Jumat, 27 April 2012

Silsilah PCLinuxOS

RedHat
Red Hat Linux (RHL), buatan perusahaan Red Hat, Inc., adalah sistem operasi Linux yang populer sampai produksinya dihentikan pada tahun 2004. Red Hat Linux 1.0 ini dirilis pada 3 November 1994. Awalnya disebut "Red Hat Commercial Linux" merupakan distro linux pertama yang menggunakan sistem RPM Package Manager, yang kemudian diikuti beberapa distro lain, seperti Mandriva Linux dan SUSE Linux. Sejak 2003, Red Hat telah menghentikan produksi Red Hat Linux namun mengeluarkan Red Hat Enterprise Linux (RHEL) untuk lingkungan perusahaan (tidak gratis), serta Fedora (yang dikembangkan oleh masyarakat dengan dukungan Fedora Project dan disponsori oleh Red Hat) sebagai versi gratis bagi lingkungan rumahan. Red Hat Linux 9, rilis terakhir, secara resmi diakhiri pada 30 April 2004, meskipun dukungan masih diberikan oleh proyek Fedora Legacy sampai awal 2007.

Mandriva
Mandriva Linux (dahulu dikenal dengan nama Mandrakelinux atau Mandrake Linux) adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenal dengan nama Mandrakesoft) Dari awal hingga versi 8.0, Mandrake menamai produk utamanya dengan Linux Mandrake. Sedang versi 8.1 sampai 9.2 dinamai Mandrake Linux Pada bulan Februari 2004, Mandrakesoft kalah dalam suatu kasus di pengadilan terhadap Hearst Corporation, pemilik King Features Syndicate. Hearst menuduh MandrakeSoft melanggar hak cipta karakter King Features bernama 'Mandrake the Magician'. Sebagai tindakan pencegahan, Mandrakesoft mengganti nama produknya dengan menghilangkan spasi antara merek dan nama produk serta mengubah huruf pertama dari nama produk menjadi huruf kecil, sehingga menjadi satu kata. Mulai dari versi 10.0, Mandrake Linux dikenal sebagai Mandrakelinux, demikian pula logonya. Pada bulan April 2005 Mandrakesoft mengakuisisi Conectiva, sebuah perusahaan Brasil yang menghasilkan distribusi linux berbahasa Portugis (Brasil) dan Spanyol di Amerika Latin. Akibat akuisisi ini dan sengketa hukum dengan Hearst Corporation, Mandrakesoft mengumumkan nama perusahaan menjadi Mandriva, dan bahwa Mandriva Linux akan menjadi nama baru bagi produk-produknya.

PCLinuxOS
PCLinuxOS, sering disingkat sebagai PCLOS, adalah sebuah sistem operasi desktop. Ini adalah sebuah sistem operasi bebas untuk komputer pribadi yang bertujuan untuk memudahkan penggunaan.

PCLinuxOS dimulai dari satu set paket RPM yang dibuat untuk meningkatkan versi-versi Linux Mandrake (sekarang Mandriva Linux). Paket-paket ini diciptakan oleh Bill Reynolds, packager (pembuat paket) yang lebih dikenal sebagai Texstar. Dari tahun 2000 hingga 2003, Texstar mengelola repositori dari paket RPM secara paralel dengan situs web PCLinuxOnline
. Dalam sebuah wawancara, Reynolds berkata bahwa beliau memulai PCLinuxOS "untuk menyediakan jalan keluar untuk menyalurkan keinginan gila(nya) dalam membuat paket kode sumber (source code) tanpa harus berurusan dengan ego, kesombongan dan politik."

Pada tahun 2003 Texstar membuat turunan dari Linux Mandrake 9,2 (yang diluncurkan pada bulan Oktober 2003). Setelah bekerjasama dalam proyek Live CD Mandrake, Texstar mengembangkan secara mandiri turunan tersebut menjadi distribusi penuh. Awal rilis dinomori berturut-turut sebagai "pra pertunjukan" (preview) yaitu p5, p7, P8 hingga p81a, kemudian P9, p91, p92, dan p93.

Tahun 2007, dengan munculnya PCLinuxOS 2007, PCLinuxOS mengganti basisnya ke Mandriva Linux 2007. Ini berarti perubahan ke arah kode program yang lebih modern sehingga versi ini memerlukan perombakan menyeluruh. Versi baru ini menampilkan tampilan baru, dan efek 3D di dalamnya. Sebuah logo baru juga telah dirancang, dan digabungkan di layar boot. Layar login yang baru juga dirancang, berjudul "Dark" (gelap). PCLinuxOS 2007 ini dirilis pada 21 Mei 2007.

Tahun 2008 dirilis PCLinuxOS MiniMe 2008. MiniMe adalah sebuah "Live & Install" CD minimal untuk pengguna berpengalaman yang ingin menambahkan sendiri pilihan paket. PCLinuxOS 2008 edisi "MiniMe" dirilis pada 07 Januari 2008.

PCLinuxOS Gnome 2008, sebuah edisi remaster oleh komunitas PCLinuxOS yang menggunakan desktop GNOME 2.21.2 (dengan penampilan yang mirip dengan Microsoft Windows Vista), telah diluncurkan pada tanggal 21 Maret 2008, dan saat ini dapat diunduh dari linuxgator.org
meskipun tidak didukung dalam forum resmi atau saluran irc.

PCLinuxOS didistribusikan sebagai Live CD, yang juga dapat diinstal ke hard disk drive lokal. Ketika digunakan sebagai Live CD, dapat bekerja dengan USB flash drive, dimana konfigurasi dan data pribadi pengguna disimpan. Seluruh CD dapat disalin ke dan dijalankan dari memori (jika sistem mempunyai cukup RAM) untuk meningkatkan kecepatan. PCLinuxOS menggunakan Advanced Packaging Tool (atau APT), sebuah sistem manajemen paket (asalnya dari distribusi Debian), bersama dengan Synaptic Paket Manager, sisimuka GUI untuk APT, untuk menambahkan, menghapus atau memperbarui paket. Jika ada cukup memori pada komputer dan koneksi jaringan, Live CD dapat memperbarui paket. PCLinuxOS juga didesain agar mudah untuk remaster setelah instalasi, membuat satu CD personalisasi sendiri, menggunakan alat mklivecd. Live USB dari PCLinuxOS dapat dibuat secara manual atau dengan UNetbootin

Walaupun serupa dalam "tampilan dan nuansa" dengan Mandriva Linux, PCLinuxOS telah menyimpang secara signifikan. Kode-kodenya secara resmi diambil dari Mandrake 9.2 lalu dikembangkan dalam proyek independen pada tahun 2003. Setelah tiga tahun dikembangkan berdampingan, para pengembang mengambil keunggulan dalam pengembangan lebih lanjut dari Mandriva (nama baru Mandrake), dan dikembangkan tersendiri lagi di akhir 2006 untuk PCLinuxOS 2007.

PCLinuxOS mengelola sendiri repositori perangkat lunak, yang tersedia melalui Advanced Packaging Tool (APT) dan sisimuka Synaptic, sepenuhnya menggantikan urpmi milik Mandriva. Ini berarti bahwa instalasi dapat terus diperbarui ke paket-paket versi terbaru, tanpa perlu untuk melakukan instalasi ulang atas seluruh distribusi setiap ada rilis baru. Pada rilis sebelum 2007, adakalanya perlu melakukan instalasi ulang.

Perbedaan lainnya termasuk pengaturan menu sendiri, grafis, dan kumpulan ikon.

PCLinuxOS menekankan sasarannya pada komputer desktop, terutama untuk lingkungan rumahan dan usaha kecil, maka kurang memperhatikan penggunaan "tradisional" lainnya, seperti server (walaupun paket-paket untuk sebagian besar tugas server tersedia).

Ada beberapa proyek-proyek yang terkait dengan PCLinuxOS. Oleh karena dalam PCLOS termasuk mklivecd script, ada beberapa distribusi linux pihak ketiga yang berbasis PCLOS. Beberapa meliputi:
- versi dengan Enlightenment

adalah publikasi masyarakat bebas yang difokuskan pada pengguna PCLinuxOS oleh MyPCLinuxOS.com. Publikasi online ini dimulai pada bulan September 2006 oleh sekelompok pengguna PCLOS yang berpengalaman di sektor publikasi. Semua isi penerbitan dirangkum dari basis pengguna PCLOS.

From: wikipedia

Semoga bermanfaat

By, Patmin Puja Kesuma

Susunan Direktori Penting di Linux

Direktori adalah komponen yang berisi satu berkas atau lebih, atau satu direktori lainnya atau lebih, yang disebut dengan subdirektori. Struktur direktori di Linux adalah hierarkis, atau sering juga disebut sebagai pohon direktori. Level tertinggi pada direktori root (/) sedang yang lainnya dianggap sebagai berkas termasuk hard disk, partisi dan removable media. Sedankan direktori user berada di bawaah direktori /home. Berikut adalah daftar direktori penting yang berada di derektori root (/)
  1.  (direktori root, di mana semuanya dimulai)
  2. /bin (Berisi binari (program) yang harus ada untuk sistem untuk boot dan menjalankan, seperti perintah ps, ls, ping, grep, cp)
  3. /boot (Berisi kernel Linux, RAM disk image awal (untuk driver yang diperlukan pada saat boot), dan boot loader. Menarik file:
    * / boot / grub / grub.conf atau menu.lst, yang digunakan untuk
    mengkonfigurasi boot loader
    *  / boot / vmlinuz, kernel Linux)tempat penyimpanan berkas yang di perlukan untuk mem-boot komputer
  4. /dev (direktori khusus yang berisi node perangkat. "Segala sesuatu adalah file" juga berlaku perangkat terminal, usb, atau perangkat yang melekat pada sistem.Contoh : /dev/tty1, /dev/usbmon0)
  5. /etc (Direktori / etc berisi semua seluruh sistem file konfigurasi. Hal ini juga berisi kumpulan shell
    script yang memulai setiap layanan sistem pada saat boot.
    Segala sesuatu dalam direktori ini harus teks yang dapat dibaca. Contoh : /etc/resolv.conf, /etc/logrotate.conf)
  6. /home (Direktori khusus buat pengguna, berisi aplikasi dan berkas serta konfigurasi pengguna (user), setiap pengguna diberikan sebuah direktori / home. Pengguna biasa dapat menulis file hanya dalam direktori mereka (/home). Keterbatasan ini melindungi sistem dari bermasalah aktivitas pengguna.)
  7. /initrd (merupakan root sementara yang di eksekusi pada saat booting sebelum berpindah ke root asli, isinya beberapa aplikasi dan perintah dasar yang diperlukan untuk booting. karena initrd merupakan root sementara maka isi file initrd mirip dengan / pada sistem asli)
  8. /lib (Direktory berisi file shared library yang digunakan oleh sistem inti. program. Ini mirip dengan DLL pada Windows)
  9. /lost+found (Setiap partisi diformat atau perangkat menggunakan filesystem Linux, seperti ext3, akan memiliki direktori ini. Hal ini digunakan dalam hal sebagian pemulihan dari filesystem corruption. Kecuali sesuatu yang sangat buruk telah terjadi ke sistem Anda, direktori ini akan tetap kosong)
  10. /media (Derektori yang berisikan mount point untuk media removable seperti sebagai USB drive, CD-ROM, dll yang sudah terpasang secara otomatis pada saat Install)
  11. /mnt (Direktori yang berisi informasi device yang terpasang (mount) di dalam komputer)
  12. /opt: ( Direktory tempat ter-install-nya aplikasi tambahan dan dapat di akses oleh semua user. Hal ini terutama digunakan untuk menyimpan produk perangkat lunak komersial yang dapat diinstal pada sistem Anda)
  13. /proc (direktori yang menanganin porses yang sedang berjalan. Berisi informasi tentang proses sistem baik itu filesystem virtual dengan informasi teks tentang sumber daya sistem maupun berisi informasi tentang menjalankan proses.Contoh : /proc/{pid}, /proc/uptime)
  14. /root (Ini adalah direktori home untuk account root. Direktori ini hanya dapat diakses oleh user root atau super administrator. Direktori / tidak sama dengan /root. Jadi harus diperhatikan dalam penulisannya)
  15. /sbin berisi berkas binari penting  yang umumnya dicadangkan untuk superuser, memuat perintah-perintah yang digunakan oleh super user seperti arp, halt, shutdown, route, swapon, iptables, reboot, fdisk, ifconfig
  16. /srv: berisikan file-file service yang dibutuhkan oleh sebuah server.Contoh : /srv/cvs, /srv/www, /srv/ftp
  17. /swap: sebagai tambahan memori ketika RAM tidak mencukupi ketika sistem me-load suatu program
  18. /sys: mengandung informasi mengenai sistem
  19. /tmp (singkatan dari temporer adalah direktori yang disediakan ketika dibutuhkan ruang sementara dalam melakukan pekerjaan, contoh ketika melakukan proses burn cd maka image (file iso ) secara default dimasukkan ke direktori ini sebelum di burn ke cd, beberapa konfigurasi menyebabkan direktori ini harus dikosongkan setiap kali sistem reboot)
  20. /user (Direktori yang berisi aplikasi dan berkas serta konfigurasi pengguna (user)
  21. / usr / bin (Direktori berisi program executable terinstal dengan distribusi Linux Anda. Hal ini untuk menampung ribuan program)
  22. / usr / lib (shared library ini untuk program di / usr / bin)
  23. / usr / local (Direktori di mana program yang tidak disertakan dengan distribusi Anda tetapi dimaksudkan untuk seluruh sistem penggunaan diinstal. Program disusun dari kode sumber biasanya dipasang di / usr / local / bin. Pada sistem Linux yang baru diinstal direktori ini ada tetapi akan kosong sampai administrator sistem menempatkan sesuatu di dalamnya.
  24. / usr / sbin (Berisi program sistem administrasi lanjutan)
  25. / usr / share (Derektori berisi semua data bersama yang digunakan oleh program di / usr / bin. Ini termasuk hal-hal seperti standar file konfigurasi, ikon, latar belakang layar, suara file, dll)
  26. / usr / share / doc (Kebanyakan paket diinstal pada sistem akan mencakup beberapa jenis dokumentasi. Di / usr / share / doc, kita akan menemukan file dokumentasi yang diselenggarakan oleh paket)
  27. var (merupakan kependekan dari Variable Files. berisi berkas log dan database. berisikan file-file log sistem (/var/log), paket dan file database (/var/lib), email (/var /mail), print queues (/var/spool), lock files (/var/lock), temporary file yang dibutuhkan saat reboot (/var/tmp), dll)
  28. / var / log (berisi file log, catatan dari berbagai sistem kegiatan. Ini sangat penting dan harus dipantau dari waktu ke waktu. Yang paling berguna adalah / var / log / messages. Perhatikan bahwa untuk alasan keamanan pada beberapa sistem, Anda harus menjadi superuser untuk melihat file log.
Demikianlah drektori penting pada PCLinuxOS dan Linux pada umumnya, semoga bermanfaat

By, Patmin Puja Kesuma