Minggu, 23 Januari 2011

CARA MERAKIT POWER AMPLIFIER PLUS RADIO FM TUNER

Asyik dech bisa dengerin musik via radio lokal, suaranya jernih, FM Poenya….. Dan yang tidak bikin bosan ada suara penyiar idola yang suaranya aduhai merdunya, dan ada info juga iklan-iklan, ga kayak dengerin lagu di DVD/MP3 cepet bosan karna ga ada penyiar dan selingan selingan lainnya…. Makanya pasang dech FM TUNER ini di Ampli ato di SPK aktive qmu,,, dijamin rumahmu ga akan sepi wlu qmu tinggal pergi…. Hehe, bkan promosi loh….! Jika ga ada SPK aktive ato ampli ya sekalian aja rakit sama Power Amplifier nya. Untuk merakit POWER AMPLIFIER yang ada RADIO FM STEREO nya maka harus di siapkan adalah:
  1. KIT STEREO TUNER FM (pilih yang anti desis/desah)
  2. KIT TONE CONTROL STEREO (pilih yang langsung ada IC Regulatornya)
  3. KIT POWER OCL STEREO (misalnya OCL 200 W produck BELL)
  4. TRAFO CT (sesuai kebutuhan 5A-20A)
  5. BOX
Langkah -Langkah Merakit Radio FM Setereo


  1. Solder kabel listrik ke Trafo 0 - 220V dan juga pasang Power Switch on/off
  2. Hubungkan output trafo (18V-0-18V) ke PCB Power Supply 
  3. Hubungkan ouput Power Supply (+18V, 0, _18V) kebagian PCB Power OCL STEREO. Perhatian: Jangan sampai terbalik polaritasnya jika terbalik KIT POWER OCL STEREO bisa rusak !!! disini 0 = 0V atau GND (grond/tegangan tanah)
  4. Hubungkan output SPK pada PCB KIT POWER OCL STEREO ke Terminal Sepeaker. Kemudian coba colokkan kabel listri ke listrik 220V dan on-kan Switch-nya kemudian sentuh bagian input pada PCB KIT POWER OCL STEREO. Jika terdengar suara yang keras pada SPK maka rakitannya benar dan teruskan langkah selanjutnya.Oh iya... Jangan lupa Power OCL nya di beri sirip pendingin (heatsink) yang cukup besar agar TR-nya tidak panas dan akan lebih baik dikasih kipas juga.
  5. Hubungkan input DC 12V (+,-) pada KIT STEREO TUNER FM ke PCB POWER SUPPLY (+18V) sebaiknya diberi tambahan IC regulator 7812, karna tegangan yang di butuhkan KIT STEREO TUNER FM adalah 12V. Nah... Output tegagan 12V dari IC 7812 ini bisa juga dimanfaatkan untuk tone control, dan juga rangkaian GALAXI, jika Anda menggunakan tone control dan GALAXI yang menggunakan tegangan 12v. Jika IC 7812 kelewat panas maka berilah pendingin secukupnya dan boleh di tempelkan pada box karna body IC 7812 adalah GND
  6. Hubungkan Output (L & R) pada KIT STEREO TUNER FM ke input pada PCB KIT TONE CONTROL STEREO. Jika ingin bass dan treble nya lebih tajam maka kamu bisa tambahin Kit GALAXI, atau yang sejenisnya. Kit ini sebaiknya di pasang sebelum Tone Control.
  7. Hubungkan ouput (L & R) pada TONE CONTROL ke input (L & R) pada POWER OCL. Hubungkan VCC +12V ke output IC 7812 dan negative-nya ke Ground (CT trafo). Tapi jika Anda menggunakan tone control dengan tegangan ganda biasanya langsung ada IC 7815 dan 7915 sebagai regulatornya. Maka langsung saja sambungkan input VCC nya ke PCB Power Supply (+18V, 0V, -18V)
  8. Solder dan sambungkan input antena pada TUNER ke antena. 
  9. Teliti kembalil apakah sudah benar dan tidak ada yang terbalik terutama bagian VCC-nya. 
  10. ON kan Perangkat dan cari siaran, jika ada sinyal atau siaran maka lampu hijau akan menyala dan jika pemancarnya Stereo maka lampu merah juga akan menyala.
Sekema IC 7812
Diagram blok pamasangannya
Ini adalah gambar-gambar kit yang sering saya pakai untuk merakit Power Amplifier


FM Tuner
Tone Control
Power OCL 200W
Power OCL 300W

Power OCL 600W

PCB untuk Power Supply OCL 200W dan PA OCL 300W

GALAXI. Alat ini gunanya untuk menambah bass dan treble jika dirasa kurang. Dipasang sebelum tone control.

SELAMAT MENCOBA SEMOGA SUKSES !!!


SEJARAH SINGKAT RADIO FM
Frequensi Modulation Radio atau kita kenal sebagai Radio FM dipatenkan 26 Desember 1933 di Amerika oleh Edwin Howard Armstrong. Melalui regulasi Federal Communications Commision (FCC) stasiun W1XOJ untuk pertama kalinya membroadcast siarannya pada tanggal 5 Januari 1937 yang didemonstrasikan langsung oleh Armstrong pada spektrum frekuensi 42-49MHz dan FCC memberi ijin frekuensi tersebut untuk pemakaian komersial, yang kemudian dibentuklah Yankee Network untuk penjualan perangkat penyiaran radio FM (sampai tahun 1945 mencapai 55 stasiun radio FM), dengan propaganda kualitas FM jauh lebih bagus (dan bisa stereo) daripada radio AM(Amplitudio Modulation) yang sudah lebih dulu dipakai. Tahun 1945 Radio Corporation of America (RCA) mendesak FCC untuk memindahkan frekuensi FM ke yang lebih tinggi (88-108MHz) karena interferensi dengan sinyal televisi dan untuk melebarkan penggunaan frekuensi televisi sebesar 40MHz dengan menggeser frekuensi FM. Armstrong yang memiliki paten FM gagal menggeser ke frekuensi yang lebih tinggi. RCA kemudian mengambil alih paten Armstrong yang membuat hancur Yankee Network, hingga akhirnya Armstrong bunuh diri loncat dari apartemennya, tragis! Kemudian mantan istrinya bersama sang janda Armstrong mengajukan tuntutan persidangan hingga hak paten dipulihkan kembali pada tahun 1967.

Semoga bermanfaat

***

165 komentar:

  1. mas saya punya kit thunder 500waat suaranya kebenem dimana kesalahanya mas minta saranya biar suaranya jd los

    BalasHapus
  2. dibagian Tone Control... jika perlu tambahi kit galaxy biar bass nya bertambah dan juga treeble nya...

    BalasHapus
  3. saya ingin menggeser frekwensinya jadi naik ke atas biar bisa ngerisip para breaker fm yg mana yg harus di cun juga tak lupa bagian tuk sensitipnya juga...makasih boss..

    BalasHapus
  4. Iwann: untuk menggeser frek ada di dalan tunernya. yak ni c-trimer dan lilitannya bisa di renggangkan atau dikurangi jumlah lilitannya jika ingingin monitor diatas 108, dan jika inging di bawah 88 maka harus rapat atau ganti dengan lilitan yang lbh banyak. untuk sensitifnya penala harus bekrja pada frekwensi osc, juga antena mempengaruhi.

    BalasHapus
  5. mas,, kalo pake kit power ocl 600 watt harus pake pcb lagi gak??mas,, kalo pake kit power ocl 600 watt harus pake pcb lagi gak??

    BalasHapus
  6. firdaus: maksudnya PCB apa.. kit kan langsung ada PCB nya???

    BalasHapus
  7. maksud nya pcb untuk power suplay nya yang 600 watt.

    Kalo power ocl yang 300 watt,pcb power nya pake elko yang brapa mikro dan diodanya juga yang berapa ampere?
    Thank's atas info nya.

    BalasHapus
  8. firdaus: untuk doda sesuai tegangan yang digunakan,, 300w dengan tegangan rendah otomatis ampere nya besar, 300w dengan tegangan tinggi tentu ampere (arus) nya kecil, misalnya ampli 300w dengan tegangan (vol) 20v maka arus nya (ampere) 15A jadi harus pakai minimal dioda 15A, untuk ampli 300w dengan tegangan 30v mk kuat arus nya adalah 10A mk pakailah dioda minimal 10A.. INGAT aja rumus kuat arus (AMPERE) I=W/V. untuk masalah elco, tentu lebih besar kapasitas nya akan lebih bagus karna semakin besar kapasitas (uF) elco maka tegangan akan smakin stabil, dan untuk voltase elco janganlah beda jauh banget ama tengangan yang di gunakan,, misalnya anda pake tegangan ampli 20v maka gunakanlah elco yang bertegangan 35v dan jg jangan terlalu dekat misalnya anda pake elco 25v untuk teganan 20v.

    BalasHapus
  9. wahh.. Mas trafo saya masih 5A mau coba power yang 300 watt,kira2 bisa di usahain lagi gak ya?supaya bisa ngangkat itu power..

    BalasHapus
  10. firdaus: ngangkat sih ngangkat tp ga maksimal.. power 300w itu menggunakan vol 30v brarti trafo nya 10A (murni) jadi klu trafo nya cuma 5A maka vol nya harus 60v,,, kira2 kuat apa ga rangkaiannya pake 60v,,, 5A hrus yang murni... klu ga murni itu cuma 70%.

    BalasHapus
  11. ooo.. Gitu ya mas,, harus beli trafo nya juga dong,,
    Kalo mas tau kira2 harga trafo yang 10 ampere kisaran berapa ya mas di pasaran?

    BalasHapus
  12. klu yg biasa disini berkisaa 110rb, tp klu yang murni tnt bisa 2xlipat bahkan lebih...

    BalasHapus
  13. mas bisa di beli kaga nya tinggal pakai gitu.kalau bisa brp harganya

    BalasHapus
  14. Permisi Mas saya mo tanya, klo tv dan tape compo tiba2 mati karena petir bisa direparsi ga, tapecompo saat on layar nyala dvd, fm tuner tp semua tidak brpfungsi dan tv klo on ada suara dengung listrik masuk tp ga nyala.. tolong ya mas infonya?

    BalasHapus
  15. Sardo: bisa.. klu harga tergantung brapa watt nya,, email aja ke minsupat352@gmail.com

    BalasHapus
  16. Sarif: klu kena petir itu kemungkinan sulit di perbaiki,, tp perlu di cek dulu karna ada jg yang kena petir tp ga begitu parah sehingga masih memungkinkan utuk di reparasi, klu tv biasanya klu kena petir parah mending ganti mesin aja, klu kondisi CRT nya masih bagus...

    BalasHapus
  17. sadro: bisa jg sms ke nomor ini: 07417301527, tp maaf no ini ga bisa di tlp,, sms aja...

    BalasHapus
  18. ohh gitu, haduh.. hrs dilembiru, pusing euyy, makasih Mas.

    BalasHapus
  19. sarif: lembiru kadang obat yang mujarab,,, hehehe....

    BalasHapus
  20. mas mw tanya ni, sy punya power ampli 200w sprti gmbr di atas dan trafo 5A murni.. gimana y mas spy ampli yg sya rakit bisa tahan tdk cpt rusak..

    BalasHapus
  21. gunakan tengangan sesuai dgn tr yg digunakan dan gunakan daya output power tsb,, pasang heatsik (almunium pendingin) yang cukup dan beri tambahan fan (kipas pendingin)

    BalasHapus
  22. terimakasih segede2nya buat starservice, ini ada beberapa hal ingin ane tanyakan.
    a. spk aktiv yang diinjek galaxy , FM Tuner de el el, apa trafonya perlu diganti ( istilah di PC UPGRADE)?
    b. berapa persen galaxy mampu mendongkrak treble dan bass?
    c. selain Galaxy, apa ada hal lain yang bisa mengoptimalkan suara sound system?

    BalasHapus
  23. obied sabily: makasih jg udah berkunjung ke blog ini
    a) biasanya sy tidak mengganti trafo,, tp jk diliat trafo yang udah ada kurang memadai biasanya saya menambah trafo lagi,, trafo 1-2ampere khusus untuk FM Tuner nya
    b) pikok nya gede banged deh,, kadan spk nya yang ga kuat, atau power ocl nya yang jadi panas,, oleh karna itu perlu jg di perhatikan spk dan ocl nya jika ingin menambah galaxi, jika spk ga kuat lebh baik jangan,, jika pendingin ocl nya kurang anda harus menambahnya,, atau mengganti transistor final nya dengan yang lbh gede,,,
    c) selain galaxi yang banyak yang lain, galaxi kan cuma memperkuat/mempertajam nada rendah dan nada tinggi nya sehingga soun lebih menonjol nada bass dan treble nya,, anda kan bisa menambahkan equalizer grafik atau yang matriq,,,

    BalasHapus
  24. sangat sangat membantu. dan alhamdulillah spk aktif saya dah power full ( diruangan sih )
    sekarang dibenak saya malah ingin membangun ampli yang 400w dengan bekal :
    1. bisa nyoder
    2. tahu sekilas min dan plus
    3. tahu peris bentuknya trafo
    yang tidak saya ketahui:
    1. PCB itu apa?
    2. Power supply juga kayak apa?
    3. perlukah PCB itu untuk Power 400w? soalnya yang saya lihat di spk aktifku cuma ada trafo, power dan tone control. ( maaf mas agak cerewet ya!!)
    dan pertanyaannya,
    1. 400w itu maksimal untuk berapa spk?
    2. trafo musti yang berapa a? dan jenis kayak apa?
    3. kebutuhan lainnya apa?
    3. saran jenengan gimana mas?
    kalo bisa dikupas mas secara tuntas ya. soalnya ini uji cobaku yang pertama. kan pas banged masuk di star service. ato kalo gk sempat nulis, kasih lah beberapa link yg bahas tuntas ni tutorial.
    kenapa 400w, karena dirumah sudah ada power spinx 400w
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. PCB (printed circuit board) adalah papa tercetak untuk meletakkan komponent/rankaian electronic
      2. power supply itu adalah rangkaian untuk mensupply rangkaian, misalnya power ocl,tone controle, fm tuner dan lain lainnya,, output power supply biasanya terdiri dari plus (+) dan minus (-) dan ada jg ground (G/0/CT). power supply sederhana biasanya terdiri dari trafo, dioda, dan elco
      3. perlu,, sebenernya tanpa PCB jg bisa tp nanti hasilnya smrawut/acak acakan, nah itu pada power dan tone control itu kan komponent nya di letakkan dan di solder pada PCB

      1. 400w pake 4spk @100w udah cukup dan pake yang 8ohm
      2. untuk 400w, jika anda pake tegangan 20v maka trafo yang di gunakan 20ampere

      Hapus
    2. oke,
      sekarang yang dah ada di rumah
      1. Kit power MONO 400w, 30v, ct/Gnd (SPINX)
      2. Kit tone control 15v (hooky)
      untuk trafo dan power suply, rekomendasi bapak kayak gimana?
      trafonya berapa a?
      PSUnya kalo rakit sendiri butuh apa saja?
      kalo PSU yang dah jadi, merek apa? atau yang kayak apa?

      Hapus
    3. saya sarankan bapak menggunakan trafo 20A, bapak cari trafo yang memiliki tengan keluaran 30v/ct dan 15v/ct jadi tengangan tone control langsung dari trafo tsb,, untuk rangkaian power supply sy biasa membuat sendiri, karna untuk OCL rangkaian psu nya cukup sederhana,, cukup pake dioda 4buah dan elco dua buah,, dan untuk psu tone control sama aja tinggal di tambah IC regulator 7815/7915, itu saja smoga bapak memahami,,, thx,,,

      Hapus
    4. cukup paham, tapi ada masalah lain yang timbul, sebenarnya bukan masalah tapi lebih ke hambatan.
      hambatannya begini:
      saya udah putar2 kesana kemari tuk cari PSU untuk 20A 30v, tapi gk nemu ( mungkin karena posisi rumah saya terpencil ). yang ada hanya PSU 5A, 15v. lalu saya ambil inisiatif ambil saja PSU yang 5A, 15v dua buah, dengan keyakinan PSU itu bisa dimodif ato overclok. di PSU itu ada dioda dua buah 5401, terus ada elco yang 1000uf/16v dan 1300uf/16. ada IC 7812. terus ada lagi sambungan ke B D E.
      pertanyaanya:
      apa saja yang harus diganti agar PSU tersebut kompatible dengan power ampli 400w?

      Hapus
    5. klu cuma psu 5a mo dimodif ke 20a ya wallohualam,, psu itu kan yg utamanya adalah trafo,,, klu untuk power ocl anda cukup beli trafo sama dioda + elco saja,, klu beli yang jadi emang ga ada...

      Hapus
  25. asslm_mas aku ingin skali bljar servis elektronik, klu blh saya mau belajar dari mas puja.... By:abankz

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum,,,wah nyimak mas,saya mau belajar,lumayan buat suara temen tidur,tapi ga brani langsung yg gede,hanya bermodal solderan,travo 3A,elco 42 volt 3300uf,dioda 6Ax4,kit power ocl 32wat,tone control UNI-140,1 ic reg L7812,tuner fm,+set kit pre amp buat mic,

    apa yg harus dilakukan untuk menghasilkan power suplai tuk,tuner dan mic,saya ingin bisa denger radio+mic buat genjrengan gitar+buat dengerin mp3@?????

    Suwun sebelumnya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam... buat supply sesuai tengangan yang dibutuhkan tone control dan pre amp mic tsb,,, supaya stabil dan mantab pake IC Regulator,,,

      Hapus
  27. Dhavid prasetyo23 Februari 2012 15.05

    Assalamu'alaikum wr wb..
    Mas...Radio yang ada d'rumah ku itu rusak...
    Pertanyaannya adlh:
    1.Apa yang harus d'cek sblum radio itu d'bongkar???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelum di bongkar ya diketahui dulu jenis kerusakannyanya bagai mana?? ibarat dokter sebelu menyuntik atau memberi obat kan tanya2 dulu udah berapa lama sakitnya,, sakitnya bagian mana dll,,, itu tujuannya supa ya lebih mudah dalam mendeteksi penyakitnya,, klu tehnisi ya supaya lebih mudah menemukan biang penyakitnya tampa harus tes satu parsatu komponen yang ada,,,,

      Hapus
  28. permisi mas ikut gabung...
    di rmh saya ada tape yang sudah di rombak di kasih power ampli 400watt dengan travo 5Amper 2buah. untuk tape saya sudah gak butuh karena susah cari kaset pita jaman sekaran. kalo saya ingin membongkar tape itu lalu saya jadikan power ampli saja, rangkaian2 apa saja yang harus saya ambil(nama dan bentuknya gimana? kalo bisa kasih foto) dan cara merakitnya gimana? bisa kasih panduan secara detail gak? maklum karena saya gak ngerti elektro tapi ingin belajar. terimah kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang di ambil
      1. trafo
      2. kit power supply nya (yang ada elco dan dioda nya)
      3. kit power ampli nya (biasanya yang ada sirip pendinginnya terbuat dari alumunium)

      maaf klu upload gbr ga bisa karna rangkaian kan berlainan nanti yang say upload belum tentu sama dengan yang ada di tape anda...

      Hapus
    2. mungkin sebutin dulu merek dan tipe tape jenengan. cuma kalo tape jenengan rakitan, jangan di apa2in deh, kan ada input untuk cd mik de el el.

      Hapus
  29. Wow amazing...
    By www.duckcaptaincommunity.blogspot.com

    BalasHapus
  30. trafo,y lbih bgusnpke yg mana

    BalasHapus
  31. assalamu'alaikum,mas..saya lagi belajar merakit sendiri sebuah amplifir yg powernya mx300 (BELL) dan menggunakan tuner volume arus ganda skalian dg pcbnya,dah seminggu saya cobain blm bunyi.mas bantu saya donk kirimkan panduan step by step cara masangya KE EMAIL SAYA :an_sari70@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan udah lengkap pada posting diatas,, tinggal copas aja,, kok repot harus pake email sgala,,,

      Hapus
  32. mas.. Sy bru merakit stereo ocl mx 300watt 24 ct 24.
    Pertanyaan'y mas?
    1. Berapa watt out put'y.. Apa mencapai 300watt,klw tidak komponen mana yg mesti di ganti,apa pengaruh buruk'y bila di ganti.
    2.sy pake trafo 5 amper biasa...24 ct 24 sy pindah ke 30 ct 30 sampai saat ini gk menimbulkan efek buruk pasca di pindah'y 24 ke 30... Dioda petak+elko 50v 4buah msing2 10000 uf. Bener gak mas p.supply'y.....
    3.rangkaian sy tambahkan tunner fm dengan p.supply yg berbda 15 ct 15 tpi pke trafo 1 tdi, dn sy gunakan bwt galaksi dan tone control.sblm tone control jg sy psg kit giga bass.
    Sy pke spk audax pro tech 8 ohm 10'' 2 buah.
    Suara'y menggelegar... Kra2 ada yg slh gk bgi mas.. Klw ada tlg beri tau biar bisa lbih maksimal.. Mohon bantuan'y.tks....

    BalasHapus
  33. untuk mengetahui watt output sebuah amplifier rumusnya V pangkat 2 dibagi RL
    dimana V adalah tegangan out dari power amp, dan RL adalah beban yang biasanya berupa speaker ( misalnya 8 Ohm )
    jadi gak sama dengan daya yang diserap ( lebih kecil dari daya yang diserap ) karena pengaruh efisiensi penguat daya. dan komponen pendukung di penguat daya tersebut.
    mengukurnya mesti pake Dummy load, CRO dan F generator.

    untuk pertannyaan no 2 dan 3 klu ga ada masalah dan sudah menggelegar dan tidak ada humming bromming serta nois ya sudah oke tuh,,,

    BalasHapus
  34. Klw suara'y shi bening mas gk da masalah hanya bengungan kcil biasa.. Klw bening tanpa suara ya ampli dalam keadaan off hee...
    Yg mw sy tanyakan mas ngangkat gak ya tu ampli jka pke spk 12'' 2 buah L&R dengan watt 300... Rencna mau sy ganti spk merk faboulus.. Bgs gk ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuat ga nya ya tergantung ipendansi sepekernya,, kan ada yang 80hm 4ohm dll, impedansi kecil tentu akan meguras kinerja apli, jadi harus di sesuaikan antara daya power sama spk yang digunakan,,,

      Hapus
  35. aslmualaikum mas..
    Mw tanya lgi?..
    ampli 300 watt bgus pke tr TIP apa yg jengkolan mas?..
    trus rakitan sy bermasalah pda bas'y mas..
    Sy pke mx 300watt yg koment di atas tu..
    Jika volume dan bas berada pada jam makan siang kok suara'y mentok ya?
    Gber sih gak.. Cm suara'y dok'' gtu..
    Apa audax 150watt 10'' itu gk bagus ya?
    Atw travo'y kurang gde.
    Mksih sblum'y
    Perkenalkan nm sy budi

    BalasHapus
  36. klu masih sama2 transistor itu sama aja,, yang penting yang digunakan trasistor untuk audio, bukan trasistor untuk pemancar ato yang lain,, trasistor itu kan ada karakteristik nya jadi bukan dilihat dari fisik nya,, boleh jadi fisik beda namun karakter nya sama ya hasil sama,,,,

    over pada input ampli jg bisa bikin gember biasanya gember disertai suara midle pecah, speker gak mampu jg bisa gember tp biasanya suara medle ga pecah misalnya cuma bas nya aja yang gember karna membram spk gak saggup nampung bass, jdi sbagai penggemar audio kudu filingnya main,, apakah dari rangkaian penyebab itu, ato dari spekernya,,,

    BalasHapus
  37. oke mksi byk.. Sangat membantu

    BalasHapus
  38. Siang mas..
    Mw tanya mas..
    saya baru saja merangkai amplifier ocl 300watt mengikuti cara yg sama sprti teman yg berkomentar di atas ini
    Tpi kok klw bas'y di polin kok suara'y ilang ya..
    Spker'y brrrrrrr gtu.. Apa'y ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. suara apa maksudnya yang ilang,,, spekernya brrrr gitu bisa jadi dari spkr nya yg rusak bisa jg dari power supply tidak mencukupi,, ato kegedaan bass,,,,

      Hapus
  39. mas kw mw merakit 7815 dan 7915 gmana mas?mhon ptunjuknya nih!

    BalasHapus
  40. mz klw tba2 suara SPK dengung trs travo pns dlm wkt singkat it ap'y yg kna mz.
    Sy gnti dioda msh ttp pns.
    Elko pwr supply amn2 sj.
    Sy pnsrn sm travo'y llu sy ambil travo'y dn sy cba rakit jd cas aki travo'y g brmslah. Bsa buat setrum aki.
    Trs sy psg k ampli lg sy pksa travo'y jd pns brasap. Pdhl sy liat ampli'y g brmslah.apa'y tu mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. klu trafo panas sedangkan trafo tidak bermasalah,, biasanya penyebabnya ada di bagian power supply,, bisa dioda short ato elco short,, dan bisa jg dari TR Final Power Amplifier nya yang short,,,

      Hapus
    2. Dsni R330'y yg hangus, brarti TR final'y yg kna ya mas.
      Diganti R'y gosong terus.
      Apa aja yg prlu dganti mas.. Apa TR yg sblh di ganti semua mas.
      Mklumlah gk ada tempat servis dsni. Mhn bantuan'y mas

      Hapus
    3. biasanya jk R330 hangus maka TR Final short dan TR Driver jg rusak,, ganti TR Final dan Drivernya sekalian,, cek jg TR yang kecil2, dan Diode nya jg dan R yang lain di cek jg,,,

      Hapus
  41. IC Regulator 7812/7815 bwt cari teg 12v/15v jika di ambil dri power supply 30v atw 24v bisa gak mas.mksih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja,, tp akan panas,, yg sebaiknya misalnya 7812 maka input nya max 18v,, klu tegangan terlalu tinggi ya di turunkan dulu pake rangkaian penurun tengangan gunakan transistor dan resistor,,,

      Hapus
  42. mas sya punya power ocl 150 watt,tr daya nya pke 2 tr 2955+3055!yg sya ingin tanyakn,apkah kw kita memararelkan tr trsebut watt power tu nambah?misalkan kita pararelka kan 2 bji 2955 dan 2 bji jga 3055,jd totalnya kita pke 4 tr daya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya aja udah OCL 150w mo di paralel 10 jg ya ttp 150w,, cuma tahan panas aja (krn pake tr banyak ya ga panas) kecuali anda menaikkan tegangan maka wat jg akan bertambah,, tp perhitungkan jg tr driver nya sanggup ga,,???

      Hapus
  43. Mw tanya mas..
    Bagaimana cara merangkai dengan benar tonecontrol 5 band merk bell 15v ct 15v yg langsung ada powersupply'y.
    Udh beli 2 kali tpi dengung'y gk hilang.pdhl udh di jauhkan dri rangkaian lain.bgaimna cra ngilangin dengung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya sy tidak ada masalah,, pasang jalur supply ke trafo,, jalur output ke in power, GND usahakan satu jalur ambil dari power,, jangan dari trafo...

      Hapus
  44. Apa memasang tone control hrs menggunakan trafo terpisah(sendiri)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ga harus,, kecuali klu tone control nya pada box terpisah akan lebih baik pak trafo sendiri,, tp klu model ampli yang tone control dan power satu box kenapa harus pake trafo sendiri,, beli aja trafo yang out nya berpariasi misalnya ada 0-9, 0-12 dan 0-15 dan 12-0-12, 15-0-15,18-018,24-024 dan 30-030 jadi kan bisa diambi dari satu trafo, atau bisa jg jika trarfo yang anda punya tidak ada yang susuai untuk tone control anda bisa cari tone control yang sesuai sama tegangan power,, jadi teg tonecontrol bisa di ambil dari power tsb... atau anda bisa memakai IC regulator,, 7812, 7815, dll...

      Hapus
  45. Trus mas supaya suara'y bagus dan tidak dengung+noise gmna cara yg tepat.apa harus pke trafo sendiri.di trafo 5 amper murni terdapat 5 amper dan 2 amper,apa perlu pke trafo tambahan bwt memasang tone control parametric

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ga harus,, kecuali klu tone control nya pada box terpisah akan lebih baik pak trafo sendiri,, tp klu model ampli yang tone control dan power satu box kenapa harus pake trafo sendiri,, beli aja trafo yang out nya berpariasi misalnya ada 0-9, 0-12 dan 0-15 dan 12-0-12, 15-0-15,18-018,24-024 dan 30-030 jadi kan bisa diambi dari satu trafo, atau bisa jg jika trarfo yang anda punya tidak ada yang susuai untuk tone control anda bisa cari tone control yang sesuai sama tegangan power,, jadi teg tonecontrol bisa di ambil dari power tsb... atau anda bisa memakai IC regulator,, 7812, 7815, dll...

      Hapus
    2. klu anda baca kesulurahan posting diatas kan ga ada anjuran agar pake trafo tambahan untuk tone control liat pada diagram blog pemasangan, disitu cuma pake satu kit power supply dan satu trafo,,, (satu trafo untu ocl, tone control, mega bas dan fm kit,,,)

      Hapus
  46. Postingannya sungguh bermanfaat. Karena saya mulai belajar elektronik disini.
    Btw, saya minta bantuannya. saya punya trafo CT 3A 20V. rencananya mau bikin catu daya dg out 20v, kira2 kalo pada rangkaiannya menggunakan dioda IN 5401 4 buah dipasang bridge, kemudian elco 2200 uF 35V 4 buah. kira2 bisa gak. soalnya dipapan PCB nya memang komponen2 itu aja yang tertera. Ini buat power amp 200 watt. Saya masih ragu pada diodanya, karena cuma ditulis 3A. Mohon bantuannya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diode IN5400 - IN5408 dayanya sama untuk 3A cuma beda pada voltase saja antara 50v - 1000v dan IN5401 pada voltase 100v jadi bisa digunakan pada PCB tersebut,,,

      Hapus
    2. Thank mas udah jadi.
      Tapi pada rangkaian tersebut saya juga butuh tegangan 12V DC, apa cukup ditambah tr An7812 yang dirangkai pada salah satu tegangan 20Vnya.
      Atau Kalo ada skema Power Supply multi output monggo diposting.
      Thanks.

      Hapus
    3. Klu 12 V nya cuma untuk fan ato tone control ya paka IC 7812 aja,,,

      Hapus
  47. Mas klw ocl power amplofier 300 watt merk bell mna yg bagus MX,BSX,MOSPET,BLAZER atw apa... Atw merk apa yg lbih bgus dri bell.

    BalasHapus
    Balasan
    1. merek bell bagus smua kok,, ambil sesuai kebutuhan dan isi kantong,,,,

      Hapus
  48. Mas saya bru beli trafo 5 amper murni
    Disitu ada di bagian dpn tertulis 5 amper 12-0-12,18-0-18,24-0-24,32-0-32.
    Dn yg blakang tertulis 2 amper 12-0-12,15-0-15,
    Itu 2 trafo di buat dijadikan satu atw mcm mna mas kok 1 trafo ada 5 amper dan 2 amper'y..
    Trus trafo 5 amper murni maksimal bwt power amplifier berapa watt..
    1.klw power amplifier input'y 24-0-24
    2.klw 32-0-32
    Mksih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu maksudnya supaya jika anda merakit Power amplifier dan langsung ada tone control nya maka Anda tidak perlu pake trafo tambahan untuk tone control nya,, anda bisa memanfaatkan yang 2 amper 12-0-12,15-0-15 juga bisa anda manfaatkan untuk supply ke fan (kipas)

      trafo 5ampere murni tinggal kalikan aja 24 x 5 = 120w, 32 x 5 = 160w, dan hasil ternyata ga bener2 sigitu karna ada yang terbuang menjadi panas dan induksi trafo yang tidak sempurna biasanya trafo besi dinilai 70-80% jd walu pun anda pake trafo 5a murni itu hanya 70-80% saja tidak bisa bener2 5a murni,, jika ingin mendapatkan yang murni maka pakelah yang diatasnya misalnya 10A murni lebih baik untuk POwer berkisar 150w,,,

      Hapus
  49. mas sya punya bnyak ocl 150 watt,cuma sya g punya tone control nya nih,sya mw belajar bkin sendri tone control nya,ap mas punya rangkaian dasar2 bkin tone control sedrhana?mhon bntuanya mas,lg belajar elektronika nih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat disini: http://www.starservicego.blogspot.com/2011/07/tone-control-tl072.html

      Hapus
  50. Mas.. Mw tanya ni?
    1:Klw power amplifier bell mx300watt pke trafo 5amper murni dri 24-0-24 di naikin jdi 32-0-32 tanpa merubah komponen'y apa risiko'y mas.. Baik apa buruk,dmikian jga klw pke trafo 10 A,baik apa buruk jka di naikin jg dri 24 ke 32

    2:power amplifer mx300watt maksimal pke SPK berapa buah mas..cari yg berapa watt'y klw menggunakan 8ohm 10'' dan klw menggunakan 12''.
    Atw bgus'y mnrut mas harus pke berpa watt spk'y,brpa in,berapa buah Spk maksimal'y.

    3:power diatas berarti bagus'y pke trafo 10A ya mas..
    Trus bgs pke elko 50v 10000uf 4buah atw 2buah.atw pke elko yg brpa.
    Mksih sblm'y

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. klu tegangan dianakkan otomatis watt jg naik dan suhu komponen jg akan nai saat di operasikan dengan beban yang sama,, maka akan bresiko cepat rusak nya komponen

      2. klu trafo nya 10A pake spk 4 buah yang 8 ohm sudah cukup jd power anda tidak terlalu terbebani, wattnya ya cari yang sesuai kemampuan power anda,,,

      3. untuk 300wat ya sharusnya pake 10A (10 X 30 = 300) pake elco 10000/50v 2buah udah cukup tp klu pake 4buah ya lebih baik,,,

      Hapus
  51. Mas?.. Di power 300watt tertera bwt powersupply'y menggunakan dioda brigde 4 buah dan elko'y 35v 4700uf X4 dengan input 24-0-24
    Jika di ubah dengan memakai dioda petak elko 50v 10000uf X2 bagusan mana mas sm yg diatas..
    Trus klw pke elko 50v 10000uf X4 dioda petak gimana tu mnurut mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 300 w dengan dioda 4buah dan elco 50/4700 itu udah cukup,, tp klu banyak dana dan mau pemborosan ya pake diode silicon yang 35A dan elco gede dan banyak jg ga masalah,,,

      Hapus
  52. mas di rumah sya punya rangkaian power bekas speaker aktip BAZOKA!krna spekernya udah jbol,sya keluarkan rangkaianya mas,dlu wktu msih bgus,suaranya tuh bgus bgt mas nge bass bgt dan uniknya lg,kw musiknya berhenti,rangkaian tu juga mati (dilihat dr indikator led)jd tdk trdengar suara noise dr speker tu!musik berjlan lg,speker tu on lg mas!trnyata d dlamnya tuh pke relay.pertanyannya ko semenjak sya gnti ic powernya tu,speker tu g otomatis lg mas?musik berhenti pun speker tu msiah aja aktip?jd trdengar noisenya,mslahnya dmana ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi rangkaian untuk mendriver Relay nya ga berfungsi.. sebenernya rangkaian itu mudah dibuat,, hanya dengan satu buah relay dan 2buah transistor dan resistor serta capciotor sudah bisa dibuat,, rangkaian itu akan aktiv dan menggerakkan relay jika mendapat sinyal (audio) pada input nya,, dan kekuatan input nya bisa di atur dengan VR,,, rangkaian sprt ini dulu pernah sy buat untuk karaoke jenis tape deck,, jadi jika rangkaian ini dapat input dari audio mic maka akan menggerakkan relay dan memutuskan secara otomatis vokal dari cassette deck dan manggantinya dengan vokal kita sendiri,,,,

      Hapus
  53. Assalamu'alaikum.....
    Mas kalau saya punya 2 Speaker dengan tulisan dibelakang'y 200 watt, dan mau ta bikin speaker aktif, saya harus beli kit amply yang berapa watt mas?

    BalasHapus
  54. di toko2 kan dah ada kit yang khusus untuk spk aktiv,, jadi sudah langsung power supply, tone control dan mic,,

    BalasHapus
  55. Mas saya punya radio... sblmnya sih ada suaranya knp ko tba2 gada ya mas itu apanya... klo speaker udh sya cek msh bgus !!! mohon balsannya...

    BalasHapus
  56. Sulit Dikit sih Bang,, Soalnya dari Jurusan Teknik Sepeda Motor, Hehehehe

    BalasHapus
  57. mas numpang tnya,,subwofer sya muncul dengung kra2 dmn ya prmasalahanya klo potensio dah tak gnti masih ttep dengung,, kbetulan sbwofer sy simbada
    #thx's

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin supply yang ke bagian tone control kurang stabil...

      Hapus
  58. mas sy mw beli kit power ampli 300watt apa yg pling bgs mas...
    Sy dh punya modal boxx merk bell,tone control parametrik dn trafo 10 amper murni untuk power sapplay'y dh sy siapkan 10000 uf 50v x4+dioda petak.tinggal ampli'y msih bingung milih mana yg paling bagus bwt ampli 300watt.

    BalasHapus
  59. Assalamualaikum Mas Puja...
    Asyik juga tema obrolannya nich...
    Aku pengen buat Amplifier yang bisa baca data Mp3 dari Flashdisk, caranya gimana mas...? Dan kalu untuk merakitnya membutuhkan dana kira2 berapa ya...?
    Aku pengen Amplifiernya yang sederhana aja dan gk usah gede2 banget.
    Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. skarang sudah banyak dijual modul mp3,, bisa di gabungkan ke ampli atau spk aktif,, contoh modulnya liahat disisi: http://starservicego.blogspot.com/2011/05/modul-digital-player.html

      Hapus
  60. merk bell kan mcm2 mas.. Ada MX300WATT, BSX300WATT, dll...
    Yg mna yg paling bagus MX BSX atw apa..
    Sy mw cri yg pling bgus bwt ampli 300watt.
    Trus sy pernh liat mosfet pke tr toshiba 6 buah.. Itu bgs gk..
    kdg 300watt kok ada yg yg input'y 24 ct,30 ct,32 ct mas..
    Mksih sblm'y...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya klu rakitan BEll itu bagus smua tinggal sesuakan saja dengan kebutuhan anda dan sesuai dg isi kantong anda jg,,, kualitas akan menentukan harga,,,

      300watt emang butuh tegangan sgitu,, misal yang 30v dan pake trafo 10A (30V X 10A = 300W)

      Hapus
  61. permisi mas sya mw tanya dikit nih...hihihihi,
    mas saya di rumah punya travo 5Abesar trus rencananya saya itu travo mw di pake di power OCL 150 mono-mono..bisa ga ya ??? trus biar suara bass maksimal apa saja yang harus di rubah mas.trim sblm n.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trafo out nya brapa volt,, pake CT ga???

      biar bass mantab ya di tambah GALAXI. Alat ini gunanya untuk menambah bass dan treble jika dirasa kurang. Dipasang sebelum tone control. gambarnya ada diatas,,,

      Hapus
  62. pak,, saya punya radio stereo am/fm yang tdk bs menangkap sinyal frekuensi,,.. sudah saya cek di keluaran radio yang akan menuju ke ampli ada tegangannya,, dan jika saya pindah ke chaneel am hanya bisa menangkap 1 frekuensi,, dan itu pun sangat kecil skali suaranya.
    kira2 yang rusak apanya ya pak??
    mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa varconya, ic nya ato kurang tepat trim pada oscillatornya,,,

      Hapus
  63. misi bos...
    ada bebrapa pertanyaan saya,mohon dijawab semuanya ya
    1.pada kit Power Supply nya,daftar komponennya apa aja?
    2.itu kit Power Supply nya,input tegangan dan output nya brapa?
    3.kira kira,harga power ampli yang 400w,dan 600w brapa??
    4.dan terakir hatga kit galaxynya brapa??

    BalasHapus
  64. assalamu'allaikum, mas mo nanya...
    supaya keluaran bass ama tribel nya laen jalur gimana cara ngerakitnya mas....?
    supaya lebih maksimal suara bass sama tribelnya..

    BalasHapus
  65. assalamu'allaikum gimana kak pertanyaan saya kemaren klo mo buat amplifier yang bass ama tribelnya beda jalur gimana caranya?....

    apa mesti beli 2 kit power ocl.

    BalasHapus
  66. mas, kalau untuk hidupin tuner radionya saja berapa ampere pakai trafonya?soalnya saya sudah punya amplifier ...sekian terima kasih

    BalasHapus
  67. mas saya mau tanya, berapa ampere pakai trafonya hanya untuk mensuplay tuner radionya saja karena sudah punya ampli dirumah

    BalasHapus
  68. mas saya mau tanya berapa ampere pakai trafonya hanya untuk ngidupin radionya saja, soalnya sudah punya amplifier, trimakasi..

    BalasHapus
  69. Assalamualaikum Bg Patmin,,, saya mw tanya n belajar seputar audio nih ma abg,,, bg saya punya ampli ocl 300 watt merk sea-c, pake trafo 3A 24 volt ct,,elco ny 4700 uf/ 50v,,,, dan alangkah menyedihkanny saya saat ini ampli saya rusak,,,, di satu channel saya pake speaker subwoofer 12" 450 watt 4ohm/8ohm merk american pro saya paralel kan dengan woofer 8ohm 12" dan pake 1 tweeter 2 inch,,,dan satu channelny lagi saya pake speaker 6" 4ohm tanpa tweeter,,,,,

    pertanyanny saya adalah :
    1. apakah kerusakan ampli saya itu di sebabkan speaker yang saya paralelkan itu ? apa karna beda jenis speaker ny antara subwoofer dengan woofer yg d gabungkan sehingga membuat ocl saya panas n terbakar ?

    2. saya berencana merakit lagi ampli saya kamis depan,,,lebih baik memakai ocl 300 watt atau 600 watt ? apakah ocl 600 watt bsa idup dengan trafo lama saya yg voltny 24v 3A,,,atau kalau tidak bisa saya akan beli yg 5A,,,n biasa ny berapa hargany mas ocl ma trafo ny itu ? juga apakah dengan pake elco 50v/10000 uf tu lebih bagus suara bass / treble keluarny ktimbang pake elco 48v / 4700 uf ?

    3. solder yg bagus untuk nyolder rangkaian dan komponen elektronik untuk menyolder kabel2 pada rangkaian ocl itu solder merk apa dan berapa watt ?

    4. berapa speaker maximal untuk ocl 300 watt dan ocl 600 watt ?,,,

    trima kasih sebelumny mas,, maaf sekali karna terlalu panjang tulisan saya d komen blog ini mas,,,,,,mohon bantuan dan penjelasanny mas,,,

    BalasHapus
  70. assalamualaikum mas patmin,,, saya febry d batam,,,,,,saya mau tanya nih mas,,, saya punya ocl 300 watt pake trafo 24 v 3A, saya pake speaker di channel L yakni saya pasang 2 speaker subwoofer 4ohm/8ohm n woofer 8ohm dengan besar diameterny sama yakni 12" dan tweeter,, dan d channel R ny saya pake speaker subwoofer 6" 4 ohm dengan,,,,,,Saat ini ampli saya rusak,,,,,,, ada bagian komponen elektro d dalamny yg terbakar,,,,, nah pertanyaan saya adalah :

    1. apakah kerusakan ampli saya itu di sebabkan 2 speaker di channel L yang saya paralelkan subwoofer dengan woofer ?

    2. saya berencana ingin merakit sendiri ocl dengan menambah watt menjadi 600 watt,,saya rencananya mau beli ocl bell 600 watt yang langsung ada elco perata teganganny,,,,,,bisakah pake trafo saya yang lama,, yakni yang 3A 24 volt ct ? apakah bisa nyala ocl ny atau tidak dengan trafo yang segitu ? atau saya beli yang 5A dan kalu tau berapa hargany mas ?


    3. cara menambahkan galaxy itu bagaimana ya mas ? karna saya pernah hendak masang sendiri di bilang sama salah seorang tukang servis elektro d sekitar rumah saya, "ntar berdengung suaranya",, apa bener begitu mas ? bagaimana cara pasangny biar gax dengung ?

    mungkin ini saja dlu mas,,, mohon maaf bila terlalu pnjang,,,, terima kasih sebelumny mas,,,

    BalasHapus
  71. Assalamu'alaikum bang.
    saya mau tanya nih. saya punya amplie yg mau saya tambahin echo. tapi wktu udah saya pasang sbb :
    1. powernya saya ambilkan dari trafo yang ampli jg tapi yang 12 volt.
    2. O/U echo saya pasang di I/O tone control, baru O/U tone control ke I/O ampli.
    Pertanyaan : setelah saya hidupkan, echonya ga keluar suara? dimana letak kesalahan saya? ditunggu pencerahannya bang... thanks

    BalasHapus
  72. halo mas kren postingan ni
    maaf pemula dan gk tau apa2, aq mau nanya power ampli mobil 5200watt rencananya mau buat di ruangan aja, seandainya kalau di pasang subwoofer 10" di box bazooka gimana mnurut master, membutuhkan travo brpa amper utk power watt sperti ni,, tolong bantuannya ya,,,,,,
    kalo bisa krim jg jawaban ke email aq ya
    julyo_mese@yahoo.com
    terima kasih sbelumnya.....

    BalasHapus
  73. lam kenal.numpg tany.dirmh ada kit ampli 100 watt R L.dan travo 2A 15 ct 15.pertanyaan: brp in speaker yg hrs sy gunakan?trs apa bs jika ditmbah tuner fm,galaxy dan tone control?.maaf bnyk tanya.maklum pemula.thank's.

    BalasHapus
  74. Mas mau tanya...
    Kl saya mau buat amplifier yg bs tahan nyala 24jam, apa saja yg saya butuhkan... Mngkin jenisnya juga...
    Sebelumnya terimakasih mas

    BalasHapus
  75. Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

    BalasHapus
  76. gimana spker sya g jls suara nya

    BalasHapus
  77. gmana cara buat powes yang bagus

    BalasHapus
  78. mas ocl mx 300 w 24v ct 24v merk bell dgn spasang tip 31/32 dn tr final NPN/PNP 2988/3088 4pasang total 8buah tr (ini bawaan kit) cocok'y di modif pke tip brp... dn tr final yg seri berp dn merk apa yg bgs bwt hentakan di dada dn bass empuk.
    Dn sy ingin menaikkan volt'y jdi 30v ct 30v.
    Psu'y trafo sanken 10a arus sy ambil 0-240. Dioda petak dn elko 10rb mf 50v x2.
    Dan biar mampu angkat spk 10-15 inci bagaimana.
    Mohon bantuan'y mas.
    Trus klw ada barang'y bisa carikan gk mas di transfer, tp yg asli.
    Ada nmr yg bsa dihubungi gk + nmr rekening.

    BalasHapus
  79. mas ocl mx 300 w 24v ct 24v merk bell dgn spasang tip 31/32 dn tr final NPN/PNP 2988/3088 4pasang total 8buah tr (ini bawaan kit) cocok'y di modif pke tip brp... dn tr final yg seri berp dn merk apa yg bgs bwt hentakan di dada dn bass empuk.
    Dn sy ingin menaikkan volt'y jdi 30v ct 30v.
    Psu'y trafo sanken 10a arus sy ambil 0-240. Dioda petak dn elko 10rb mf 50v x2.
    Dan biar mampu angkat spk 10-15 inci bagaimana.
    Mohon bantuan'y mas.
    Trus klw ada barang'y bisa carikan gk mas di transfer, tp yg asli.
    Ada nmr yg bsa dihubungi gk + nmr rekening.

    BalasHapus
  80. saya key miw sii pangeran kodok
    sambungan pertanyaan yg di atas mas..
    ''dirangkaian di atas itu sya pke tone control parametrik HR-114 merk MACHINTOSH produk BELL BGR dn tambahan galaxi IC HR-878. Dn spk 10'' AUDAX proTECH 8ohm masing2 150w dgn type PR-1010&1011.
    rencana mw sy ganti 12'' sepasang.
    Tpi klw mampu 15'' ya mw tak ganti yg 15''.
    Untuk power 300 cocok'y pke yg brp wat mas spk'y dn brp ohm.
    150 atw maksimal brp wat dn brp buah.

    BalasHapus
  81. infonya bagus gan lengkap banget buat aku yang lagi belajar..

    BalasHapus
  82. ada yg tw cra gabungin filter subwofer tone control dan power..
    Byk yg blg ini tdk berhasil krn midle'trible jd hilang.
    Tpi knp di spker aktif normal2 sj?
    Bgi yg tw silahkan di share

    BalasHapus
  83. saya sudah pernah dua kali beli radio fm tuner seperti ini tapi nggak stereo,apa benar ini stereo mas?thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. Streo mas,,mungkin anda salah beli... liat ada led indikator stereo dan indikator sinyal,,,

      Hapus
  84. Mas maw tanya nih kl untuk tr yg bagus yg merek apa y?...thosiba,sanken,dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting asli jangan pakai yang aspal...

      Hapus
  85. saya punya trafo 5 amper mau buat power ocl 60 wat dengan tegangan 18v 0 18v, sedangkan di trafonya gak ada yang 18v tolong dong gmana caranya biar trafo 5 amper bisa buat 18 v.... makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. di trafo itu yang ada tegangan berapa volt???

      Hapus
  86. Maz power yang 300 dan 600 wat kaya di gmbar tu berapaan hrganya?

    BalasHapus
  87. wah mantep itu powernya ehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dirakit,,, hehehe,, makasih dah mampier...

      Hapus
  88. Maaf boleh request rangkaian IC7812 ga? berupa gambarnya ga?
    saya punya dua buah baterai 9 V tapi saya ingin keluaran 12 V
    komponen apa saja yang di perlukan?

    masih newbie T__T

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gak nyambung deh,,,7812 itu fungsinya untuk mensetabilkan tegangan bukan buat menaikkan tegangan...

      Hapus
  89. Mas saya punya Tape deck lawas merk Primo. Ada EQ, 2 input MIC, echo. Saya ingin modif buat Power Ampli saja (buat mic kl pengajian). Bagaimana cara memodif:
    1. Volume untuk mic hanya satu (MIC input nya ada 2), bisa nggak volume mic nya dimodif agar tiap input bisa diatur volumenya secara terpisah?
    2. Jalur mic nya sekarang gk melewati EQ, jd gk bisa diatur bass trebele nya. Bisa gk dilewatkan EQ?
    3. Bisa gk ditambah MIC input lagi (saya inginnya ada 3- 4 mic input) yang volumenya masing-masing?Saya kepikiran membeli kit mixer sederhana yang 3-4 mic input, kira-kira bisa gk ya?
    4. Kira-kira lebih baik mana hasilnya, modif no.1 atau no.3 di atas?

    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat/rakit mixer sederhana yang pakai transistor,, lalu mausk ke input/aux di panel belakan maka EQ akan berfungsi,,,,

      Hapus
  90. kalo merakit power 600 watt sterio 2 buah pake 1 travo pa bisa.

    BalasHapus
  91. Mas saya punya ampli yg trafonya 5A,elko 10rb mf 50 v 2 buah,dioda kaki 4,poweer sanken 400 watt jengkolan n mo saya ksih sobwofeer n radio lagi, n yang perlu d ganti apanya?.

    BalasHapus
  92. Saya pnya ampli trafo 5A,poweer sanken 400 watt elko 10rb mf 50v 2 buah n mau q ksih sobwofer n radio apa yang hrus d ganti n d tmbah?

    BalasHapus
  93. Balasan
    1. kuat gaknya kan tergantung beban nya,,,

      Hapus
  94. Asalamualaikum mas, saya pemula mas mau nanya..
    Saya pengen ngerakit power ampli 300 watt dengan speaker 8 inch..
    Kira2 suara bass nya bisa empuk gak ya mas untuk dalam ruangan 10x12 meter..
    Apa aja yg diperlukan dan kira2 berapa habis nya mas.

    Terimakasih banyak mas atas jawabanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Mau empuk tergantung jenis sepeakrnya juga

      Hapus
  95. Ya mungkin saya pake legacy mas, udah nanya harganya 250rb yg 200 watt.. Kalo saya pke 2 legacy 8 inch terus saya buat seperti box bazooka bagus gak mas untuk bass?

    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo box sortir bazoka cocok untuk indor...

      Hapus
  96. Maf mas mo tanya2 nih..
    1.Saya beli kit subwoofer amply sanken 300w. 24v ct 24
    Sedangkan di travo 5a ada 25v ct 12v 42v dan 32v.
    Apkah bisa tgangan 24v dari kit disambung ke travo 25v?
    2.smbunga listrik pln sebaiknya di sambung kmna
    110v.125.220. Atau ke 240v?


    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai 25 gak papa. Sambung ke 220

      Hapus
    2. Asalamualaikum. Mau nanya mas ,saya punya ampli 160 wat mau pake sepeker subwofer yang cocok brrapa waat ya mad dan yg brrapa ohm...?trimakasi

      Hapus
    3. pakai aja yang 200-300watt,,, klu ohm nya tergantung epedansi amplinya,,,

      Hapus
  97. mas saya baru beli rangkaian ampli 600 watt saat memasang saya bingung apakah itu ct atau tidak, soalnya di pcb cma di tulis 42+ 42- dan G {ground} nya 2.

    BalasHapus
  98. Mas mau nanya nih saya ada power mobil 120 watt 4 chanel bisa ngak di upgrade menjadi 400 watt 4 chanel kalau bisa apanya aja yang diganti? Trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. klu powe mobil terlalu sempit tempatnya buat di upgrade,, karna harus nambahin transistor dan memperbesar inverternya,,,

      Hapus
  99. Permisi...
    Mo nanya nih..
    Amplifier ane bisa nyala tp suaranya pelan bnget meski volume udah di arah jam 3..
    Mohon pencerahannya..
    Terima kasih..

    BalasHapus
  100. saya coba merakit Kit power amplifier safari 400watt stereo CT + kit tone control CT + kit pre amp mic CT + kit subwoofer CT + kit echo CT + kit usb + equaliser bekas power targa.
    saya coba rakit dan malah jadi bingung, untuk yang benar dengan memakai semua kit diatas bagaimana urutannya.

    BalasHapus
  101. Mohon bantuannya mas, saya buat kit apex b250, kalo di suplay ct 45v 5amp era bisa ap tidak. Untuk elco pakai berapa uf/volt dan dioda brapa amp? Makasi sbelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. trafo itu disesuaikan dengan daya amplinya, dan dioda sesuai amper trafonya, elco sesuai makin besar uF nya makin bagus,, tp sesuakan kebutuhan agar tidak sia sia,,,

      Hapus