Jumat, 27 Mei 2011

TV hanya bisa standby

Jika kamu menjumpai TV di on-kan tapi tidak mau nyala melainkan hanya bisa standby saja maka lakukanlah langkah-langkah yang seperti aku lakukan jika mengangani kasus seperti ini, mudah-mudahan masalah bisa teratasi. Sebernernya TV itu pada dasarnya hampir sama, jika kamu menjumpai kasus seperti ini maka itu biasanya karna ada beban berat pada power supply, umumnya beban berat atau beban lebihi ini ditimbulkan karna ada kerusakan pada bagian horizontalnya atau pada bagian vertikalnya juga bagian audio dan lainnya. Langkah-langkah penanganannya adalah sebagai berikut:

1. Lepaskan beban horizontalnya dengan memutuskan tegangan B+, kemudian nyalakan TV dan amati indikator led nya (ada perbedaan antara standby dengan normal) di sebagian TV kamu bisa melihat layar dan ada tampilan garis vertikal. Jika masih standby maka sambungkan kembali B+ nya dan lanjutkan langkah yang kedua. Namun jika ternyata tidak standby berati krusakan ada pada bagian ini. Lakukanlah pengecekan-pengecekan pada komponen sebagai berikut:
  • Cek komponen diode, elco dan kapasitor  untuk B+ nya mungkin saja short, untuk komponen ini hati-hati kadang ada yang di tes bagus tapi pada saat dilalui arus/tegangan akan short.
  • Cek HOT (Horizonta Ouput Transistor) mungkin saja short. Jika kamu mengganti HOT aku ingatkan sebelum kamu menyalakan TV pastikan dulu bahwa kapasitor resonansi nya benar-benar dalam keadaan bagus, karna rusaknya kapasitor resonansi ini (nilainya mengecil atau bahkan nol) bisa menyebabkan HOT  rusak/short dalam hitungan detik.lihat disini
  • Cek FBT (Fly Back Transformer) mungkin bangian primernya short ke GND, cek juga bagian skundernya bisa juga short ke GND, cek juga komponen yang berhubung dengan lilitan skunder barangkali short


2. Lepaskan beban vertikalnya dengan memutuskan tegangan yang menuju ke IC vertikal, kemudian nyalakan TV dan amati indikator led nya (ada perbedaan antara standby dengan normal) di sebagian TV kamu bisa melihat layar dan ada tampilan garis horizontal. Jika masih standby maka sambungkan kembali jalur tengangan vertikal nya dan lanjutkan langkah yang ketiga. Namun jika ternyata tidak standby berati krusakan ada pada bagian ini. Lakukanlah pengecekan-pengecekan pada komponen sebagai berikut:
  • Cek komponen diode, elco dan kapasitor  untuk tegangan vertikal nya mungkin saja short, untuk komponen ini hati-hati kadang ada yang di tes bagus tapi pada saat dilalui arus/tegangan akan short.
  • Cek IC vertikalnya mungkin saja IC ini yang short.


3. Cek ouput power supply selain B+ dan vertikal yakni ke audio dan ke IC Chorma dan juga IC program, cek dioda, elco dan kapasitornya sama seperti waktu ngecek dibagian horizontal dan vertikal tadi, lanjutkan juga sampai ke IC atau TR regulator untuk IC Program dan IC Chroma. segera lakukan panggantian komponen jika ditemui komponen yang short, namun jika baik-baik saja lanjutkan kelangkah berikutnya.

4. Cek juga komponen bagian umpan balik (feetback) power supply nya. disitu ada komponen resistor, capasitor, elco, dioda zener, transistor dan optocoupler yang rawan terhadap kerusakan, dan jika bagian ini tidak bekerja maka bisa menyebabkan TV mati, standby, bahkan transistor/STR nya bisa rusak/short.

Demikian langkah-langkah yang aku lakukan dalam menangaini kerusakan TV hanya bisa stanby. Jika langkah-langkah tersebut sudah di jalankan dan komponen semua dipastikan tidak ada yang short dan tegangan semua bagian normal, maka biasanya aku memutuskan IC nya yg yang rusak (khususnya IC Program) karna dari IC ini pengontrol/program TV tersebut dijalankan termasuk juga mati, hidup dan stanby.

Semoga bermanfaat, jika ada kesalahan dan kekurangannya mohon dibenarkan melaui komentar kamu. terimakasih

***