Senin, 13 Juni 2011

Mikrokontroller

Mikrokontroller adalah  suatu terobosan teknologi mikroprosesor dan mikrokomputer terbaru yang hadir memenuhi kebutuhan pasar ( market needed ). Sebagai teknologi terbaru dengan teknologi semikonduktor yang mengandung transistor yang lebih banyak namun hanya membutuhkan ruang kecil sebagai wadah penempatannya dan dapat diproduksi secara massal sehingga harganya lebih murah dan dapat terjangkau oleh hampir seluruh kalangan masyarakat. Oleh karena itu mikrokontroller sangat cocok diterapkan untuk mengontrol berbagai peralatan-peralatan yang lebih canggih  dibandingkan dengan komputer PC, karena effektivitas dan kefleksibelannya yang tinggi. Sebagai contoh penerapan mikrokontroler pada umumnya adalah aplikasi mesin tiket dalam arena permainan(game), aplikasi dalam pengukuran jarak jauh, aplikasi mainan anak-anak dan lain sebagainya, berdasarkan contoh-contoh aplikasi tersebut penulis sangat tertarik menggunakan mikrokontroller sebagai peralatan utama dalam pembuatan alat pengontrol pada proyek akhir ini pada umumnya ,dan mikrokontroller AT89S51 pada khususnya, karena hanya dengan menambahkan beberapa komponen luar, mikrokontroller sudah dapat bekerja sesuai dengan program yang diberikan padanya. Mikrokontroller AT89S51 merupakan salah satu mikrokontroller keluaran dari ATMEL dengan kapasitas 4 Kbyte Flash PEROM ( Programmable And Erasable Read Only Memory ). AT89S51 menggunakan teknologi non-volatil memori, memori tersebut dapat deprogram dan dihapus berulang-ulang sampai kurang lebih seribu kali. Memori ini bisa digunakan untuk menyimpam instruksi ( perintah ) berstandar MCS-51 code sehingga memungkinkan mikrokontroler ini  Bekerja dalam modil single cjip operation ( mode operasi keping tunggal ) yang tidak memerlukan external memory ( memori luar ) untuk menyimpan source code tersebut.

Symbian

Symbian adalah Sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. Yang dirancang untuk peralatan bergerak (mobile). Versi Symbian yang terbaru adalah Symbian OS v.5s. sedangkan ponsel yang paling banyak beredar saat ini menggunakan Symbian OS v.6. 1s, v7.Os, RV 47 75, v8.OS, dan v9.1s.

***

MPEG4

MPEG4 adalah Sebuah nama dari sebuah grup coding standard audio dan video dan teknolagi yang berhubungan yang disetujui oleh Moving Picture Experts Grup (MPEG) ISO/IEC. Kegunaan utama bagi standard MPEG-4 adalah Internet (Standard media) dan CD, videophon, dan televisi. MPEG-4 menyerap bamyak pungsi dari MPEG-1 dan MPEG-2 dan standard lainnya, menambah fungsi baru seperti dukungan VRML (extended) untuk peredaran 3D, file komposit berorientasi objek . (termasuk audio, video dan VRML), dukungan spesifikasi-luar manajemen Hak Cipta Digital dan banyak interaktivitas lainnya. Format MPEG-4 sangat tepat unuk mengecilkan format video yang besar, sperti, avi atau .vob, karena konsep dasar dari kompresi MPEG-4 adalah mengompres file ketika menyinpan video. Lalu ketika video tersebut diputar, codec MPEG-4 akan mengembangkan lagi ukuran file ini. Jadi tingkat penurunan kualitas video maupun audio menjadi sangat minimal dengan ukuran kompresi file yang maksimal.

***

Android

Android adalah sistem aplikasi untuk ponsel yang berbasiskan Linux. Androit menyediakan platform terbuka bagi pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam-macam mobile device. Awalnya Goole inc. membeli Android inc. Pendatang baru yang membuat software untuk ponsel. Terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama adalah distributor yang mendapat dukungan penuh dari Goole atau Google Mail Service (GMS) dan kedua adalah yang benar-benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebangai Open Handset Distribution (OHD)

Kerusakan DiSEqC Switch LNB

DiSEqC (Digital Satellite Equipment Control) Switch LNB. Adalah komponen switch yang menggunakan system mikrokontrolel sebagai pengendalinya. DiSEqC ini bisa membantu dalam pemasangan parabola dengan LNB lebih dari satu buah, dengan DiSEqC kamu bisa memempatkan beberapa buah LNB dalam 1 disk sehingga receiver kamu bisa menerima sinyal dari beberapa satelit. DiSEqC ini akan bekerja menurut perintah program receiver kamu. Namun kamu harus hati-hati terhadap DiSEqC ini karna mudah rusak. Sering orang minta pasangkan parabola tapi sebelum tehnisi datang dia sudah coba-coba dulu memasangnya, setelah tidak ada hasil baru memanggil tehnisinya, nah yang seperti ini sering aku jumpai DiSEqC nya sudah rusak. Kerusakan disebabkan saat memasang/melepas kabel ke DiSEqC receivernya dalam keadaan on 

Contoh bagian dalam DiSEqC Switch LNB yang rusak, yang dilingkar merah adalah transistor yang hangus
Bentuk/wujud DiSEqC Switch 2 LNB

Bentuk/wujud DiSEqC Switch 4 LNB


Semoga ada manfaatnya

***