Senin, 10 Oktober 2011

Tip & Trik Install Windows: Install windows vista dan 7 melalui HDD external

Pengin share aja cara ini dimari ya... Kalo biasanya install windows dari CD & UFD, Cara Install Windows 7 melalui USB disini. Kali ini installnya dari HDD ext. Cara ini lebih gampang daripada install dari UFD, ga pake program tambahan segala, & pastinya lbh cepet pula. File2 di HDD ext pun ga usah di apus dulu (tp sebaiknya dibuat backup dulu lah, jaga-jaga aja). Langsung ajalah caranya, disini saya pakai contohnya DVD windows vista:
  1. Copy aja semua isi DVD installer windows ke dalam HDD ext. (copy ke root, jgn dimasukan ke folder)
  2. Setelah dicopy semua, rename file "bootmgr" di HDD ext jadi "ntldr" http://img593.imageshack.us/img593/7221/ntldrrrr.jpg
  3. Buka ctrl panel->administrative tools-> computer management->disk management, arahkan ke partisi HDD ext. klik kanan pilih "mark partition as active" (Pastikan HDD Ext tsb formatnya NTFS). http://img148.imageshack.us/img148/2313/partactv.jpg
  4. Restart komputer & masuk ke setup bios. (entah pake tombol DEL, F2, tergantung mobonya )
  5. Cari menu utk pengaturan boot seq, atur supaya first booting dari HDD ext, . http://img641.imageshack.us/img641/9198/biosboot.jpg. Habis itu di save & exit aja.
  6. Setelah itu komputer akan boot dr HDD ext. anda dan instalasi windows pun mulai.. http://img813.imageshack.us/img813/327/loados.jpg
  7. Install seperti biasa anda menginstall windows dari DVD.. http://img36.imageshack.us/img36/6628/winvistainstallclean005.jpg. Note: Jangan salah pas milih destination yak, pasti'in ke HDD yg di PC, bukan ke HDD external. kalau instalasi windows sudah minta restart, stlh restart, masuk ke bios utk rubah first boot nya dari HDD PC, jgn ke HDD ext lagi. HDD Externalnya jangan dicabut dulu.
  8. Instalasi pun akan berlanjut, tunggu aja. (Kalau misalkan instalasi windows menanyakan source, browse saja ke root HDD ext. nya)
  9. Lanjutkan instalasi sampai selesai, beres deh.
Selamat mencoba.... Sumber: http://www.indowebster.web.id 

Semoga bermanfaat

***