Rabu, 20 April 2011

MEMBUAT AMPLIFIER BTL

Kalau Ampli jaman dulu kata master saya pakai IT dan OT. IT (Input Transformers) sebagai jembatan masukan pada Amplifier tersebut. OT (Output Transformers) sebagai jembatan output Amplifier tersebur ke speker nya. Rata-rata Ampli model ini banyak di gunakan pada jaman tabung, bukan jaman batu, hehehe...  setelah muncul Transistor maka Ampli model tersebut mulai ditinggalkan. Tapi saya perhatikan ada juga Model IT/OT yang diterapkan memakai transistor misalnya pada Amplifier jenis TOA yang sering dipakai  di Mesjid, mungkin itu diterapkan karna untuk mendapatkan output dengan inpedansi yang berpariasi dari 4Ω - 8Ω - 16Ω bahkan sampai ratusan Ω. Nah... klu udah liat inpedansi nya begitu kayaknya tidak bisa lah ya  kalau tanpa OT...
Kata master saya, setelah Transistor ditemukan dan para insinyur elektronika mulai ber-experiment maka mulailah ditemukan berbagai sistem Amplifier. Sistem Amplifier yang saya tau adalah:
OTL (Output Transformer Less) adalah sistem Amplifer dengan output tanpa trafo (IT/OT) namun menggunakan kapasitor
OCL (Output Capacitor Less) adalah sistem Amplifier dengan ouput tanpa trafo  (IT/OT) dan tanpa kapasitor
BTL (Bridge Tie Load) adalah sistem Amplifier dengan pengabungan dua buah Amplifier, bisa gabungan dari OTL atau gabungan dari OCL.  Rangkaian model ini banyak diterapkan juga yang pakai IC, contohnya IC TDA2030 dan lain-lainnya. dan suaranya memang lebih mantap dibanding dengan singel ended. Tapi jika menggunakan IC tentu dayanya sangat terbatas, nah untuk mempunya BTL dengan daya bersar kita bisa merakitnya sendiri. BTL ini terdiri dari Amplifier Stereo yang yang digabung dengan sebuah rangkaian OP AMP pada inputnya. Sinyal yang masuk pada rangkaian OP-AMP BTL  diolah sehingga keluarannya menjadi dua (dua output). Output yang pertama adalah output aslinya (Fasa Positive) dan output yang kedua adalah output yang Fasa nya sudah dirubah (Fasa Negative). Kemudian kedua output ini di hubungkan pada sebuah rangkaian Amplifier Stereo, dan yang cocok untuk ini adalah Amplifier OCL. Dengan digabungkan menggunakan rangkaian Op-Amp ini maka output dari Amplifier OCL tersebut akan ber-Fasa Positive dan ber-Fasa Negative yang langsung dihubungkan ke Speker (terminal positive dan negativenya). Jadi speker tidak ada yang ke GND makanya tendangannya juga semakin kuat dan mantap menghentakkan dada, tenaga bisa 2 sampa 4 kali lipat dari OCL biasa, makanya harus di perhitungkan dalam penggunaan tegangan supply dan speker yang digunakan kira-kira mampu tidak TR Finalnya di BTL... Namun jika kita menghubungakan speker dengan output L dan GND atau output R dengan GND maka fungsinya akan sama denga OCL biasa. Baiklah mungkin Anda kurang memahami kata-kata saya maka akan saya berikan beberapa gambar rangkaian OTL,OCL, dan BTL, gambar ini saya ambil dari data sheet IC TDA 2030 karna IC ini juga bisa diterapkan pada system-system tersebut

OTL TDA2030
Jika kita perhatikan gambar rangkaian dibawah output ke speker menggunakan kapasitor (elco) 2000uf, fungsi dari elco tersebut adalah sebagai penahan/pemblokir arus searah (DC) agar tidak ikut masuk ke speker dan ini adalah sebagai pengganti system OT (ouput transformers). Catu daya yang di gunakan pada Ampli model ini adala Single Power Supply (Positive dan Negative)
OCL TDA2030
Nah kalau kita lihat gambar rangkaian dibawah ini Output ke sepeker nya tidak pakai kapasitor (elco) namun diarah kan ke GND, dan ini adalah sytem OCL, sama seperti OCL yang menggunakan transistor bedanya yang ini sudah dikemas dalam bentuk IC TDA2030 sehingga lebih simpel walaupun daya nya terbatas 14watt saja. Catu daya yang dipakai pada system OCL ini adalah Split Power Supply atau catu daya kembar karna mempunya dua polaritas (Positive - GND - Negative)
BTL TDA2030
Mari deh kita amati gambar rangakaian dibawah ini... itu kan rangkaian dua buah Ampli OCL yang digabung jadi satu namun sumber masukannya berbeda (non inverting dan inverting) yang akan menbuat fasa masing out dari ampli tersebut berbeda pula fasa (negative dan positive) dan langsung di hubungkan keterminal sebuah speker. Inilah yang dimankan syste BTL (Bridge Tie Load). Catu daya yang digunakan sama seperti system OCL
Sebenernya banyak Ampli yang menggunakan sistem BTL, misalnya pada Tape Dack, Ampli Tape Mobil cuma itu kan dalam daya kecil paling tinggi 80watt dan rata-rata pakai IC.

Nah udah maksud kan mana itu OTL, OCL dan BTL??? OTL dan OCL bisa dikata gorikan dalam single ended. Klu sudah maksud kita lanjutkan bagai mana membuat Ampli BTL sendiri, pertama-tama kita siapkan dulu OCL Stereo lengkap dengan catu dayanya, kemudian kita buat rangkaian Op-Amp BTL untuk menggabungkan OCL Stereo itu jadi Mono, lihat dan pelajarilah gambar rangkaian Op-Amp BTL dibawah ini. IC nya bisa pakai TL082, 4558, LF353, DLL

Rangkaian OP-Amp BTL
Ini Diagram Blok Pemasangannya
Mungkin ada diantara kita yang beranggapan bagai mana kalau tidak menggunakan Op-Amp, tapi dengan menggabungkan input dari OCL Stereo itu jadi satu, atau satunya di GND-kan, kemudian outputnya (L&R) langsung ke speker, kan sama aja...namun tidak dimikian sobat.. kalau kita cuma main gabung nanti output yang keluar cuma satu fasa ini akan berdampak buruk bagi rangkaian dan  audio nya tidak enak didengar. Ga percaya...? ya coba aja sendiri, setelah itu coba juga yang pakai OP-Amp. dan bandingkan hasilnya...pokoknya jika rangkaian Op-Amp kamu bekerja dengan OCL 300 Stereo sudah jmlegur deh.... klu menurut aku dari rasa dan pendengaran aja udah bisa tak rasakan sound itu pakai BTL ata OCL biasa. Jika OCL biasa walu watt nya gede tapi suaranya tidak terasa menghentak didada... namun jika OCL yang udah di BTL-kan walau daya standar tapi akan terasa banget didada.
Sekian dulu ya teman-teman semoga postingan ku kali ini bermanfaat, mohon komentarnya yang membangun....

***

48 komentar:

  1. punya nggak skema BTL yang pake transistor. klo puny ambok aku di kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. liat disini: http://starservicego.blogspot.com/2011/05/rangkaian-pembalik-fasa-dengan.html

      Hapus
  2. pke transistor akan lebih ruwet dan hasilnya ga sebaik jika pakai IC, aku ada yang pakai 1 transistor yang pakai 2 transistor belu aku posting.. coba kamu liat di http://starservicego.blogspot.com/2011/05/rangkaian-pembalik-fasa-dengan.html

    BalasHapus
  3. om admin, saya bikin amplifier single ended 5 watts class a pake 2sk1058 (diyaudioprojects.com)stereo,bagaimana cara menggabungnya jadi 10 watts mono.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu inputnya ke GND kemudian out nya +,+ bukan +,gnd atau -,gnd

      Hapus
  4. Mas Patmin,
    Saya punya 21 speker kolom yang rencanya mau dipasangin matching trafo. Kata rekan saya, itu berarti harus mengganti amplifiernya dari yang sekarang tipe OTL ke tipe OCL. Pertanyaan saya :
    1. Mengapa harus mengganti ampli?
    2. Apakah ada (mungkin rangakai elektronika) yang dapat mengubnuah dari tipe OTL ke OCL (sehingga saya tidak perlu mengganti amplifier saya)?

    Mohon informati dan sarannya,

    salam,

    BalasHapus
  5. Anonim,,, sya jg jadi tanya mengapa harus ganti ampli,,?? karna ga ganti jg ga apa2
    OTL kan bisa di modif ke OCL dan sebaliknya,,,
    cma klu OTL ke OCL aga ribet tp klu OCL ke OTl lebih gampang

    BalasHapus
  6. Mas Patmin,
    Jadi kalau misalnya sekarang saya pasang matching trafo impedance di speaker, lalu ampli saya tetap OTL apakah speaker dapat tetap menghasilkan suara ?
    Karena berdasarkan informasi yang saya peroleh bahwa untuk speaker kolom yang menggunakan matching trafo impedence, harus menggukan ampli OCL
    2.Untuk mengubah amplifier dari tipe OTL ke OCL, apa saja rangkaian yang harus disediakan?

    Mohon informasinya.

    salam,

    note : saya masih sangat pemula dalam tata suara, mohon koreksi saya jika saya ada salah paham tentang definisi tertentu

    BalasHapus
  7. kalo yang ini saya malah gk ngerti.

    BalasHapus
  8. salam!! bro minta skema OP-Amp dong,, saya penasaran skali pengen mencoba,, soalnya saya punya amplifier outdoor rakitan 1200 watt tapi spertinya hentakan bassnya gak terasa dan malah drop,, kalo ada mohon di bantu ya bro
    email: bayu.ambon@ymail.com
    makasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan udah ada gambar skemanya diatas,, gambar no 2 dari bawah,,,

      Hapus
  9. ok bro,, makasih atas infonya.. saya udh praktekan dan udah selesai.... dan alhmddlh berhasil...

    BalasHapus
  10. maaf, daftar komponen ada ngak. sol nya di skema ngak jelas yang mana elco dan kapasitor...... and layout pcb nya ada ngak...... butuh banget nie. trimakasih telh membntu saya..... dikirim ke email saya rahmatmulia27@gmail.com. makasih. ......

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak perhatikan skeman sejalas itu anda masih ga jelas??? gawat tuh mata anda??? hehehe,,,bila perlu di save kemudian di ZOOM,,,

      Hapus
  11. assalamualaikum mas!
    skrang ane dah mudeng mas. semoga mas masih ingat ane.
    ini sebenarnya kelanjutan dari koment ane di starservicego.blogspot.com/2010/02/radio-fm-tuner.html
    begini mas, ternyata ampli ane yang 400watt itu BTL, kalo lihat dari keterangan di atas. beberapa hari lalu ane sukses merakitnya dengan penjelasan sebagai berikut.
    trafo 20a CT
    dioda kiprox 35a ( istilah di sini, entah istilah disitu)
    elco 10000 80v 2 buah.
    kemarin sore, ( berangkat dari sombong sih, takut kalah saingan.) ampli hangus. setelah dichek secara keseluruhan, ternyata yang harus dan musti diganti antara lain
    1. sanken 2 set.
    2. TIP
    3. Mikron
    rekomendasi jenengan, musti diganti yang gimana? atau bisa gk sankennya ditambh beberapa set, dan apa saja kebutuhannya?
    terima kasih.

    BalasHapus
  12. saya rakit pake 4558, koq ga berhasil ya? hasil keluarannya berfasa sama setelah di cek di osiloskop, kenapa ya?

    BalasHapus
  13. Numpang tanya mas,klo power ampli DTK yg ada di pasaran,kita buat BTL bisa tidak mas,minta solusinya.

    BalasHapus
  14. ya bisa aja,, kan intinya menggabungkan 2buah amplifier atau amplifier stereo menjadi output berfase negatif dan positif tanpa ground,,,

    BalasHapus
  15. Ok mas patmin,makasih solusi y.tak cb bli op-amp dl nanti tak coba y.klo kurang pas q masang y mga mas admin sudinya membantu q.

    BalasHapus
  16. mantap masbro..
    nubi mau ikutan tanya...:D harap maklum krn masih belajar..

    gimana misalnya kalo OCL nya udah mono ?
    misalnya saya mau rakit 2x300 watt OCL mono..yg satu buat output left dan yg satu lagi buat output right..
    itu skema Diagram Blok Pemasangannya gimana tuh masbro..?? trus preamp nya gimana ? trus tone control itu apa ? mixer audio itu apa ?

    maaf nanyanya banyak.. sekali lg harap maklum krn saya masih dalam tahap belajar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. klu yg dipake OCL mono maka ya kudu pake dua buah,Pre-amp dan cara pemasangannya sama aja

      Tone Contrl: adalah sirkit untuk pengatur nada pada subuah amplifier atau sejenisnya misalnya contoh sederhana adalah pengatur bass dan treeble

      Mixer: adalah sirkit untuk pemcampur dari beberapa sumber masukan (input) sebelum masuk ketingkat peguat daya. contoh dari mic, dari gitar, dari tape, dari cd/vcd/dvd dan alat alat audi lainnya,,,

      Hapus
  17. Salam kenal mas,
    saya newbi.

    Saya ingin buat ampli untuk rumahan aja dg daya 100W.
    Pertanyaan :
    1. Berapa ampere Trafo yg standar digunakan?
    2. Rangkaian apa yg saya pakai (OTL, OCL atau BTL)?
    3. Berapa ohm speaker yg dipakai?
    sekian dulu, terima kasih.
    Salam.... roy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klu untuk rumah, apalagi rumah tembok dan kamarnya kecil cukup pake OCL dan pake trafo 5A saja,, perbagus di bagian tone control dan beri tambahan equalizer...

      Hapus
    2. klu speker bisa pake 4-8ohm cari yang suaranya lembut....

      Hapus
  18. Om bisa minta layout BTL TDA 2030 nda yg IC 2 itu,.
    ane ada ujian harus bikin layout dari skema BTL TDA 2030 tp pusing jalurnya

    BalasHapus
  19. salam kenal mas patmin nama saya beny mas mau ikutan nimprung mas. boleh kan mas? saya mau nanya ni mas saya lg bingung ni mas lihat skema y maklum mas orang awam, boleh ngak dijelasin lebih ditail cara merobah power stero jdi mono mas, contoh ni IN power yg satu digabung ke ... gtu maklum mas kurang tau baca skema hhehehe, tlong penjelasan y ya mas.. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. klu cuma ngerubah stereo jadi mono ya tinggal salah satu inputnya di gnd/ground kan dan output ke spekernya jangan ada yang ke ground (ambil dari out pwr tersebut)

      Hapus
  20. oia masbro..mau tanya lagi..
    itu kalo si IC opamp nya diganti pake OPA2134 bisa gk tuh...? biar noise nya lebih low gitu...

    BalasHapus
  21. Mas Salem kenal
    Say seorang neubi tertarik oprek2 :]
    Mau Tanya menurut skema terse but ic tl802 ITU penentuan kakinya gmn ya Mas?
    Krn TD Judah beli komponenny ternyata kakiny ada delapan.

    Mksh banyK sebelumny @-]

    BalasHapus
    Balasan
    1. klu blum faham lyout ic nya silah cari di datasheet.com

      Hapus
  22. Bang, ada gak skema rangkaian tone control yang bagus? boleh bagi gak bang?

    BalasHapus
  23. bagaimana cara kerja BTL TDA2030....

    BalasHapus
  24. dengan TDA2030 max brapa volt dan trafo brapa A???

    BalasHapus
  25. mas in dc dari op amp nya berapa volt?

    BalasHapus
  26. Salam knal mas patmin. Mau nanya ,hasil btl yang di jumper dr jalur speaker dn ground input sblahnya. Dengan yang pake rangkaian pembalik fasa...mana yg lbh bagus ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klu menurut saya yang di jumper itu bukan BTL tp menggabungkan power stereo jadi mono sehingga speaker tidak ada yang ke GND, dan watt akan bertambah,, tp tegangan fasa nya tidak bisa sperti menggunakan rangkaian pembalik fasa,,,

      Hapus
  27. Trimakasih mas patmin...sarannya

    BalasHapus
  28. Mas numpang tanya : saya punya power 1600 wat dan power ampli 400 wat, rencana power yang 400 wat mau digunakan untuk midel dan twiter sedangkan yang 1600 wat untuk bass ... Dengan satu input yg ada bagaimana menyambung kedua power ini agar arus input bisa terbagi / masuk secara porposional pada kedua power sehingga suara tidak naik turun .. sebelumnya makasih atas jawaban Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibuatkan rangkaian crossover,,,

      Hapus
  29. Kang patmin saya blum faham cara bikin btl ni?suatu contoh saya pnya rankaian ocl 300w stereo,d jadikan BTL gmn?kan harus d rubah dulu,fasa outputnya.gmn caranya?op amp mksdnya gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal di buatkan rangkaian op-amp BTL nya,,, out dari op-am btl msuk ke input power ocl ( L&R) dan out OCL nya lansung masuk ke SPK (+&-) GND sepeker tidak ada,,,

      Hapus