Senin, 29 November 2010

PCB Pemancar FM 10 - 15 W

Para Bloger yang mulia ini saya persembahkan sebuah PCB Pemancar FM sederhana berkekuatan 10 - 15 Watt.Dengan component yang cukup murah. Finalnya aja cuma pake C1971 murah kan?? dan komponen lainnya bisa dari bekas bekas mesin TV rongsokan. wkwkwkwkwk... PCB dibawah adalah hasil desain saya sendiri, dan hati hati jika ingin merakitnya karna ada jalur GND yang menyatu, jadi harus diputus dulu, jika tidak maka arus dari Power Supply akan ngedrop... dan TR C1971 harus anda modif karna disitu saya membuat letak kaki nya terbalik, yang sebenarnya kaki tengah adalah emitor dan kaki no 3 adalah kolektor. lihat gambar dibawah ini yang saya ambil dari datasheet.com

Ini gambar Transistor C1971 dan Description-nya
Dan ini rangkaian Final yang di rekomendasikan
PCB FM TRANSMITTER

Dibawah ini ada 2 bua skema yang mungkin bisa untuk sumber inpirasi



Semoga ada gunanya.

Monitor LCD Mati total

Hai sobat bloger, apakabar??? smoga baik - baik ya?!

Sekarang memang monitor LCD banyak digunakan orang, baik itu untuk monitor TV atau Komputer, diliat dari segi fisik sangant praktis bisa dipindah - pindahkan ketempat yang agak sempit karna bentuknya yang tipis dan ringan. Dari segi daya, memang LCD lebih irit ketimbang layar tabung, dan juga dampak terhadap tubuh terutama mata agak berkurang karna tidak memencarkan radiasi tegangan tinggi. Oke lanngsung saja ikuti langnkah - langkah dibawah ini: 

1. Monitor LCD mereknya udah ga jelas. Kerusakan matol. Setelah aku cek kabel Power Supply nya normal. Yah terpaksa deh bongkar habis... Lihat Foto dan langkah selanjutnya!

2. Setelah membuka baut dan sediki memcongkel dengan obeng mines maka penutup LCD berhasil aku buka, beginilah tampilan dalamnya setelah Layar LCD nya aku singkirkan. Lihat Foto dan langkah berikutnya!!

3. Setelah aku cek ternyata sekringnya putus, tuh yang aku kasih lingkaran merah. tak ganti deh skringnya pakai kabel halus. tampa memasang LCD aku masukkan arus dari Power Supply nya dan aku liat led power menyala. Lihat Foto dan langkah berikutnya!!

4. Aku pasang lagi deh soket" LCD nya. Lihat Foto dan langkah selanjutnya!!

5. Penutup LCD nya sekarang sudah siap aku pasang kembali seperti semula. Lihat Foto dan langkah selanjutnya!!
6. Selanjutnya aku sambungkan kabel VGA nya ke komputer, dan aku hubungkan kabel Power Supply nya, terus aku hidupkan komputer. Jreng..... tuh Windownya mulai... Selesai.

Semoga bermanfaat...

***