Minggu, 01 Agustus 2010

CONVERTER 12VDC to 24-220VAC

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kali ini Multi Teknik Info akan berbagi sebuah skema CONVERTER 12VDC to 24-220VAC. Rangkaian ini dapat mengubah teganan aki yang hanya 12V menjadi tegangan diatas 12V berupa teganan AC. Dengan ragkaian ini sahabat bisa mengoperasikan Amplifier jenis OCL. Rankaian ini juga bisa sahabat gunakan untuk men-supply rangkaian-rangkaian elektronika yang membutuhkan tegangan AC220V, jadi bisa jadi solusi jika PLN padam. Berikut Skema Converter itu

Sebelum sahabat mulai merakit CONVERTER ini sebaiknya Anda menghitung - hitung dahulu apa saja yang akan Supply pakai CONVERTER ini nantinya, setelah menetapkan perangkat - perangkat yang akan menggunakan CONVERTER ini baru dihitung berapa Watt semuanya.
Nah…, setelah tau berapa Watt alat yang akan menggunakan CONVERTER ini nantinya baru bisa memilih mau merakit CONVERTER yang berapa Watt dan menentukan komponen yang sesuai, juga AKI dan TRAFO yang akan digunakan.

Berikut akan saya berikan pilihan dalam Anda merakit CONVERTER
  1. CONVERTER 36 W: TRAFO 3A, TR DRIVER 2 X 9013, TR FINAL2 X D313
  2. CONVERTER 60 W: TRAFO 5A, TR DRIVER 2X D400, TR FINAL 4 X D313 (PARALEL)
  3. CONVERTER 120 W: TRAFO 10A, TR DRIVER 2X BD139, TR FINAL 4 X D1047 (PARALEL)
  4. CONVERTER 240 W: TRAFO 20A, TR DRIVER 2X D313, TR FINAL 6 X D1047 (PARALEL)
  5. CONVERTER 360 W: TRAFO 30A, TR DRIVER 2X D313, TR FINAL 8 X D1047 (PARALEL)
  6. CONVERTER 480 W: TRAFO 40A, TR DRIVER 2X D313, TR FINAL 10 X D1047 (PARALEL)
CATATAN:
Gunakan Trafo yang murni dan Aki yang memadai untuk CONVERTER yang Anda rakit
Sebagai gambaran Aki 12V/50AH adalah kurang lebih 600W/Jam, jadi jika Anda gunakan pada CONVERTER yang 60W aki akan tahan selama kurang lebih 10 jam dan jika Anda pake untuk CONVERTER yang 600W aki hanya bisa bertahan selama kurang lebih 1 Jam, bahkan mungkin tidak sampai satu jam aki sudah habis, karna Aki nya udah soak. . itu menurut pengalaman saya loh... ga tau lo menurut rumus... pusing dech low pake rumus - rumus.... wkwkwkwkwk....

Demikian, Semoga bermanfaat. By Supatmin MT
Wa'alaikum salam warahmatullahiwabarakatuh.

30 komentar:

  1. kalau ada skema converter yang berkapasitas 2000W
    minta dong kalau bisa sekaligus data komponennya

    BalasHapus
  2. henry: klu skema sama aja, cuma Trafo nya yg harus gulung sendiri, karna ga ada yg jual....

    BalasHapus
  3. oke Kalau demikian saya mohon bantuannya untuk
    mengirimkan data komponen untuk converter
    saya butuh banget
    makasih yaa
    sekali lagi terima kasih

    BalasHapus
  4. henry: klu menurut saya dengan daya 2000w lbh baik pake disel generator aja biayanya lbh murah n bs anda pakai sepuasnya, klu converter sifatnya terbatas tergantung dari kekuatan aki yang anda pakai, n harga aki kan mahal apalagi klu untuk 2000w brapa ampere aki yg akn anda gunakan? sedangkan aki 100A itu dayanya 1200w/h jd klu di gunakan pada converter 2000w paling paling cuma 10 menit aja...

    BalasHapus
  5. kalau untuk merakit inverter 2000w apa saja yang di butuhkan? karena di daerah saya sering sekali listrik pada, hampir setiap hari. kebutuhannya pun tidak lama kira-kira 10 menit, daya cadangan selama perlihan ke genset. kira-kira rangakaiannya seperti apa?

    BalasHapus
  6. kalau untuk merakit inverter 2000w apa saja yang di butuhkan? karena di daerah saya sering sekali listrik pada, hampir setiap hari. kebutuhannya pun tidak lama kira-kira 10 menit, daya cadangan selama perlihan ke genset. kira-kira rangakaiannya seperti apa?

    BalasHapus
  7. Travis: anda tinggal mengganti trafo sesuai kebutuhan dan mem-paralell transistor sesuai kebutuhan pula.

    BalasHapus
  8. hanry: skema dan daftar komponent kan udah ada pada posting sya tersebut, kok masih minta kirim lagi...

    BalasHapus
  9. Makasih postinganya.
    Kalau ga pake ic bisa ga? Driver 9013 langsung ke aki.
    Masalahnya saya pengen belajar yg mudah dulu. Efeknya apa kalau ga pake ic

    BalasHapus
  10. pipit: bisa, pakai prinsip flip - flop. kelemahannya susah menentukan frekwensinya, klu pakai IC kan tinggal add VR nya, klu cuma paki rangkaian flip flop 4tr frek nya tergantung sama r dan c nya juga lilitannya, klu cuma untuk lampu mungkin ga masalah, tapi klu untuk digunakan pada rangkaian elekronik, misal TV atau komputer maka bisa2 merusak. karna frek satandar AC yang digunakan perangkat elekronik adalah 50-50Hz.

    BalasHapus
  11. mas skema dr inverter2 di ats mana?sya lg belajar bkin unverteer nih!mhon bimbinganya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. diatas kan udah ada gambar skemanya,,,

      Hapus
  12. wktu tu g muncul mas,mungkin lg eror!

    BalasHapus
  13. oy mas d atas kn ad bnyak pilihan inverter,skemanya mana mas?ko cuma yg pke 4047 z?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan cuama ngrubah tr final sama trafo,,, misalnya ingin bikin CONVERTER 36 W maka yang diubah
      TRAFO 3A
      TR DRIVER 2 X 9013, TR FINAL2 X D313
      dan jika ingin bikin CONVERTER 60 W maka yang diubah
      TRAFO 5A
      TR DRIVER 2X D400, TR FINAL 4 X D313 (PARALEL)
      sedangkan rangkaian 4047 nya ya sama aja,,,

      Hapus
  14. mas susah cari 4047 nya nih,jd sya bkin yg g pke 4047 mas,kemarin sya bkin inverter 500 watt dengan tr 3055 10 bji tp krna kurang dana sya pke 8 3055!mungkin wattnya sdkit trun,kira2 outnya jd 300watt lah,tp ko pas sya coba ke tv,ko g nyala yah?pdhal tu tv hnya 14in 100wattan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti rangkaian blum maksimal,, ingat 500w itu butuh trafo sebesar 40A LEBIH LOH,,,,

      Hapus
    2. dan prelu diperhatikan untu perangkat elektronika pada umum nya menggunakan frequensi 50/60Hz,, maka usahakan freq converter anda di set dalam area freq tersebut,, jk freq terlalu rendah maka mungkin rangkaian tidak bisa bekrja normal begitu jg sebaliknya,, bahkan bisa menyebabkan kerusakan,,,,

      Hapus
  15. oy mas bsa g kw kita pkai ic 555 sebagai flip flop nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. IC 555 out nya kan satu,, jadi bisa pake trafo bukan ct dan hasil kurang maksimal,, jika 4047 dual out jd bisa pake trafo ct dan hasil lebih maksimal di bikin converter

      Hapus
  16. mas emang kw boleh sya tw cara menghtung watt inverter tu gmna sh rmusnya mas?biar dlam sya membuat invreter tu bsa tw outnya bsa menhsilka berapa watt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klu mo itung sebenernya pasti Anda pusing dan ga jadi bikin inverter,, pasti Anda akan sibuk dengan teori rumus2 yang akan membingunkan ada,, Anda kudu mempelajai rumus teganga, kuat arus, hukum ohm, induktansi mangentik dll,,
      tp klu ambil gampangnya sy kasih contoh gini,, anda bikin converter dengan tegangan 12vdc dan menggunakan trafo 10A, Maka perhitungannya kurang lebih begini w=v.i jadi w=12v x 10A. jadi w adalah 120w, tentu hasil tida murni 120w karna ada yang hilang menjadi panas dan ada yang hilang jg karna induksi kurang sempurna pada trafo, jadi anggap aja kihilangannya 30persen, jadi 70% dari 120w adalah 84w,, jadi jika anda ingin mendapatkan 120wat murni maka gunakan trafo yang lebih gede dari 10A, tambahkan aja 30% dari 10 kurang lebih 13A,,, dan ingat frequensi converter anda harus pada 50/60Hz

      Hapus
  17. okh ya sya ngerti mas,skarang sya dah buat inverter dr ic 555+4017 dgn tr nya pke mOSFET IRFZ44N X 2!yg jd pertnyan sya,sya kn punya bnyak 3055 ad 8bji,bsa g tu d gunakan d inverter tu mas?agar daya nya tambah!kw bsa,gmna cara penymbunganya?kw g bsa,kira2 dr out 4017 langsung ke 3055 bsa g?kw bsa,cara penyambunganya gmana mas?maf bnyak nanya nih,mklum lg blajar nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klu rangkaiannya seprti skema diatas ya bisa pake 2n3055, klu rangkaian lain ya belum tentu,,,

      Hapus
  18. kw bsa,mhon pencerahanya mas cara penymbungan dr out 4047 ke 3055

    BalasHapus
  19. saya punya UPS MENTARI.600.
    tp kondisi agak rewel pd drivernya,setiap kira2 3menit harus tombol itu saklar & output cuma keluar 175v gk stabil.pernah tk coba drivernya doang pke kit flip-flop TR 2x C.945 denagan INPUT 12VDC outputnya kok mlh jadi 450V juga Gk STABIL. Tapi klo inputnya tk kasih 8volt outputnya jadi 250ACV(gk stabil).
    yg jadi pertanyaan saya,apa bisa pke skema driver kayak di atas bila dgabungkan ke MOSFET&travp bekas UPSku itu dg input 12VDC dg output mnjd 220VAC/50-60Hz?

    matur thank u......!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja,, yang penting tune prequensi nya kudu sama .. klu ga sama ya itu tadi sperti Anda pake flip flop mungkin freq nya ketinggian jadi tengangan ngelunjak, maka outpun tidak pada 50/60Hz,,,,

      Hapus
  20. Mas sy punya inveerter dc ke ac yang output nya cuma 20wt, kl sy pasang ke aki mobil meledak gak ya,,,,
    Karena Sebelumnya Sy Pake Aki Motor Sekarang Sy Punya Aki Mobil Tp Blm Berani Pake,

    BalasHapus