Selasa, 10 Mei 2011

Rangkaian Pembalik Fasa dengan Transistor

Rangkaian Pembalik Fasa adalah suatu rangkaian yang dapat merubah fasa dari sinyal input, misalnya fasa sinyal input adalah positive makan sinyal outputnya akan ber-fasa negative, begitu juga sebaliknya. Rangkain pembalik fasa ini diperlukan untuk rangkaian Amplifier model Push-Pull (Balance) atau sistem BTL (Bredge Tie Load).

1 Rangkaian Pembalik Fasa dengan 1 Transistor
Rangkaian Pemmbalik Fasa dengan 1Transistor ini pada prisipnya adalah sinya output yang dihasilkan oleh kolektor adalah sinyal yang berlawanan dengan sinyal inputnya, sedangkan sinyal output yang dihasilkan oleh emitor adalah sinyal yang fasanya sama dengan sinyal inputnya. Jika R3 dan R4 nilainya dibuat sama maka diperoleh output yang hampir seimbang. Perlu penambaha R pada bagian outputnya sebelum masuk ke input Amplifiernya agar didapat sinyal yang stabil dan mantap. Perhatikan gambar sekema/rangkaian pembalik fasa 1 transistor dibawah ini:
Jika R3 dan R4 di beri nilai yang sama, maka sinyal output pun hampir sama. Kamu harus memberi tahanan pada output pembalik fasa ini supaya lebih setabil setelah dihubungkan ke Amplifier..

***

Modul Digital Player

Dengan Modul Digital Player ini kamu bisa memainkan file MP3 dari drive USB yaitu Flashdisk dan juga dari Memory Card (SD/MMC). Jika Memory Card kamu tidak cocok dengan slot yang ada pada Digital Player ini kamu bisa memakai Card Reader. Selain bisa memutar MP3 kamu juga bisa mendengarkan Radio FM. Untuk pindah lagu atau chanel kamu tidak perlu repot harus mendekati Modul Digital Player ini karna modul ini sudah dilengkapi dengan Remote Control. Maaf ya temam-teman dan para pengunjung Blog ku, aku bukan Promosi tapi cuma sharing pengalamanku, siapa tau ada gunanya bagi teman-teman sekalian. Aku posting ini karna aku sudah beberapa kali dapat order dari pelanggan service ku dan langsung minta pasangkan pada Amplifer atau Speker Aktive nya. Lihat gambar Digital Player dibawah ini:

Modul 1
Modul 2
Cara penggunaanya juga cukup mudah, kamu tinggal beli Adaptor 12 Volt dan kabel Audio yang biasa digunakan pada PC/Leptop. Setelah Adaptor kamu pasang dan kabel audio juga sudah terpasang dan kamu hubungkan ke Amplifier atau Speker Aktive, kamu tinggal tekan tombol ON/OFF yang ada di belakang Modul ini, maka Digital Player akan nyala, kemudaian tamcapkan Flasdisk kamu ke slot USB yang ada maka otomatis MP3 akan dimainkan, putar volume Amplifier atau Speker Aktive kamu maka alunan musik akan terdengar.. Bagi teman-teman tehnisi mungkin jack DC dan kabel Audio bukan barang baru lagi , tapi bagi teman-teman yang bukan tehnisi mungkin belum begitu faham, nah jangan sampai nanti kalau beli modul lupa beli jack DC dan kabel Audio nya, sehingga sampai rumah bingung.. Untuk itu lihat gambar Jack DC dan kabel Audio dibawah ini

Ini gambar Jack DC
Ini gambar kabel Audio
Untuk menghemat dana aku tidak pakai adaptor tapi supply aku ambil dari catu daya Amplifier atau Speker Aktive tersebut, bagai mana caranya?? gini...  kamu cukup beli IC7812, kaki no 1 kamu sambungkan ke supply positive pada catu daya Amplifier atau Speker Aktive tersebut dan kaki no 2 nya kamu sambungkan ke Groud (GND), dan kaki no 3 nya  kamu sambungkan ke input DC12V pada modul menggunakan jack DC. 

Nah... demikanlah pengalamanku semoga ada manfaatnya...

***