Minggu, 07 November 2010

Tip & Trik Computer: Cara Membuat Flashdisk Kebal Virus

Sobat yang berbahagia, saat ini Flashdisk bukan lagi barang mewah karna hampir setiap pengguna komputer akan memanfaatkan flashdisk sebagai media penyimpanan data baik itu tex, gambar, musik, video dan lain sebagainya. Namun karena kepraktisannya flashdisk juga selalu saja membawa masalah, terutama yg sering dialami adalah terinfeksi virus dan membuat data yang ada didalam flashdisk hilang semua tanpa bekas. Nah itu pun sering saya alami, oleh karena itu saya mencari cari bagaimana cara mengebalkan flashdisk terhadap virus. Dari beberapa artikel dan buku yang saya baca maka saya mengambil kesimpulan yang ini yang saya pakai buat pengebalan flashdisk saya. Jika shobat bloger ingi mengebalkan flashdisk Anda dengan cara saya, silahkan ikuti langkah - langkahnya dibawah ini: 

Membuat Folder autorun.inf
Kata teman saya yang ahli komputer virus akan selalu membuat folder autorun.inf pada media flashdisk yang dihubungkan ke komputer, dengan autorun.inf inilah virus bisa secara otomatis terinfeksi komputer lain. Nah.... sebelum virus membuat folder autorun.inf di flashdisk kita, maka kita harus mendahului membuat folder autorun.inf tersebut. Caranya:

Tampilan/jendela Character Map
























  • Klik kanan pada flashdisk sobat > New > Folder
  • Ganti New Folder tersebut dengan autorun.inf
  • Buka Character Map (tampilannya lihat gambar diatas) Pilih caracter yang sobat sukai dan klik Select, dan pilih lagi beberapa character yang sobat sukai, stelah merasa cukup klik Copy
  • Buka Notepad lalu klik kanan dan pilih paste (Ctrl + V)
  • Klik File dan pillih Save AS, dan letakkan pada Folder autorun.inf yang telah saja sobat buat, beri nama file menggunakan karakter unicode. Pastikan pada kolom Encoding terpilih Unicode. Kemudian klik Save
  • Klik kanan folder autorun.inf yang sobat buat tadi lalu pilih Properties
  • Beri tanda centang pada Read-only dan Hidden, lalu klik OK
  • Klik kanan area kosong di dalam flashdisk sobat kemudian pilih New > folder
  • Ganti New folder tersebut dengan My Data atau apa aja terserah anda, namun di awal dan akhir atau di tengah tengahnya atau dimana aja sobat suka diberi tanda karakter yang anda copy dari Character Map. maka My Data akan menjadi ΩMy~DataΩ
  • Selesai sudah pengebalan flashdisk Anda
Note:
  1. Setelah sobat selesai membuat pengebalan pada flashdisk, maka simpanlah semua data data sobat didalam folder ΩMy~DataΩ, karna menurut yang saya baca folder yang dibuat seperti itu paling aman dari infeksi virus
  2. Jika anda akan menginstall atau menjalankan program yang ada dalam folder ΩMy~DataΩ sebaiknya sobat menjalankannya diluar folder ΩMy~DataΩ. karna ada sebagian program yang mungkin tidak bisa di-install atau dijalankan didalam folder ΩMy~DataΩ.
Sekian dan selamat memcoba semoga bisa sedikit membantu masalah flashdis sobat dari infeksi virus...

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar