Selasa, 22 Februari 2011

Tarif Service

Sekedar sharing buat teman-teman se profesi tentang tarif dasar/ongkos service. Service sebenrnya adalah jasa pelayanan, tp kebanyakan orang khususnya para klien belum memahami makna dari service tersebut, sehingga kadang mereka merasa kemahalan dan keberatan membayar ongkos service, ujung-ujungnya mau bayar tapi  tidak iklas, klu itu yg terjadi apa bisa dikatakan rezki halal dan barokah....? “gak kle ya..?!!” Padahal service itu yang dihargai adalah jasanya bukan  alatnya/komponen/hardware/spare part yang diganti. Kalau alat yang diganti semua orang toh bisa membeli sendiri di toko, tapi kan tidak semua orang bisa memasangnya sampai perangkat yang rusak itu baik kembali.  Apalagi dalam service elektronik/computer  tarif/ ongkos service pasti akan lebih mahal dari harga komponen yang di ganti bisa 5-10 kali lipat bahkan lebih, mengingat resiko dan kerumitan nya. Sangat memakan waktu, tenaga dan fikiran untuk menemukan penyebab kerusakannya. Bahkan ada yang berhari-hari belum ketemu penyakitnya tergantung tingkat kemampuan dan pengalaman tehnisi tersebut. Namun begitu kita sebagai tehnisi janganlah terpancing untuk tipu menipu, jangan sampai kita mencari rezki yg tidak halal dan tidak barokah, kita harus jujur dan terus terang bahwa ongkosnya sekian dan komponen nya sekian dan jumlah total nya sekian, jadi seandainya dia membayar ya membayar dengan hati iklas tanpa ada fikiran di tipu dan sebagainya. Kita harus bisa jadi tehnisi professional yg dihargai dan mendapat rezki halal dan barokah. Untuk itu qt harus memberikan pelayanan yg baik dan penuh tanggung jawab, jika perlu kita kasih garansi untuk komponen yg qt ganti, sebagai rasa tanggung jawab kita klu kita bener - benar telah mengganti komponen dengan yang baik. Dan jagan sekalai-kali main hantam kromo (belum apa-apa sudah sekian) maksud saya adalah belum di buka dan belum di deteksi kerusakan sebenarnya sudah berani ngasih tarif sekian. Hal semacam itu banyak tidak disukai klien. Marilah kita bekerja menurut prosedur, walaupun dengan gejalanya kita sudah dapat memastikan kerusakan perangkat tersebut tapi akan lebih baik jika kita membukanya dan mendeteksinya apakah benar kerusakan seperti yang ada dalam benak kita itu. Hal ini akan membuat klien percaya dan menghargai kita manakala kita menyebutkan biayanya service-nya. Kita harus jadi tehnisi professional yang dihargai pelanggan, dan harus cari rezki halal dan barokah maka kita harus transparan/jujur dan berterus terang  pada pelanggan service, jangan ragu untuk menyebutkan/meminta upah/ongkos dan harga component walaupun harga upah/ongkos beda jauh dengan harga komponen, karna memang service itu yg dihargai adalah jasanya bukan barangnya. Setelah kita temukan penyebab kerusakan dan ada alat yg harus di ganti maka biasanya saya bilang gini “pak TV bapak ini klu mau diperbaiki ongkosnya (misalnya 100rb) dan alat yg harus diganti harganya ( misalnya antara 50rb-100rb) jadi biayanya semua kira”200rb, gmn pak?” Bagi klien yg mengerti service biasanya oke aja yg penting  perangkatnya bisa bagus kembali ongkos tidak masalah. Tp ada juga pelanggan yang nawar, kok mahal nian ongkosnya? Klu ada yg nawar gitu ya wajar aja, namun jangan lantas kita marah ato ngambek.. berilah pengertian padanya bahwa resikonya besar dan butuh waktu dan menguras tenaga juga fikiran untuk memperbaiki ini. Jika sudah kita beri pengertian masih juga nawar biarlah dia nawar maunya berapa (misalnya 75rb) qt kasih ajalah, toh qt masih bisa ngambil dari harga komponen, klu hrgnya 50rb ya kita naikkan jadi 75rb jadi  ongkos service kita tetap dapat 100rb.. wajar toh beli 50rb jual 75rb, hehe service sambil jualan jika terpaksa… tp kadang saya iklaskan aja,,, itung - itung buat tabungan di akhirat. Nah jika sudah sama-sama setuju barulah kita mulai memperbaiki perangkat yang rusak tersebut. Usahakan jangan minta bayaran dulu, tapi jika terpaksa bisa minta DP misalnya separo dari biaya.  Bagi para tehnisi seharusnya punya tarif dasar/ongkos service. Ongkos service ini disesuaikan dengan keadaan lingkungan masing-masing. Dibawah ini saya berikan Tariff dasar/ongkos service yang saya berlakukan saat ini dan sewaktu-waktu bisa berubah sesuai keninginan saya.


  • Ongkos service ringan untuk berbagai peralatan elektronik dan komputer: 20rb – 50rb (misalnya re-solder, perbaikan tanpa ada komponen yg diganti)
  • Ongkos Reparasi TV 14 - 21 Inch: 75rb – 100rb
  • Ongkos service TV 25 Inch keatas: 100rb – 150rb 
  • Ongkos ganti mesin TV 14 – 21 Inch: 100rb
  • Ongkos ganti mesin TV 25 Inch keatas: 150rb
  • Ongkos service Komputer: 50rb - 100rb
  • Ongkos Install dan Setting Komputer: 50rb - 100rb
  • Ongkos merakit komputer: 300rb
  • Ongkos Membuat/merakit Power Amplifier : 200rb
  • Ongkos pasang Parabola 2LNB: 100rb - 150rb 
  • Ongkos pasang Parabola 4LNB keatas atau pakai penggerak: 150rb - 200rb
Ongkos diatas adalah ongkos jasa service atau reparasi belum termasuk spare part nya. Saya  sering menanyakan dulu apakah klien akan membeli alatnya sendiri apa terima bersih, jika klien menyanggupi mencari dan membeli spare part nya maka saya cuma minta ongkos service/reparasi aja, tapi kebanyakan klien mau nya terima bersih, klien mempercayakan saya untuk mencarikan spare part  nya, maka tentu saya memperhitungkan biaya transportasi nya juga.

Sekian sharing saya mengenai Tarif/ongkos Service, semonga bisa membantu rekan-rekan tehnisi yang masih bingung dalam menentukan tarif/ongkos service dan terkesan semaunya sendiri. Semoga kita jadi tehnisi professional dan dihargai jasa kita. Aamiin…!!


By, Patmin Puja Kesuma

9 komentar:

  1. Di tempat gw jasa bkin ampli plus fm radio cuma rp100rb terima beres tdk ada biaya tambahan yg lain.

    BalasHapus
  2. Di tempat gw jasa bkin ampli plus fm radio cuma rp100rb (ongkos pembuatan dan kit nya ) terima beres tdk ada biaya tambahan yg lain.

    BalasHapus
  3. mantap bro, sy juga setuju ongkos tarif segitu...install ulang komplete cuma 50 rb kalo sy

    BalasHapus
  4. mantap kang.. itu memang tarif standar.
    kalo boy kyaknya di rakit sama teman nya,yg ckup di suguhin kopi sama roko aja.

    Tpi semoga smuany dpt brsikap bijak krena bisnis is bisnis..

    BalasHapus
  5. daerah sya sma sekitar itu harganya...cukup murah! :)

    BalasHapus
  6. itu wajar...klu mas ropink m..
    murahnya berapa?
    buat abang patmin ditempat saya lebih kurang segitu.
    ====================================================

    BalasHapus