Jumat, 29 April 2011

Pre-Amp Mic untuk LSB

Microphone adalah alat yang dapat merubah getaran suara menjadi getaran listrik, getaran listrik tersebut kemudian masuk kerangkaian penguat mic transistor kemudian diperkuat lagi ketingkat berikutnya setelah melalui proses filterisasi dan melalui volume kontrol, penguat tingkat kedua ini menggunaka IC Op-Amp, keluaran dari Op-Amp ini sudah memadai untuk momodulir Balance Modulator... Lihat sekematik rangkaian Pre-Amp Mic untuk LSB dibawah ini. Rangkaian ini yang saya pakai untuk di LSB bikinan saya sendiri..
Transistor menggunakan C945, C828 dll.. Mic nya pakai Mic Condensor..

***

Skema Amplifier OCL tipe NPN

Amplifier ini saya berinama Amplifier OCL tipe NPN karna pada bagian penguat akhir/final nya menggunakan tipe transistor NPN semuanya, tipe transistornya bisa memakai teransistor NPN yang cocok dan bisa bekerja pada frekwensi audio. untuk lebih jelasnya lihat dan pelajari saja gambar skematik dibawah ini





























***

Amplifier Klas A

Salah satu kerugian dari Amplifier klas A adalah, bahwa selalu terdapat/mengalir arus DC pada pin kolektor. Oleh karna itu dissipasi tenaga transistor tinggi, walaupun sedang tidak ada sinyal masuk yang akan diperkuat. Salah satu contoh Amplifier klas A adalah seperti gambar dibawah ini:
Kinerja Amplifier klas A tunggal ini hanya kira-kira 50%, selain itu mempunyai harmonis yang mengakibatkan cacat (distorsi) sampai 5%, distorsi tersebut disebabkan karena bagian nonlinier arus kolektor akan bertambah menurut bertambahnya arus basis pada bagian non-linier itu juga. Untuk penguatan tenaga yang cukup besar maka distorsi itu cukup jelas terdengar.

Amplifier Klas A Push-Pull (Balance)
Untuk memperoleh daya yang lebih besar dari klas A maka dapat di terapakan menggunakan sistem Push-Pull (Balance). Dengan menggunakan sistem ini mempunyai beberapa keuntungan, misalnya:
1. Dapat menghilankan distorsi
2. Dapat menghasilkan Output yang lebih besar
3. Dapat menghilangkan efek jenuh DC pada tranformator
Contoh rangkaian klas A Push-Pull (Balance) seperti di perlihatkan pada skematik gambar dibawah ini:

Dalam rangkaian tersebut sinyal input yang masuk kemasing - masing penguat itu sama besarnya dan berbeda fasa. Transformer yang di gunakan juga khusus untuk penguat Push-Pull, yaitu gulungan primernya terdiri dari dua bagian atas dan bawah yang keduanya mempunyai impedansi yang sama (tansformator center-tap). Gulungan sekundernya yang akan dihubungkan ke sepeker sama dengan transformer OT biasa.

Demikan sekilas mengenai Amplifier klas A dari catatan saya... semoga bermanfaat

***

Amplifier Mini

Amplifier ini banyak digunakan pada Radio-radio transistor, tape dan walkman. Prinsip kerja Amplifier ini jika ada sinyal masuk ke input masing-masing transistor, maka pada bagian outputnya akan mengalir arus AC yang berlawanan arahnya. Sinyal input untuk transistor dimasukkan ke input dalam hubungan parallel, sedangkan arus yang mengalir pada outputnya adalah hubungan push-pull. Sedangkan sepekernya dihubungkan dengan menggunakan kondensator kopling yang terdapat pada emitornya. Dalam hal ini Amplifier bekerja sebagai penguat penggiring emitor (emitter follower). Impedansi speker yanga digunakan dalan rangkaian ini cukup rendah seperti sepeker umumnya antara 4Ω - 8Ω - 16Ω. Lebih jelasnya lihat gambar rangkainnya dibawah ini...

***