Minggu, 04 Maret 2012

Meng-copy file via Konsole

PCLinuxOS khususnya dan Linux pada umumnya mempunyai perintah untuk meng-copy file yang mirip dengan Windows (DOS) yakni cp. cp adalah kependekan dari copy. Cara pemakaiannya juga mirip. Kalu kita selidiki sebenernya masih banyak lagi perintah - perintah DOS yang diambil dari perintah - perintah UNIX.

Cara menggunakan perintah cp untuk meng-copy file adalah sebagai berikut:
Saya contohkan saya mempunya file dengan naman wine di folder root, maka jika saya ingin meng-copy file wine ke directory (folder) yang sama dengan nama wine.new, perintahnya adalah cp wine wine.new perhatikan gambar dibawah ini

Perintah cp memiliki banak option perintah yang dapat Anda pelajari dari dari manual yang disediakan. Selain untuk meng-copy file cp juga bisa untuk meng-copy directory dan seluruh file yang ada didalamnya.

Semoga bermanfaat

By, Patmin Puja Kesuma

Melihat Jam atau Calender via Konsol

Anda dapat memanfaatkan Konsole untuk mengakses jam atau tanggal. Konsole dapat menampilakan kalender dari tahun 1 sampe tahun 9999. Untuk bisa mengakses jam atau tanggal Anda cukup mengetikkan perintahnya kemudian pencet tombol Enter. Oke silahkan Anda coba perintah perintah dibawah ini:

Perintah untuk mengakses hari, bulan, tanggal dan jam,  adalah: date

Perintah untuk mengakses Calender bulan ini adalah: cal

Perintah untuk mengakses Calender (misalnya) 17 agustus 1945 adalah cal 17 8 1945

Perintah untuk mengakses Calender pada tahun ini adalah cal 12

Semoga bermanfaat

By, Patmin Puja Kesuma

Menampilkan File Booting Grub dan LILO

Anda dapat menampilkan file booting Grub dan LILO dengan cara  buka konsol dan ketik: ls /boot/ <Enter> seperti ini hasilnya
Semoga bermanfaat

By, Patmin Puja Kesuma