel panic. Untuk megatasinya bisa Anda Pelajari DISINI. Tapi jika Anda meng-Install Ubuntu (distro lain) baru kemudian PCLinuxOS maka Grup Ubuntu tidak akan muncul pada MBR PCLinuxOS. Untuk memunculkannya ternyata cukup mudah. Berikut langkah - langkahnya:
  1. Klik Start Menu > More Applications > Configure > Redo MBR
  2. Masukkan Passsword root
  3. Klik OK
  4. Klik Yes. Secara otomatis OS Ubuntu (distro lain yang sudah terinstall) akan di listing dalam Grub MBR nya PCLinux0S
  5. Klik Save
  6. Kemudian Close
  7. Kemudian Klik No
  8. Kemudian Restart PCLinux0S

Semoga bermanfaat

By, Patmin Puja Kesuma