Sabtu, 29 Oktober 2011

Memperbaiki TV LG Bagian II

Kali ini saya akan memberikan pengalaman saya dalam mengangani kerusakan TV dengan kerusakan Protect. Sebenernya udah lama ingin saya bagikan tapi berhubung banyak kerjaan maka baru kali ini saya posting. Kerusakan TV dengan gejala seperti ini sering saya jumpai pada beberapa merek TV dari yang merek terkemuka misalnya Samsung, LG, dll, juga TV Cina. Gejalanya klu TV di ON-kan maka akan protect atau stand-by. Pengecekan langsung ke B+ Horizontal nya ternyata teganngannya drop walaupun masih ada tegangannya, penelusuran saya lanjutkan kepada HOT (Horizontal Output Trasistor) saya cabut TR tersebut dan saya ukur ternyata TR nya masih oke, lanjut pada pengecekan lilitan primer FBT (Fly Back Transformer) ternyata short, tapi saya belum yakin klu FBT nya yang short maka saya cut jalur primer FBT tersebut sehingga tidak ada hubuntangan dengan komponen lainnya, kemudian saya ukur lagi,, lah... benerkan bukan FBT nya,,,?? lantas dimana letak short nya??? lanjut lagi pengecekan pada kompotnen di sekitar jalur C-HOT (Colector). Rupanya pada jalur itu yang short, setelah tak perhatikan kompotnen yang ada disitu,, ini biasanya komponen yang sering short adalah capasitor, dan disitu ada capasitor kecil bewarna biru atau kuning dengan ukuran antara 221p-2kv sampai 1nf-2kv. Maka langsung saya cabut capacitor bernilain 681p-2kv setelah saya ukur ternyata emang short. Kemudian saya sambung lagi jalur yang saya cut tadi dan saya pasang juga HOT yang saya lepas tadi, kemudian saya coba nyalakan TV tanpa capasitor 681p -2kv ternyata tv normal. Tapi buat keamanan saya ganti capasitor-nya, karna tidak ada nilai yang sama maka saya paralel capacitor nilai 471p denga capacitor 221p. Setelah selesai panggantian capacotor tersebut saya coba nyalakan TV dan ternyata normal, lansung saja saya tutup dan  kembalikan ketempatnya, colokkan kabel antena dan coba lagi ON-kan dan ternyata TV hidup normal. Alhamdulillah masalah terselesaikan,,,,


Semoga bermanfaat

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar