Jumat, 09 Juli 2010

CARA MENDOWLOAD FILE POPULER DI INTERNET

Semua file yang ada di Internet bisa di download, jika tahu caranya. Baik itu music, film, game, gambar, buku, dan berbagai jenis file lainnya.

Bila diibaratkan sebuah supermarket, maka Internet adalah sebuah super-super-supermarket {supernya sengaja ditulis tiga kali). Karena apapun yang Anda perlukan bisa dicari di Internet. Semua barang yang ada di supermarket itu ditaruh, dan menunggu pengunjung untuk membelinya. Sama seperti di supermarket, semua yang ada di Internet sebenarnya bias diambil jika tahu caranya.

Download Video

Video dari YouTube
tidak bisa di sanggah lagi, YouTube adalah layanan video yang terbesar saat ini. Hampir segala jenis video ada disini, kecuali pornografi tentunya. Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari YouTube. Contohnya salah seorang rekan kami, yang sering memanfaakan YouTube untuk melihat preview sebuah game, sebelum dia memutuskan untuk membeli game tersebut. Atau Anda ingin melihat video klip musisi favorit Anda yang tidak pernah muncul ditelevisi local, padahal video klip tersebut cukup popular diluar sana. Dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya.

Sama seperti layanan video lainnya, sewaktu ingin menyaksikan video di YouTube, Anda harus men-streaiming-nya. Bagi yanag memiliki koneksi Internet supercepat, straiming tentu tidak menjadi masalah. Tapi bagi yang koneksi internetnya pas-pasan, menonton video di YouTube harus memikliki kesabaran yang lebih. Karena sudah pasti menontonnya akan terpotong-potong, yang disebabkan oleh proses buffering.

Satu-satunya cara agar nonton video di YouTube bias lancar adalah dengan men-dowload-nya dulu ke harddisk, baru ditonton sekaligus bisa dijadikan kumpulan koleksi jika Anda ingin. Bagaimana cara mendowload video di YouTube?
1. Buka www.youtube.com, dan pilih video yang ingin di-dowload.
2. Klik kanan ling videonya, dan pilih Copy Ling
3. Sekanjutnya buka http://keepvid.com, kemudian paste link tersebut dan klik Download.
4. Setelah itu, akan muncul dua buah link, Low Quality dan High Quality. Bila Anda memilih Low Quality, videonya akan disimpan dalam format flv, dan kualitasnyapun pas-pasan. Tapi bila Hihg Quality, videonya akan disimpan dalam format MP4, dan kualitasnya cukup lumayan. Dalam contoh kami, video berdurasi 5 menit 38 ditik, dalam Low Quality akan memiliki kapasitas 11,5 MB, sedangkan yang Hihg Quality memiliki kapasitas 26,5 MB.
5. Klik Download dan, pilih Save pada jendela yang muncul.

Untuk menikmati hasil download itu, pastikan anda sudah menginstal paket codec terbaru yang sudah biasa memainkan file FLV maupun MP4. Selain keepvid.com, masih banyak lagi website yang menyediakan layanan seperti ini, contohnya javimoya.com, farkie.com, videodownloadx.com, dan masih banyak lagi lainnya.

Video Streaiming
fitur video streaming ini tidak hanya ada di YouTobe saja, banyak sekali website yang menyediakan fitur seperti ini. Sama seperti di YouTube, menyaksikan video streaming dengan koneksi Internet pas-pasan bias menjadi pengalaman yang menyebalakan. Kali ini, browseryang dipakai harus Firefox:
1. Buka www.dowloadhelper.net/install.php, dan klik Add to Firefox
2. Di jendela yang muncul, klik Install Now.
3. Tunggu hingga prosesnya selesai, setelah itu restart Firefox.
4. Buka halaman video streaming yang ingian Anda inginkan. Pada contoh kami, yang dibuka adalah http://dsc.discovery.com/videos/mythbusters-sonic-boom/. Coba mainkan videonya, maka icon DowloadHelper akan muncul dibagian bawah status bar Firefox.
5. Bila tidak muncul, klik menu Tools, Add-ons. Kemudian klik tombol Options milik DowloadHelper. Dalam tab Appearance, beri centang opsi show in status bar.
6. Kembali ke Fireferox, klik tanda panah yang ada di icon DownloadHelper, pilih Download.
7. Pilih lokasi penyimpanan, dan file itu akan disimpan dalam format FLV.

Trailer Film
Dari begitu banyaknya sumber yang menyediakan trailer atau cuplikan film yang akan dirilis, ada dua buah sumber yang bisa dibilang bagus, yaitu Yahoo! Movies and Apple Movie Trailer. Mereka menawarkan berbagai trailer film baru dalam berbagai format high definition 480p, 720p, 1080p.

Jika anda membukanya langsung dari website-nya, tidak akan muncul opsi untuk mendowload-nya. Oleh karena itu, harus kita akali. Bagaimana caranya?
1. Buka www.apple.com/trailers/, dan pilih salah satu trailer film yang ingin di-dowload.
2. Dihalaman berikutnya, akan muncul opsi resulusi film-nya. Semakin besar resolusinya maka semakin bagus. Sebagai contoh kami memilih triler film “It Might Get Lound” yang berukuran 36 MB, dengan resolusi 480p.
3. Klik kanan link 480p, dan pilih copy Link Adress.
4. Kemudian paste dibagian address web browser Anda. Jangan di enter dulu, melainkan tambahkan huruf “h” di link tersebut, sseperti pada contoh berikut:
• Link aslinya adalah
http://movies.apple.com/movies/sony/itmightgetlound/itmightge-tloud_480p.mov.

• Tambahkan huruf “h”, maka akan menjadi

http://movies.apple.com/movies/sony/itmightgetlound/itmightge-tloud_h480p.mov.

5. Kllik enter, dan trailer siapo untuk di-download dalan format MOV

Download Lagu
Sesrch engine khusus MP3
Bbila Google adalah sebuah search engine yang bias mencarisemua hal di Internet, maka ada beberapa serch engine yang dikhususkan untuk mencari file MP3. Akan kita coba sajikan beberapa search engine tersebut.
• cr3action b3ta
Layanan yang berbasis di Inggris ini cukup popular untuk mencari file MP3. Dengan menggunakan alamat www.b3ta.cr3ation.co.uk/music-plus, Anda cukup mengetikkan nama penyanyi atau judul lagunya saja, klik search. Hasil pencarian akan ditampilkanlangsung. Anda tinggal men-download-nya saja.
• AirMP3
Search ingine ini mengijinkan Anda untuk mencari dari beberapa sumber MP3 secara simultan.juga didalamnya terdapat beberapa peringkat lagu (Chart) Dari MTV Eropa, Top 40 Inggris, dan sebagainya, Cukup bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lagu apa yang sedang papuler. AirMP3 bisa diakses lewat www.airmp3.net. Tinggal masukksan nama artis atau judul lagu, setelah hasilnya muncul, pilih, dan di halaman bberikutnya pilih link Download.
• Kohit
Tidak jauh beda dengan AirMP3, kohit juga sangat mudah digunakan danb menyediakan daftar 20 lagu terpopuler diberbagai Negara saat ini, selain itu, kohit juga bias dimanfaatkan untuk mencari lirik lagu. Tinggal tulis nama penyanyinya, dan klik Go. Setelah hasil pencarian ditampilkan, pilih, dan dihalaman berikutnya klik Download Now.
• mp3INT
layanan ini kurang begitu popular, dan hasil pencariannyapun tidak sebagus yang lainnya. Tapi bias dijadikan pencarian alternative bila yang lainnya tidak menemukan. Tukis nama artis yang ingin dicari, pilih salah stu hasil poencariannya, dan dihalaman berikutnya, klik >> right clik here & save target as <<. Download dari last.fm
Last.fm adalah sebuah radio internet yang berbasis di Inggris, dan didirikan pada tahun 2002. Karna pada dasarnya last.fm adalah sebuah radio, maka tentu saja apa yang disajikan disitu bias direkam, sama seperti radio transistor biasa. Cuma lebih enaknya lagi, diradio Internet ini Anda bisa memilih apa yang ingin didengar. Untuk merekam straiming dari last.fm ini, kita butuh bantuan sebuah freeware bernama TheLastRipper yang bisa di-dowload dari http://thelastripper.com/dowaload. html dengan ukuran file 282 KB. Untuk menggunakan thelsatStream, pastikan dikompuer Anda sudah terinstal minimal .NET Framework 2.
1. Yanag harus kali pertama Anda lakukan adalah mendaftar di www.last.fm untuk mendapatkan user name dan password. Gras. Kok!
2. Instal TheLastRipper seperti biasa.
3. Jalankan TheLastRipper, pilih tab Strong, dan klik Browse untuk menentukan hasil rekaman.
4. Pindah ke tab Login, masukkan username dan password last.fm Anda. Klik login.
5. Di jendela utam TheLastRipper, pada tab Find Music, tulis nama artis yang inginj didengar, dan klik Artis.
6. Bar bewarna hijau akanberjalan, yang artinya sedang dalam proses download. Jika Anda tidak suka dengan lagu yang ditampilkan, bisa klik Skip.

Walaupun pendaftarannya gratis, pengguna Last.fm yang tidak berlangganan hanya bisa mendengarkan 30 lagu saja. Untuk mengakalinya, Anda bisa mendaftar dengan username dan password baru lagi.


Download Flash
Download Animasi Flash
Kini plash dipakai dimana-mana. Dibidang animasi, video,musik, iklan, game, hingga presentasi. Oleh sebab itulah browser saat ini sudah wajib dilengkapi dengan plugin Flash agar penggunanya bisa menikmati konten Flash.
Tapi bagaimana caranya agar konten Flash bisa kita saksikan secara online, agar bisa dimainkan kapan-kapan atau di conver ke format lain? Sebab tidak seperti gambar, Flash tidak bisa di-klik kanan, lalu disimpan begitu saja. Karena animasi Flash sudah dibenamkan kehalaman web sebagai SWF (Small Web Format).
Dengan bantuan Firefox, menyimpan konten Flash sangat mudah sekali, ikuti panduannya berikut ini:

1. Buka halaman yang konten Flash nya ingin Anda simpan. Sebagai contoh kami akan menggunakan website http://ahmedmagdy.com/main.html. sewaktu masuk ke halaman utama website itu, Anda akan disajikan semacam intro berupa animasi Flash. Itulah yang akan kita download.
2. Biarkan proses loading-nya hingga selesai, begitu selesai di Firefox, klik menu Tool, page info
3. Pilih bagian media, dan disitu akan terlihat link yang menuju ke Flash yang ingin di-dowload. Bila ternyata disitu terdapat banyak link, carilah yang tipenya Embet, dan file-nya berakhiran swf
4. Klik save as untuk men-dowload flash tersebut.

Download Game Berbasis Flash
Buat orang dikantor yang banyak waktu senggangnya, biasanya yang dilakukan adalah bermain game. Namun karena ada kebijakan di kantor yang tidak mengizikan karyawan untuk menginstal game di computer kantor, maka game yang dimainkan pun beralih ke game online. Mungkin Anda sudah familiar dengan game seperti zuma, bejeweled, Alchemy, dan lain-lainnya. Aslinya, game-game itu adalah game berbasis flash yang hanya bisa dimainkan secara online. Tapi biarpun game itu game sederhana, bisa membuat orang yang memainkannya menjadi kecanduan, loh.
Salah satu website yang menyaediakan game online berbasis flash adalah wwwkongregate.com. Namun sayangnya, game-game disitu tidak bisa di-dowload sehingga tidak bisa dimainkan secara offline, tapi bisa diakali kok, beginilah caranya:
1. Dengan menggunakan Firefox, buka halaman http://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/3829 untuk menginstal add-on bernama Live HTTP Header. Install add-on itu, seperti tadi yang sudah dijelaskan.
2. Buka halaman www.kongregate.com, dan pilih game yang ingin di-download, tapi jangan diklik atau dijalankan dulu. Sebagai contoh, kami memilih game Free Rider 2 yang ada di www.kongregate .com/games/onemorelevel/free-rider-2
3. Di Firefox, klik menu tool, Livi HTTP headers.
4. Pilih tab Generator, dan beri centang hanya di Request dan capture.
5. Sekarang, baru klik link game tersebut, kemudian pantau isi tab Generatot tadi. Akan banyak baris-baris kode yang muncul, tapi cari baris kode yang awalannya bertuliskan #request# GET http://chat.kongregate.com/gamez/. Begitu sudah dapat baris kode itu, hapus centang pada Capture. Lalu klik kanan pada kode baris itu, dan pilih Copy.
6. Paste kode itu kedowload meneger atau ke bagian address, dan buang kata-kata #request# GET. Dan flash itupun siap di-dowload.

Ada yang wajib untuk diperhatikan bahwa tidak semua game yang ada di congregate.com bisa dimainkan. Ada game tertentu yang SWF-nya bisa d-dowload, tapi begitu dimainkan tidak bisa. Game tersebut menampilkan pesan seperti dikunci dan harus dimainkan di website asalnya. Anda bisa mengakali hal ini dengan bantuan XAMPP atu FlashOffliner yang pembahasannya akan kami sjikan dilain waktu.

Seandainya masih penasaran ingin main game flash yang gratisan dan bisa dimainkan secara online, Anda bisa mengunjungi website seperti www.bubblebox.com/freecontent.html.

Wikipedia
Salah satu sumber informasi yang sering diakses orang untuk mencari sebuah informasi adalah Wikipedia. Sesuai namanya, Wikipedia adalah ensiklopedia besar yang isinya disumbang oleh para penggunanya dengan berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Di beberapa edisi lalu, kami sudah pernah menyertakan Pocket Wikipedia, yaitu sebuah Wikipedia versi mini yang bersifat offline. Cuma banyak yang berkomentar kenapa bahasa yang digunakan disitu bahasa Inggris, bukan bahasa Indonesia.
Jika Anda menginginkan e-book dari Wikipedia yang berbahasa Indonesia, mudah kok bikinnya, tanpa bantuan software apapun. Beginilah caranya:
1. Buat account di Wikipedia, dengan mengeklik Log in/create account yang ada di pojok kanan atas website Wikipedia. Bikinnya gratis dan sangat mudah.
2. Setelah punya account, segera login dan cari artikel di Wikipedia yang ingin dijadikan e-book. dalam contoh, kami memilih artikel Pancasila yang ada di http://id.wikipedia.org/wkil/pancasila.
3. Dabagian sebelah kiri, klik tambah halaman. Setelah diklik, link tadi akan menampilkan seperti ini.

buat buku
 Buang dari buku
 Lihat buku
(1 halaman)
 Hapus buku
 bantuan
4. Cari cari artikel lai yang ingin Anda tambahkan kedalam e-book ini. Atau jika ingin artikel Pancasila saja yang ada di e-book, juga tidak apa-apa.
5. Setelah cukup dengan artikel yang Anda butuhkan, klik lihat buku.
6. Dihalaman berikutnya, berikan judul dan sub judul sesuka Anda. Lihat juga urutan artikelnya. Jika ada salah satu artikel yang ingin dihapus, maka klik icon tong sampah yang ada disampingnya. Susunan artikel juga bisa disusun ulang dengan men-drag-nya.
7. Jika sudah puas dengan susunannya, pilih formatnya, dan klik tombol Unduh.
8. Tunggu hingga proses fetching selesai, dan akan muncul link unduh berkas. Klik link itu untuk men-dowload e-book Anda.
9. Hasilnya bisa dibuka di PDF reader.

Google books
Google book adalah proyek digitalisasi buku yang dilakukan oleh Google yang diperkenalkan pada tahun 2004. Di tahun 2008, Google menyatakan ada 7 juta buku yang bisa dicari melalui Google books. Lalu 1 juta diantaranyaadalh buku yang full preview, 1 juta lagi ada di domain publik. Sekarang, kita akan mencoba men-dowload buku dari Google book dengan bantuan Firefox.
1. Instal add-on bernama Greasemonkey dari http://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/748. Restart Firefox
2. Setelah itu, Anda harus menginstal userscript untuk Google book Downloader dari httpa://userscripts.org/scripts/show/37933. Klik Install.
3. Di jendela yang muncul, klik Install.
4. Buka http://books.google.com, dan cari buku yang ingin di-download denga opsi Full only. Jika opsi ini dipilih, maka buku yang ditampilkan bisa kita lihat semuanya. Ada buku yang hanya diizinkan untuk melihat preview-nya saja karena ada hak ciptanya. Dalam contoh, kami memilih buku The Two Gentelman of Verona yang ada di http://books.google.com/books?id=8IcTMoaZvisCerprintsec=frontcoverdg=comedyerl=eras_brr=1.
5. Klik link buku itu, dan dihalaman berikutnya akan muncul link Download This Book.
6. Kemudian pilih halaman berapa buku itu ingin di-download, lalu klik Dowload.
7. Akan mencul link tiap halaman buku itu yang siap di-dowaload dalam format PNG. Sekedar informasi, jika Anda men-dowload-nya dengan bantuan Dowload Manager, pastikan proses dowloadnya dilakukan satu persatu halaman. Jangn dua atau lebih halaman sekaligus karena IP Anda nanti bisa di blokir oleh Google.

Info ini saya catat dari sebuah Tabloid, tapi maaf saya lupa tidak mencatat nama tabloid nya,tanpa sengaja catatan ini ketemu lalu saya postingkan disini, yah semoga aja bisa membantu sobat - sobat sekalian. Thanks!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar