Selasa, 20 November 2012

Melihat Informasi Hardware dengan Hardinfo

Untuk melihat informasi semua hardware yang terpasang di komputer Anda di PCLinuxOS ternyata tidak lah sulit. Anda yang menggunakan PCLinuxOS FullMonti toll ini sudah terpasanng tapi bagi Anda pengguna PCLinuxOS selain FullMonty misalnya FullFersion Anda harus manginstallnya terlebih dahulu, cara installnya gampang banget karna di Syinaptic Package Manager sudah tersediah cari aja dengan kata kunci hardinfo. Setelah di install buka tool tersebut melalui Star Menu atau Tekan Alt + F2 kemudian ketik hardinfo lalu tekan Enter maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, tinggal klik aja nama hardware yang Anda butuhkan informasinya.


Semoga bermanfaat

By, Patmin Puja Kesuma

Install File RPM Melalui Dolphin

Jika Anda ingin menginstall satu buah file.rpm tentu akan lebih mudah menggunakan rpm-installer, Anda tinggal klik/double klik saja, tp jik file.rpm yang akan Anda install banyak banget mak akan lebih baik menggukanan terminal/konsole. Misalnya Anda diminta install PCLinuxOS di sebuah komputer teman dan harus menginstall banyak aplikasi secara manual, nah,, agar lebih mudah dan akurat dan tidak bolak balik memasukkan perintah/sintak folder/file berada maka Anda bisa menginstallnya dari Dolphin karnena pada Dolphi sudah terintegrasi terminal/konsole. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Buka Dolphin
  2. Kemudian Jelajah ke tepat penyimpanan file.rpm yang akan Anda install
  3. Setelah berada pada tempat panyimpanan file.rpm berada langsung tekan F4
  4. Kemudian ketik: su kemudian masukkan password kemudian tekan Enter
  5. Kemusian ketik rpm -ivh *.rpm kemudian tekan Enter
  6. Instalasi akan segera dijalankan
Tip:

2. setelah dolphin terbuka tekan F4 maka akan terbuka jendela terminal dibawahnya, klu anda pake root dolphin tentu tidak usah pake hak akses root (su) tp jika anda pake user dolphin maka anda kudu pake hak super user (su)
3. setelah itu tinggal kllik2 aja sampai ketemu dimana anda menyimpan file yang akan ada install
4. setelah ketemu tinggal adan eksekusi aja pake perintah rpm -ivh *.rpm

cara membuka root dolphin adalah: 
buka terminal
su
password
dolphin
tekan enter
maka root dolphin akan terbuka, maka anda boleh melakukan apapun tanpa harus mamasukkan password lagi

semoga bermanfaat