Senin, 05 November 2012

Android


Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

iOS


iOS adalah sistem operasi Perangkat keras dari Apple. Awalnya dibuat hanya untuk iPhone, iOS kemudian berkembang hingga bisa mendukung perangkat Apple yang lain seperti iPod touch, iPad dan Apple TV. Apple tidak melisensikan iOS untuk digunakan di perangkat keras lain. Hal ini berbeda dengan Android, yang mana kita bisa menemukannya di berbagai merk perangkat genggam.
Di akhir tahun 2010, iOS memiliki pangsa pasar sebesar 26% di bawah Android milik Google dan Symbian milik Nokia. Pada 31 Mei 2011, di Apple Inc App Store tercatat lebih dari 500.000 aplikasi iOS, yang telah diunduh sebanyak lebih dari 15 juta kali. Untuk bisa menjalankan aplikasi bajakan atau yang tidak tersedia di Apple, Inc App Store, pada umumnya pengguna iOS melakukan aktivitas iOS jailbreaking
Sistem iOS diturunkan dari Mac OS X, yang oleh karenanya memiliki ciri sebagaimana sistem operasi Unix. Antarmuka iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung dengan gerakan multi-sentuh. Respon iOS atas input pengguna bersifat langsung dengan antarmuka yang mengalir halus.

Source: wikipedia indonesia

By, Patmin Puja Kesuma

Iphone

Iphone  Bukan sebuah tablet PC, melainkan salah satu merk ponsel buatan Apple Inc. Fiturnya hampir sama dengan ponsel biasa, Namun lebih canggih karena sudah didukung fitur multimedia, web, dan fitur-fitur yang biasanya terdapat pada PC atau Komputer. Iphone menggunakan sistem operasi iOS.

By, Patmin Puja Kesuma

Ipad

Ipad adalah sebuah merk tablet PC. Ipad diproduksi oleh perusahaan Apple inc. Ipad menggunakan sistem operasi iOS. Salah satu tablet PC yang mirip Ipad adalah Samsung Galaxy Tab tetapi menggunakan sistem Operasi Android.

By, Patmin Puja Kesuma

Tablet (Tablet PC)

Tablet (Tablet PC)
Tablet atau biasa juga disebut Tablet PC adalah sebuah komputer yang dibuat / dirancang mini yang portable, didesain supaya lebih praktis dalam penggunaanya. Fitur pada tablet PC hampir sama dengan PC / komputer biasa. Yang menjadi perbedaan sangat mencolok antara PC / Komputer biasa adalah pada Tablet PC memiliki layar sentuh dan tidak terdapat keybord. Sebenarnya Tablet PC tidak didesain untuk Telpon atau SMS. Karena sesuai namanya, tablet PC hanyalah wujud mini dari sebuah PC atau komputer. Tetapi ada beberapa tablet PC merk tertentu yang bisa digunakan untuk telpon atau SMS. Bagi para pemilik Tablet PC merk tertentu yang tidak bisa Telpon bisa diakali dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Misalnya dengan menginstal “skype”, jadi kita bisa nelpon dari tablet PC biasa.

By, Patmin Puja Kesuma