Selasa, 08 Maret 2011

Pengalaman Memasang Fan pada Mesin TV

Hai sobat,,, Ini sekedar pengalaman bisa ditiru dan juga tidak, terserah sobat menilainya. sebenernya aq terinpirasi dari CPU, di PSU ada fan-nya, di Prosessor juga ada, trus pada cashing-nya juga ada,, haha,,, barangkali lucu ya,,,? coz aq pernah ganti mesin TV dan dalamnya aku kasih kipas/fan (maksud ku biar ga kepanasan) kayak CPU tu loh.... emang bener kox tv nya ga pernah rewel, solderannya juga ga cepat kendor..., arus untuk fan-nya aq memanfaatkan induksi FBT dg dua lilitan kabel aja + dioada 1A + elco 470/16v udah bisa 10-12v... hahahay... ada yg niru ga??? atu udah ada yg kayak gue... qiqiqiq... Nih tak kasih skemanya bagi yang ingin niru,,,
Semoga ada faedahnya...

***

17 komentar:

  1. Kerja tv gak kek cpu yg kd krj keras hgg ngeluarin pns berlbh so pake pendngin alumunium sdh cukup yg penting smua kompnn oke tdk ada arus berlbh..
    Kl pake kipas watt nambah listrik jd boros..
    Seth saya tidak ada tuh tv bermerek berpendingin kipas?.. CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendingin alumunium ga cukup bro, kl ga pake kipas, pake apa dong supaya panas keluar dari casing? malah sekarang jg sudah ada tuh pendingin CPU pakai air. btw kelihatan anda ini tahu tentang CPU tp nda update samasekali. ;)

      Hapus
  2. Yup.. terserah kata anda saja ah... yang penting ini pengalaman saya, dan ternyata di forum2 saya posting tentang ini banyak juga teknisi yang menggunakan cara ini agar mesin TV awet,, mungkin anda mengerti cpu tapi ga ngerti TV tapi saya ngerti cpu dan juga tv...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pernah beberapakali mengaplikasikan fan komputer didalam pesawat tv maupun monitor, cuman tegangannya kuambil dari PSU 12V, kalo nggak ada yg 12 Volt cari yg mendekati, kalo adanya 15 volt kita turunkan pke IC regulator 7812. Cuman posisi kipas harus tepat agar tak mempengaruhi gambar/tampilan,mis: gbr jd bergoyang/bergetar. hasilnya ....psw jd adem lan awet.

      Hapus
    2. gitu jg bisa, tp biasannya bisa menimbulkan gangguan di suara dan gambar,, klu di buatkan suplay sendiri dengan lilitan di fly back maka gangguan itu tdk akan timbul... thx atas kunjungannnya,,,,

      Hapus
    3. Patmin Puja Kesuma>>>> setuju baget dengan pendapat nya mas karena pernah galamin juga

      Hapus
  3. siiip......yg penting hasil bagus....

    BalasHapus
  4. Wahyudi: makasih kunjungannya bos....

    BalasHapus
  5. bermanfaat sekali mas....?
    thanks infonya....?

    BalasHapus
  6. Efnu Widoso: matur suwun mas kunjungannya...

    BalasHapus
  7. aku akan coba..., soalnya pernah saya coba ambil dari 12 volt out dari regulator, gambar jadi goyang2...

    trims...

    eh lupa... Kalau bisa Pointer mousenya di normalin saja... mengganggu skali tulisnnyaa, bikin gatel kepalaku.

    BalasHapus
  8. Pak, dlu tv saya dikasih magnet sama adik,,gambarx hancur,,nah SAYA BERENCANA ngasih kipas 12 Volt DC dengan sumber tegangan sendiri, dan kipasnya saya taruh dibelakang body TV /Pada lubang2 ventilasi,,,kira2 pas fan bekerja medan magnetnya ngefek gak ya ke TV? mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gini Pak..
      klu tv kena magnet ya di bersihkan kembali pake magnet jg,,,,
      klu pasang kipas di tv pake jenis kipas seperti kipas untuk power ocl atau kipas komputer induksi magnetnya kecil jdi magnet gak mempengaruhi gambar...

      Hapus
  9. cocok buat mesin tv china yang model mini karena komponen rapet banget

    BalasHapus
  10. pakek . fan AC langsung aja.. hehehe
    langsung 220v . dingin.. lebih terjamin.. hai hai/.

    BalasHapus