Jumat, 16 November 2012

Roling Release

Roling Release (Rilis Bergulir) di dunia Llinux ada sebagian Distro Linux yang menggunakan Roling Release. Jika sebuah Distro Linux Roling Relase maka pengguna distro tersebut dapat menginstall OS melalui file iso yang dirilis pada tahun berapa pun, kemudian tinggal mengupdate/upgrade paket - paketnya maka Distronya akan memiliki paket2 terbaru dan brubah menjadi Distro Versi terbaru. Dengan menggunakan Distro Roling Release ini user dimudahkan karena tidak perlu melakukan upgrade dengan mendownload seluruh paket, yang perlu Anda lakukan adalah mengupdate/mengupdate paket-paketnya secara rutin maka OS di komputer Anda sudah memiliki aplikasi2 termutakhir.

Kesimpulan: Jika Anda menggunakan Distro Roling Release, untuk memperbarui Distro tersebut Anda tidak perlu Mendowload Distro Tersebut dalam Versi terbaru kemudian manginstallnya, melainkan Anda cukup mengupdate/mengupgrade system Distro anda scara rutin (boleh tiap hari, tiap minggu dll) maka distro Anda otomatis akan menjadi yang terbaru. 

Catatan: semakin lama jangka Anda mengupdate/mengupgrade maka akan semakin lama waktu yang di butuhkan dalam update/upgrade karna sudah banyak paket - paket terbaru yang harus di download

Beberapa Distro Rolin Release diantaranya adalah Arch linux PCLinuxOS dan  OpenSuse

Demikian Semoga Bermanfaat

By, Patmin Puja Kesuma

Mengubah Single Click menjadi Double Click Pada PCLinuxOS


Yang biasa di Windows tentu akan canggung setelah mencoba PCLinuxOS karna biasanya di windows defaultnya mouse adalah double click sedangkan default di PCLinuxOS adalah single click, nah kalau Anda sudah terbiasa double click maka sebenernya click di PCLinuxOS bisa juga di setting double click. Berikut langkah-langkanya:

  1. Tekan Alt + F2
  2. Ketik mouse dan tekan Enter
  3.  Klik pada Double Click to open file and folders (select icon on first click)
  4. Klik Apply
  5. Klik OK

Berikut Screenshot Mouse settings

Semoga bermanfaat

By, Patmin Puja Kesuma

Tampilan Netbook

Anda ingin nyoba tampilan seprti ini (Netbook) tinggal klik Configure Your Desktop > Workspace Behavior > Workspace > pada kotak Workspace Type pilih Netbook > Apply 

Ini Screen Shot nya:

Semoga bermanfaat

By, Patmin Puja Kesuma