Sabtu, 14 Mei 2011

TV rusak gara-gara cicak

TV rusak gara-gara cicak ini bukan satu atau dua kali saja aku alami, tapi udah sering. Entah lewat mana cicak bisa masuk kedalam TV. Pada umumnya jika kerusakan disebabkan oleh cicak akan terdengar suara-suara yang mengerikan bagi pemilik TV, misalnya ledakakan, suara sessss.., dan suara treeet... dsb. Kalau sudah terdengar suara-suara itu maka tidak lama TV akan mati. Sering aku jumpai TV bisa rusak oleh cicak jika cicak tersebut berada di daerah tegangan tinggi, yakni di bagian Regulator Switching dan bagian Horizontal, jika cicak berada dibagian tersebut maka manakala TV dinyalakan cicak akan tersengat/kesetrum dan tubuh cicak itu akan menjadi penghantar arus listrik ke komponen yang lainnya sehingga jalannya arus tidak semestinya alias kacau, maka HOT atau Regulator bisa short seketika, kadang juga menyebabkan jalur PCB agus terbakar dan putus, pernah aku jumpai PCB sampai berlubang besar karna cicaknya terbakar dan PCB nya juga ikut terbakar. Pernah juga aku jumpai cicak sampai 10 ekor berserakan  didalam TV salah satu nya masih basah dan melekat antara kaki kolektor HOT dan komponen lainnnya dan menyebabkan HOT short, begitu cicak dibuang dan ganti HOT TV nyala normal. Pernah aku ngalami cicak yang melekat dibawah PCB pas di bagian socket yoke dan menyebabkan solderan socket jadi terbakar dan akhirnya longgar dan tidak nyambung, maka setelah aku semprot pakai tinner dan solder ulang TV bagus lagi. Masih banyak lagi pengalaman tentan kerusakan TV akibat cicak. Semoga dengan pengalaman aku ini, kamu-kamu bisa hati-hati jika meletakkan TV, carilah tempat yang aman, jangan terlalu mepet dengan dinding karna akan memper mudah cicak merambat ke TV.. jadi mulai sekarang kamu-kamu harus waspada jangan sampai  cicak menyusup ke TV kamu.

Perhatikan gambar di bawah ini ada cicak yang nyelip di bagian Regulator


Sekian semoga bermanfat.

By, Patmin Puja Kesuma

7 komentar:

  1. Sama cicak aja udah sedemikian, gimana kalau tokek bisa masuk TV ya .....

    BalasHapus
  2. Rahim: klu tokek malah jadi penunggu TV biar ga rusak rusak... wkwkwkw...

    BalasHapus
  3. Gundill Dobrak Acakacakan: makasih like nya...

    BalasHapus
  4. kadal lebih parah lagi mungkin ,apalagi komodo yang masuk...bayangkan aja...heemmm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komodo ga muat masuk tv gan,,, wkkkkk....

      Hapus
  5. cicak kesasar mantap garing

    BalasHapus
  6. Bang mau nanya, saya dapat servisan tv lg 21" slim, pertama matot, trus saya ganti tr horizontalnya tapi bukan dgn bawaannya (c6090) karena lagi gak ada stock, saya ganti pakai D1555. TV bisa nyala tapi umurnya satu hari saja dan sekarang matot lagi. Akhirnya mesin saya bawa ke bengkel saya, pas saya coba ke tabung di bengkel saya (bukan tabung slim) dan setelah mengganti tr hor na dgn c6090 nya eh malah belakang tabung saya yang kayak botol itu menyala semua< sinarnya berwarna biru muda juga heaternya ikut nyala. Cepat2 saya matikan tv nya. Bingung, gak pernah dpt kasus kayak gini. Bang itu kira2 kenapa ya?

    BalasHapus