Minggu, 26 Juni 2011

Virus yang menyerang Hp

Hati-hati menggunakan HP. Saat ini bukan hanya PC atau Laptop saja yang bisa terserang oleh virus, tapi hp juga dapat terserang oleh virus, melalui sms, atau online dari hp, ada beberapa virus berbahaya untuk hp antara lain :
  1. Cabir, adalah virus ponsel yang menyebar melalui MMS dan Bluetooth. Cabir sebenarnya tidak membahayakan ponsel secara langsung, namun yang harus diwaspadai adalah virus ini akan selalu mencoba mendeteksi perangkat lain untuk diinfeksi. Hebatnya, ia mampu menurunkan ketahanan baterai.
  2. CommWarrior, adalah virus kedua dengan metode penyebaran seperti Cabir. Hanya saja, ia mampu menghapus seluruh data.
  3. Skulls. Virus ini bisa tak sengaja diinstal oleh pengguna. Begitu terinstal, Skulls akan mengubah semua ikon yang ada pada perangkat mobile dengan gambar tengkorak dan dua tulang bersilangan. Selain itu, semua fitur ponsel seperti buku telepon, SMS dan media player menjadi mati.
  4. CardTrap;  yang menyebar dengan cara hampir sama dengan Skulls. CardTrap mampu mengganti aplikasi ponsel. Contohnya saja, mengganti data buku telepon dengan salinan corrupt. Namun, virus ini takkan lama bertahan jika pengguna melakukan reboot ponsel. Tapi virus ini akan meninggalkan installer bagi Skulls, CommWarrior dan Cabir dalam perangkat yang terinfeksi. Serta ikut meluluhlantakkan komputer dengan meninggalkan virus Windows dalam kartu memori, sehingga saat kartu memori terhubung dengan komputer, maka terinfeksilah komputer tersebut.
  5. Doomed. Virus ini menon-aktifkan beberapa aplikasi dan mencoba mencegah ponsel melakukan restart. Namun terkadang, virus ini juga membuat ponsel ber-Bluetooth yang berdekatan melakukan restart secara otomatis.
  6. Locknut; Locknut atau SymbOS.Locknut merupakan Trojan yang menggunakan backdoor dalam sistem Symbian S60. Virus ini dapat mengubah data binary (file ekstensi .bin) dalam ROM handphone dari sistem, dan menyebabkan sistem operasi handphone berhenti dan lama-kelamaan handphone akan terkunci secara total.
  7. Fontal; Jika Locknut mengunci handphone secara bertahap, maka Fontal akan mengunci handphone sejak pertama kali dinyalakan.
  8. RommWar; RommWar mempunyai nama alias: theme.sis, xxx.sis, Britney_.sis. Jika virus ini ter-install di ponsel maka layar akan menampilkan pesan: “Install Stoper by WarriorMarrior? RommWar terdiri dari 4 varian yakni A,B,C dan D yang kesemuanya memiliki fungsi menyebabkan handphone tidak dapat melakukkan booting, sering restart sendiri, mematikan fungsi tombol power, dan mencegah handphone untuk menyala saat dinyalakan.
  9. DoomBoot; Doomboot termasuk jenis Trojan. Varian virus ini sangat banyak misalnya: Doomboot A, C, L, F, G, dan P. Doomboot A membuat file corrupted, dan setelah menjangkiti suatu file, ia akan menempatkan virus lain seperti CommWarrior.B ke dalam handphone. File yang rusak akan mencegah handphone untuk menjalankan rebooting. Selain itu, virus ini juga menyebabkan baterai akan cepat habis karena terus menerus menggunakan koneksi bluetooth. Adapun nama aliasnya adalah Doom_2_wad_kracked_by_DFT_S60_v.1.0.sis (menyamar sebagai mobile games Doom 2), exoVirusStopv2.13.19 (menyamar sebagai program antivirus)
  10. CardTrap; Virus handphone ini akan menaruh 2 file virus ke dalam memory card handphone. Banyak varian telah ditemukan, seperti CardTrap P, Q, R, S hingga alphabets ganda seperti CardTrap AA, AG, AJ, dll. Cardtrap merusak sistem dengan mematikan beberapa aplikasi penting, terutama aplikasi antivirus. Jika memory card yang terkena virus ini dihubungkan ke PC, maka CardTrap akan menanam dirinya sendiri ke PC tsb dan menyebarkan diri.
  11. PBStealer; Virus yang mempunyai nama alias ChattingYuk.sis, PBCompressor.sis ini merupakan virus handphone buatan Indonesia. Virus ini akan mengcopy data contacs, to-do list, notes, dll kedalam format .txt dan kemudian akan disebarkan ke handphone lain melalui bluetooth.
  12. AppDisabler; Virus ini dapat dikaategorikan virus handphone paling berbahaya karena menggabungkan beberapa jenis virus sekaligus.
  13. PBStealer; PBStealer merupakan salah satu virus ponsel yang dibuat oleh orang Indonesia.(walaupun bukan jadi virus pertama yang muncul tp harusna bangga donk). PBStealer memiliki alias SymbOS/Pbstealer (Symantec), merupakan Trojan yang menyerupai aplikasi untuk mengumpulkan kontak yang terdapat dalam phonebook Anda dan selanjutnya akan menyimpannya dalam bentuk file teks (*.txt). Sekilas hal tersebut tak berbahaya. Namun langkah yang dilakukan PBStealer selanjutnyalah yang membuat Anda harus waspada. PBStealer selanjutnya akan mengirimkan file txt tersebut ke ponsel lain lewat koneksi Bluetooth. PBStealer telah mengalami banyak varian baru diantaranya adalah PBStealer D, salah satu varian PBStealer juga dapat mengkompi dan mengirimkan file berisi kontak, to do list, database dan notepad. PBStealer D menyebarkan diri dengan cara mengirimkan 2 file aplikasi berekstensi SIS yaitu ChattingYuk.SIS dan PBCompressor.SIS melalui koneksi Bluetooth.
  14. Virus beseko; Virus ini menyebar di handphone dengan nama file : sex.mp3, love.rm dan beauty.jpg, kebanyakan kasus sih lewat via bluetooth, File ini akan mengcopy file dengannama acak di c:\system\apps, c: \system\recogs\, e:\system\apps \ dan e:\system\recogs\ dengan nama sama. bila di system\apps\ file tersebut berakhiran .exe dan .sis, sedangkan di system \recogs\ berakhiran .mdl
Copas From: Dunia Komputer
Semoga Bermanfaat

***